Berbagai artikel yang berisi tips untuk konstruksi, pembangunan, dan arsitektur

Membangun atau renovasi rumah pasti kebutuhan akan material bangunan pasti diperlukan. Ada banyak jenis material yang diperlukan untuk membangun konstruksi banguanan. Salah satunya adalah batu baik untuk membuat tembok atau pondasi rumah. Jika dibandingkan jenis batu bata ringan vs bata merah, mana yang lebih baik?

Penggunaan material batu bata ringan dan bata merah umumnya untuk membuat tembok rumah. Ada beberapa pertimbangan yang biasanya dilakukan untuk menentukan jenis batu bata yang cocok digunakan untuk tembok rumah. Karena setiap pembangunan rumah memiliki pertimbangannya masing-masing.

Bila Anda sedang membangun rumah atau sedang menentukan jenis batu terbaik untuk digunakan. Bisa Anda simak berbagai ulasannya berikut ini, manakah yang lebih baik bata ringan vs bata merah?

Perbedaan Bata Ringan dan Bata Merah

Bata ringan vs Bata merah, sumber builder.id
Bata ringan vs Bata merah, sumber: builder.id

Jika dilihat secara langsung tentunya bata ringan dan bata merah memiliki tampilan dan bentuk yang berbeda. Karena pada dasarnya bahan pembuatannya juga berbeda. Sehingga kedua jenis bata ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bata ringan atau biasanya disebut dengan hebel adalah alternatif material bangunan yang terbuat dari campuran pasir, semen, silika, gypsum, kapur, dan pasta aluminium. Pencampuran dan proses terbentuknya lewat proses kimiawi hingga menjadi bata ringan. Sama seperti namanya bata ini memiliki bobot yang cukup ringan dan sangat mudah saat diangkat.

Bata merah adalah material bangunan yang sering digunakan sebagai bahan membangun rumah. Terbuat dari  jenis tanah liat khusus dan ditambah campuran pasir, abu, kapur, sekam, atau serbuk gergaji. Warna merah dari batu bata ini dihasilkan dari warna alami tanah liat dan ditambah dengan proses pembakaran untuk membuatnya semakin kuat.

Untuk pemakaian batu bata ringan vs bata merah sama-sama sering digunakan dalam pembangunan rumah. Namun, sebelum ditemukannya bata ringan material bangunan yang lebih dulu digunakan adalah bata merah. 

Seiring dengan perkembangan inovasi pada material bangunan bata ringan juga kini telah menjadi material bangunan yang cukup populer dan banyak digunakan. Sehingga bisa dikatakan bata ringan vs bata merah bersaing dengan kelebihan sebagai material bangunan.

Kelebihan Bata Ringan dan Bata Merah

Pemasangan bata ringan, sumber hargadepo.com
Pemasangan bata ringan, sumber: hargadepo.com

Kelebihan bata ringan adalah sebagai berikut.

  • Memiliki bentuk batu yang seragam.
  • Hemat penggunaan perekat.
  • Memiliki beban struktur lebih kecil.
  • Efisiensi pemasangan lebih cepat dan mudah dilakukan.
  • Kedap suara dan anti menyerap air.
  • Kuat terhadap tekanan tinggi.
  • Memiliki bobot material yang ringan dan mudah diangkat.

Sedangkan untuk kelebihan batu bata merah adalah sebagai berikut.

  • Mudah dibawa dan dipindahkan karena memiliki bentuk dan ukuran yang kecil.
  • Memiliki harga yang cenderung lebih murah.
  • Mudah dijumpai dimana saja, karena telah banyak pengrajin batu bata merah.
  • Memiliki daya ketahanan yang cukup tinggi.
  • Tahan terhadap panas, sehingga dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk.  

