Inilah Berbagai Syarat Konstruksi Bangunan Secara Umum yang Wajib Diketahui

Konstruksi bangunan merupakan proses pembangunan yang melibatkan perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan untuk menciptakan struktur bangunan yang kokoh, aman, dan sesuai dengan kebutuhan fungsionalnya. Dalam hal ini terdapat beberapa syarat konstruksi bangunan secara umum yang perlu diperhatikan. 

Mungkin Anda pernah melihat sebuah bangunan yang tetap berdiri kokoh meskipun diterjang gempa atau bencana. Hal itu tentu bukan tanpa alasan, namun karena struktur bangunan sudah melewati perencanaan secara matang dan pengerjaannya tidak keluar dari syarat-syarat dalam konstruksi bangunan

SyaratSyarat Konstruksi Bangunan Secara Umum

Secara umum ada 5 syarat yang harus dipenuhi supaya sebuah bangunan bisa dikatakan layak bangun dan layak huni. Selain lebih kokoh dan tahan terhadap gempa, bangunan yang memenuhi syarat setidaknya akan membuat Anda lebih mudah menghitung biaya yang perlu dikeluarkan. 

Berikut ini adalah 5 syarat umum dalam konstruksi bangunan yang penting untuk diketahui. 

1. Kuat dan Awet

Fondasi bangunan yang kokoh merupakan salah satu syarat konstruksi bangunan secara umum, Sumber: opentextbc.ca
Fondasi bangunan yang kokoh, Sumber: opentextbc.ca

Syarat konstruksi bangunan secara umum yang pertama dan paling penting dalam mendirikan sebuah bangunan yaitu harus kuat dan awet. Bangunan bisa berdiri kokoh dan bertahan dalam jangka waktu lama jika terbuat dari bahan-bahan material berkualitas tinggi mulai dari kawat, besi, batu bata, hingga semen yang digunakan. 

Jika syarat pertama ini sudah dipenuhi, maka bangunan bisa membantu penghuninya menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan. Bangunan yang kuat juga mampu melindungi penghuni dari bahaya dan risiko. 

Bangunan mampu menahan beban yang diberikan saat terjadi gempa bumi, banjir, atau angin kencang. Hal sebaliknya akan terjadi pada bangunan yang tidak cukup kuat, maka akan mudah sekali mengalami kerusakan atau bahkan runtuh sehingga sangat berbahaya bagi orang yang menghuninya. 

2. Indah

Syarat yang kedua bangunan harus indah. Inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan jasa arsitek profesional untuk mendapatkan desain bangunan yang tidak hanya kuat dan awet saja, akan tetapi indah dipandang mata. Orang-orang tentu akan jauh lebih senang melihat sebuah bangunan yang memiliki tampilan cantik. 

Bahkan tidak sedikit perusahaan konstruksi di Jakarta yang berlomba-lomba untuk menghadirkan bangunan indah, megah, dan bahkan unik supaya bisa dijadikan landmark dalam lingkungan tersebut. Bangunan yang estetik dan menarik tentu saja mampu mendorong masyarakat untuk berkumpul di tempat tersebut. 

Untuk kegiatan bisnis, hal itu akan sangat menguntungkan karena waktu yang dihabiskan di sebuah tempat akan memberikan kontribusi pada sektor perekonomian. Jadi bangunan yang indah tidak hanya mampu memberikan kepuasan visual saja akan tetapi memiliki dampak positif terhadap lingkungan di sekitarnya. 

3. Fungsional

Gedung multifungsi, Sumber: heidelbergmaterials.com
Gedung multifungsi, Sumber: heidelbergmaterials.com

Syarat konstruksi bangunan secara umum yang berikutnya yaitu fungsional. Fungsionalitas bangunan sangat berkaitan erat dengan efisiensi penggunaan ruang, kemudahan akses, dan kesesuaian dengan kegiatan yang dilakukan oleh penghuni di dalamnya. 