Kekurangan Bata Ringan dan Bata Merah

Pemasangan bata merah, sumber  buildsolarpanelathome.com
Pemasangan bata merah, sumber: buildsolarpanelathome.com

Ada kelebihan ada juga kekurangan dari batu bata ringan dan bata merah. Dari kekurangan yang dimiliki dari kedua jenis batu ini bisa menjadi salah pertimbangan untuk disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan rumah.

Kekurangan bata ringan adalah sebagai berikut.

  • Memiliki daya kekuatan yang rendah, sehingga tidak terlalu kuat terhadap benturan yang besar.
  • Menggunakan perekat khusus dalam pemasangannya. Tidak sembarangan dalam penggunaan karena dapat membuat daya rekatnya menjadi berkurang.
  • Butuh keahlian khusus dalam pemasangannya.
  • Relatif sulit untuk mendapatkannya. Karena hanya di toko material bangunan tertentu.
  • Memiliki harga jual yang cukup tinggi.
  • Tidak cocok dijadikan sebagai bahan material bagunanan rumah tahan gempa.

Sedangkan kekurangan dari batu bata merah adalah sebagai berikut.

  • Butuh ketelitian dan kejelian dalam menyusun atau memasangnya dengan rapi.
  • Mempengaruhi suhu ruangan. Karena batu bata memiliki karakteristik menyerap panas pada musim panas dan menyerap dingin pada musim dingin.
  • Boros dalam penggunaan perekat. Karena memiliki ukuran yang kecil sehingga butuh perekat yang cukup banyak dalam pemasangannya.
  • Memiliki ukuran yang berbeda atau tidak seragam. Hal ini dikarenakan proses produksinya yang masih manual.
  • Waktu pemasangan yang dibutuhkan cenderung lebih lama.
  • Memiliki bobot material yang cukup berat.

Harga Bata Ringan dan Bata Merah

Harga bata ringan dan bata merah di pasaran memiliki harga yang berbeda. Bila dilihat perbandingan harganya cukup jauh. Karena sesuai dengan kelebihan yang ditawarkan untuk digunakan sebagai material untuk membangun rumah.

Di pasaran harga bata ringan sekitar Rp 900,- per biji. per biji. Batu bata ringan juga memiliki ukuran standar yang perlu untuk Anda ketahui agar bisa menyesuaikan dengan jumlah penggunaannya dalam pembangunan rumah. Ukuran standar batu bata ringan adalah 10 cm x 20 cm x 60 cm.

Sedangkan untuk batu bata merah harga dipasaran sekitar Rp 10.000,- per biji. Sama dengan batu bata ringan, batu bata merah juga memiliki ukuran standar yaitu, 5 cm x 10 cm x 20 cm. Sehingga Anda bisa menyesuaikan berapa jumlah batu bata yang diperlukan untuk membangun rumah.

Sudah terlihat jelas perbandingan harga bata ringan vs bata merah. Dimana, harga bata ringan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bata merah. Namun, harganya sesuai dengan kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki dari kedua jenis batu bata tersebut. 

Lebih Baik Menggunakan Bata Ringan atau Bata Merah?

Sekarang menjadi pertanyaan yang cukup penting, lebih baik menggunakan bata ringan atau bata merah? Jawabannya cukup mudah dan simpel yaitu, sesuai dengan kebutuhan dalam pembangunan rumah.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwasannya kedua jenis bata ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, untuk pemilihan dalam penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya.

Bila Anda ingin membangun rumah dengan tingkat ketahanan yang cukup kuat, mampu mengatur suhu di dalam ruangan, dan memiliki harga yang terjangkau. Bata merah bisa menjadi pilihan terbaiknya karena merupakan kelebihan yang didapatkan bila menggunakan jenis bata ini.

Sedangkan  bila Anda lebih fokus pada pembangunan rumah yang cepat, tidak butuh banyak penggunaan bata, dan memiliki tampilan tembok yang rapi. Bata ringan bisa menjadi pilihan terbaiknya. Karena kelebihan ini hanya bisa didapatkan pada jenis bata ini.

Itulah informasi dan ulasan mengenai bata ringan vs bata merah. Kedua bata ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga untuk memudahkan Anda dalam pemilihan dalam penggunaannya sesuaikan dengan kebutuhan pembangunan rumah. Dengan begitu Anda akan lebih mengetahui bata ringan atau bata merah yang cocok untuk digunakan.

Jika Anda sedang merencanakan atau ingin membangun rumah, serahkan saja pada kami PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) perusahaan jasa konstruksi Jakarta Selatan. Dengan pengalaman kami di banyak proyek Sipil, Arsitektur, dan Interior, didukung oleh personil yang berpengalaman dan peralatan kerja yang lengkap, proyek dari klien selalu kami selesaikan dengan tepat mutu dan waktu.

Apakah Anda pernah memiliki keinginan untuk mendesain sendiri bangunan rumah impian Anda di masa depan? Memiliki keinginan seperti ini tentunya adalah sesuatu yang wajar. Sebab bangunan rumah bisa menjadi salah satu identitas manusia. Dengan merancangnya sendiri, tentu akan semakin terlihat ciri khas dari rumah tersebut. Namun, desain bangunan tidak bisa dibuat secara asal-asalan.

Di zaman yang semakin melek dengan teknologi ini, para arsitek semakin dimanjakan dengan kehadiran berbagai aplikasi pembuat desain bangunan. Bahkan aplikasi tersebut tidak hanya bisa digunakan oleh arsitek, tetapi juga bisa digunakan oleh orang awam sekali pun. Namun perlu diingat bahwa Anda harus mengetahui pengetahuan dasar mengenai penggunaan aplikasinya.

Jadi, jika Anda merasa belum berpengalaman dalam bidang pembuatan desain bangunan, Anda dapat mempercayakan tugas tersebut kepada seseorang yang memang ahli di bidangnya yaitu sang arsitek.

Tugas Utama Arsitek Adalah Membuat Desain Bangunan

Membuat sebuah desain bangunan. Sumber: kompas.com
Membuat sebuah desain bangunan. Sumber: kompas.com

Pada umumnya, arsitek adalah seseorang yang memiliki tugas untuk merancang dan membuat desain bangunan sesuai dengan permintaan dari kliennya. Tidak hanya membuat desain rumah, tetapi arsitek juga harus mampu membuat desain sebuah gedung serbaguna, kantor, dan berbagai jenis bangunan lainnya.

Proses menggambar desain suatu bangunan ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak cepat. Banyak proses yang harus dilalui, misalnya seperti berdiskusi dengan klien mengenai konsep bangunan seperti apa yang mereka inginkan.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, seorang arsitek harus menuangkan idenya melalui sebuah gambar desain bangunan yang nantinya akan menjadi acuan atau blue print bangunan itu sendiri. Saat ini, para arsitek lebih memanfaatkan software atau aplikasi yang sudah tersedia dibandingkan harus menggambarnya secara manual.

Aplikasi Desain Bangunan Populer Yang Digunakan Arsitek

Kemudahan yang diberikan dari majunya teknologi saat ini tentunya juga dimanfaatkan di bidang arsitektur. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi desain bangunan yang di dalamnya terdapat fitur-fitur canggih yang bisa menghemat waktu pekerjaan. Beberapa aplikasi dibawah ini bisa jadi rekomendasi bagi arsitek pemula hingga yang profesional.

1. Aplikasi AutoCAD Architecture

Aplikasi autoCAD architecture. Sumber: radient
Aplikasi autoCAD architecture. Sumber: radient

Kebanyakan dari arsitektur pasti mengenal aplikasi satu ini. Ya, AutoCAD Architecture memang menjadi aplikasi yang paling sering digunakan dalam bidang arsitektur. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini telah dilengkapi berbagai tools yang dapat membantu arsitek untuk menggambar elemen-elemen dalam bentuk 2D dan 3D seperti lantai, atap, jendela, pintu, dan sebagainya.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki AutoCAD Architecture yaitu aplikasi ini memiliki interface yang cukup sederhana sehingga pengguna bisa dengan mudah menggunakan dan mempelajari setiap toolsnya.