Setiap ruangan dalam bangunan harus dirancang dan ditempatkan secara tepat untuk memaksimalkan pemanfaatan area yang ada. Dengan penempatan yang tepat, ruangan bisa dioptimalkan untuk tujuan spesifik seperti perumahan, kantor, maupun pusat perbelanjaan. 

Konstruksi bangunan juga tidak boleh dibuat hanya memperhitungkan desain dan modelnya saja akan tetapi harus mencakup komponen-komponen lain seperti ukuran, jumlah ruangan, dan pengaturan tiap ruangan itu sendiri. Contohnya dalam membangun rumah, maka harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menghuni rumah tersebut. 

4. Higienis

Higienis merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan, sehingga menjadi salah satu syarat konstruksi bangunan. Bangunan yang higienis akan berdampak positif terhadap kesehatan, kenyamanan, dan produktivitas penghuni bangunan tersebut. 

Higienis yang dimaksud di sini bukan hanya sekedar kebersihan saja, akan tetapi meliputi adanya tempat sirkulasi udara hingga tempat untuk masuknya cahaya dari luar ruangan. Setiap bangunan sebaiknya harus memiliki tempat khusus untuk pertukaran sirkulasi udara dan pastikan cahaya dapat masuk ke dalam ruangan. 

Dengan mematuhi standar kesehatan dan regulasi yang berlaku, bangunan bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan menyenangkan untuk penghuninya. 

5. Ekonomis

Syarat konstruksi bangunan secara umum yang terakhir adalah ekonomis. Anda harus mampu mempertimbangkan aspek ekonomis dalam desain dan konstruksi bangunan karena memiliki dampak yang signifikan terhadap keberlanjutan dan keberhasilan proyek. 

Memperhatikan aspek ekonomis bisa membantu Anda memaksimalkan efisiensi biaya yang perlu dikeluarkan. Dalam perencanaan, desain, pemilihan bahan material, dan teknik konstruksi yang tepat bisa mengurangi pengeluaran biaya material dan tenaga kerja. 

Selain itu pemanfaatan teknologi juga memiliki peran besar terhadap efisiensi biaya operasional jangka panjang seperti pemeliharaan dan energi. Pemenuhan syarat ekonomis secara tepat dan sesuai perencanaan bisa membantu Anda mengetahui jumlah material dari awal hingga akhir pembangunan. 

Jika ada kelebihan, maka tidak akan keluar dari anggaran yang telah disiapkan. Hal ini bisa membuktikan bahwa pemenuhan syarat ekonomis bisa meminimalisir biaya yang tidak perlu. 

Bagian Konstruksi Bangunan

Konstruksi bangunan, Sumber: housing.com
Konstruksi bangunan, Sumber: housing.com

Sebuah bangunan bisa berdiri kokoh karena ada konstruksi yang menyusunnya. Ada tiga bagian konstruksi bangunan yang paling utama yaitu konstruksi bawah, konstruksi tengah, dan konstruksi atas. Masing-masing dari bagian tersebut tentu saja memiliki komponen yang berbeda-beda. 

Konstruksi bawah terdiri atas pondasi, balok sloof, dan kolom beton. Konstruksi tengah merupakan bagian bangunan di atas balok sloof, termasuk ventilasi dan pintu. Sedangkan konstruksi atas merupakan komponen yang berfungsi untuk melindungi bagian interior. Semua komponen tersebut harus memenuhi syarat konstruksi bangunan secara umum.

Syarat konstruksi bangunan secara umum ada lima yaitu kuat, indah, fungsional, higienis, dan ekonomis. Memperhatikan semua aspek tersebut dalam proses desain dan konstruksi bangunan, maka bisa menghasilkan bangunan yang berkualitas tinggi dan memenuhi kebutuhan penghuninya.

Bagikan ke sosial media Anda :
Artikel Terbaru
Jika Anda ingin berlangganan artikel dari kami, silahkan lampirkan email Anda formulir di bawah ini
× Chat via WhatsApp!