2. Autodesk Revit

Gambaran aplikasi autodesk revit.jpg. Sumber: autodesk.net
Gambaran aplikasi autodesk revit.jpg. Sumber: autodesk.net

Latar belakang dibangunnya sebuah aplikasi dengan menggunakan teknologi yang canggih agar dapat menghasilkan desain yang lebih berkualitas dan memiliki keakuratan yang tinggi. Salah satu aplikasi yang dapat mewujudkan harapan itu adalah Autodesk Revit.

Selain kelebihannya yang fungsional, aplikasi Autodesk Revit dapat memberikan informasi bangunan pemodelan alur kerja, sehingga dengan itu arsitek bisa menganalisa setiap konsep, dokumentasi dan pembangunan proyek secara keseluruhan.

3. Chief Architect

Model 3D dari aplikasi chief architect. Sumber: chiefarchitect.com
Model 3D dari aplikasi chief architect. Sumber: chiefarchitect.com

Satu lagi aplikasi yang cukup mudah digunakan baik untuk yang pemula maupun profesional. Ia adalah aplikasi Chief Architect. Aplikasi yang disebut memiliki lebih dari 12.000 model interior ini tentunya sangat memberikan kemudahan bagi Anda yang sedang merancang sebuah desain bangunan yang meliputi desain interior dan eksterior.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan pada fitur otomatisasi. Fitur ini dapat digunakan saat proses perancangan desain bangunan dan renovasi, yang mana prosesnya tidak hanya sangat cepat, tapi juga akurat.

4. Aplikasi Desain Bangunan Punch

Punch Software. Sumber: steamtastic
Punch Software. Sumber: steamtastic

Anda tidak perlu meragukan kualitas dari aplikasi ini. Punch menyajikan performa yang dapat menghasilkan desain realistis dengan tingkat kualitas yang mendekati sempurna. Tidak hanya itu, performa yang optimal ini membuat proses kerja pembuatan desain bangunan bisa menjadi lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk menguras waktu yang banyak apabila proyek yang dijalani cukup besar.

Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli lisensi aplikasi ini, yang mana harganya memang lebih malah. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

5. Sketch Up

Aplikasi SketchUp. Sumber: thefuturisticlovers
Aplikasi SketchUp. Sumber: thefuturisticlovers

Aplikasi Sketch Up dapat membantu Anda dalam membuat desain bangunan dengan waktu yang terbilang cepat. Tidak hanya disukai oleh para arsitek profesional, aplikasi ini juga sering digunakan oleh para siswa yang membutuhkan software dengan fitur 3D di dalamnya.

Kehadiran plugin tambahan pada aplikasi ini menjadi alasan lain yang membuat pengguna nya betah mengoperasikan Sketch Up. Anda bisa mendapatkan gambar yang realistis dan pencahayaan yang bagus dengan memadukan aplikasi ini dengan perender Vray.

6. Design Dimension

Aplikasi Design dimension yang berbasis pada sistem operasi android ini berguna untuk pekerjaan arsitek dalam mengatur dimensi ruangan rumah atau ruangan secara lebih mudah. Sebab fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengkonversi ukuran dimensi suatu benda yang nantinya akan ditempatkan pada ruangan rumah. Dengan menggunakan aplikasi ini arsitek akan lebih mudah dalam mengatur dan memperkirakan segala perhitungan yang dibutuhkan sebelum dimulainya pembangunan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi dari aplikasi pembuat desain bangunan yang bisa menjadi acuan Anda. Bila Anda belum memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi ini, Anda bisa mempercayakan pembuatan desain bangunan impian Anda pada PT. Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI), penyedia jasa kontraktor dan perusahaan konstruksi yang juga handal dalam bidang arsitektur bangunan. Segera hubungi kontak WhatsApp kami untuk informasi lebih lanjut.

Dahulu sebuah kamar mandi biasanya hanya dilengkapi dengan bak mandi atau shower, keran air, dan kloset atau toilet. Tetapi seiring berkembangnya zaman, kamar mandi telah dilengkapi oleh elemen kebersihan lain yaitu wastafel. Agar tetap terlihat menarik, terdapat banyak model wastafel kamar mandi minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk kamar mandi di rumah Anda.

Wastafel Yang Cocok Untuk Kamar Mandi Minimalis. Sumber: google.com
Wastafel Yang Cocok Untuk Kamar Mandi Minimalis. Sumber: google.com

Keberadaan wastafel pada kamar mandi tentunya akan memudahkan penghuni rumah ketika ingin membersihkan tangan atau wajah. Lain halnya apabila sekedar menggunakan keran yang biasanya air akan terciprat kemana-mana dan membuat lantai kamar mandi menjadi becek. Peletakan wastafel sebenarnya lebih sering ditemukan di area dapur yang digunakan untuk mencuci piring atau membasuh tangan sebelum makan. Tapi tidak jarang juga Anda menemukan banyak wastafel yang ditempatkan di area dekat kamar mandi atau bahkan di dalamnya.

Bagi pemilik rumah dengan konsep minimalis, tentunya ia akan memikirkan juga model desain wastafel seperti apa yang cocok untuk dipasang. Untuk menentukan wastafel yang cocok, berikut adalah rekomendasi model wastafel kamar mandi yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Inspirasi Model Wastafel Terbaru Untuk Kamar Mandi

Tak perlu bingung dalam menentukan model wastafel apa yang cocok untuk kamar mandi Anda. Karena saat ini ada banyak model wastafel kamar mandi minimalis yang bisa memperindah tampilan kamar mandi secara menyeluruh, meski ukuran kamar mandi yang dimiliki tidak cukup besar. Ini dia beberapa rekomendasi model yang dapat kamu coba.

1. Model wastafel kayu

Model Wastafel Kamar Mandi Kayu. Sumber: google.com
Model Wastafel Kamar Mandi Kayu. Sumber: google.com

Bahan kayu biasanya memberi kesan minimalis pada suatu ruangan. Anda bisa menggunakan model wastafel simpel dengan bahan kayu yang dipadukan dengan meja atau kabinet simpel berwarna hitam yang juga bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan alat-alat kamar mandi, sehingga bisa menghemat tempat.

2. Wastafel Kaca Besar

Wastafel Kamar mandi Dengan Kaca Besar. Sumber: google.com
Wastafel Kamar mandi Dengan Kaca Besar. Sumber: google.com

Untuk ukuran luas yang tidak terlalu besar, kaca dengan ukuran besar bisa dipadukan wastafel kamar mandi kecil, sehingga kamar mandi akan terlihat lebih terang dan lapang. Untuk menambah kesan minimalis, pilihlah cermin atau kaca yang tidak memakai bingkai.

3. Wastafel dengan desain modern dan mewah

Model Wastafel Kamar Mandi Modern. Sumber: google.com
Model Wastafel Kamar Mandi Modern. Sumber: google.com

Untuk memiliki desain wastafel kamar mandi modern, Anda bisa memakai wastafel berwarna putih dikombinasikan dengan keran dan kabinet berwarna hitam doff. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cermin dengan ukuran besar dan lampu di kedua sisi untuk mendapatkan hasil wastafel kamar mandi yang mewah.

4. Wastafel Kamar Mandi Sederhana

Gaya Industrial Pada Wastafel. Sumber: google.com
Gaya Industrial Pada Wastafel. Sumber: google.com

Salah satu model wastafel kamar mandi yang bisa menghemat tempat adalah dengan menggunakan konsep industrial. Anda bisa memilih model wastafel yang berbentuk kotak ataupun berbentuk seperti setengah lingkaran. Konsep industrial tentunya akan membuat kamar mandi jadi lebih terlihat sederhana sebab tidak membutuhkan meja atau kabinet tambahan di bawahnya.

5. Model Wastafel Batu Alam

Model Wastafel Batu Alam. Sumber: google.com
Model Wastafel Batu Alam. Sumber: google.com

Penggunaan batu alam juga bisa memberikan kesan minimalis sekaligus alami pada wastafel Anda. Opsi yang bisa dipilih antara lain menggunakan keramik dinding yang memiliki corak batu-batuan. Opsi lainnya adalah dengan memfungsikan keramik tersebut sebagai permukaan kabinet atau meja wastafel. Model wastafel yang bisa dipakai juga bervariasi. Wastafel berbentuk bulat tentu bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan kesan minimalis.

6. Model Wastafel Baskom

Model Wastafel Baskom. Sumber: unsplash.com
Model Wastafel Baskom. Sumber: unsplash.com

Model wastafel baskom atau vessel ini dapat membuat ruang kamar mandi Anda terlihat lebih menarik. Bentuknya yang simpel dan unik sering digunakan pada konsep minimalis. Agar tampak lebih elegan, Anda bisa padu padankan dengan keran air berwarna silver.

7. Model Wastafel Transparan

Model Wastafel yang Transparan. Sumber: google.com
Model Wastafel yang Transparan. Sumber: google.com

Satu lagi model wastafel untuk mengangkat kesan minimalis pada kamar mandi Anda. Model wastafel transparan tentunya memiliki keunikan sendiri. Ukurannya yang kecil pasti akan cocok untuk area kamar mandi yang terbilang kecil.

Tips Memilih Model Wastafel Kamar Mandi Kecil

Dengan minimnya ukuran kamar mandi, maka Anda tidak bisa memilih model wastafel dengan sembarang. Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan agar tampilan akhirnya bisa memuaskan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba untuk memiliki wastafel minimalis di kamar mandi yang kecil.

1. Jika luas kamar mandi memang tidak terlalu besar, Anda bisa memilih model wastafel yang menyatu dengan toilet atau kloset. Sesuaikan modelnya dengan seleran dan ukuran kamar mandi Anda.

2. Pilihlah kualitas wastafel yang bagus agar pemakaiannya bisa lebih awet.

3. Selain wastafel yang menyatu dengan toilet, Anda bisa memilih model wastafel yang telah dilengkapi oleh kabinet atau lemari sehingga lebih fungsional untuk menyimpan perlengkapan kebersihan seperti sabu, sampo, pasta gigi, dan lainnya.

4. Agar tidak membuat lantai terlalu becek, siapkan handuk kecil yang bisa digantung di sebelah wastafel untuk memudahkan ketika mengeringkan tangan atau muka.

5. Dari segi warna, pilihlah warna netral dan terang yang tidak terlalu bertabrakan dengan warna utama kamar mandi.

6. Sebagai penghias, Anda bisa mempercantik area wastafel dengan meletakkan tanaman hidup di salah satu sisinya.

Pada kamar mandi yang mengusung tema minimalis, Anda cukup menggunakan barang-barang yang memang diperlukan saja sehingga tidak menyalahi konsep minimalis itu sendiri. Namun, bukan berarti kamar mandi harus terlihat monoton. Penataan kamar mandi tentunya menjadi faktor yang penting supaya sebuah ruang tidak hanya bisa terlihat menarik dari segi estetika, tetapi juga berfungsi secara optimal.

Itulah tadi ulasan mengenai model wastafel kamar mandi minimalis yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Setelah membaca artikel ini, Anda tentunya sudah tidak perlu bingung lagi ketika menentukan model wastafel seperti apa yang paling sesuai untuk menambah fungsi pada kamar mandi rumah Anda. Sampai jumpa pada ulasan menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Warna coklat kayu secara psikologis sudah menerangkan bahwa warna ini tidak pernah sukses memberikan kesan hangat dimanapun warna ini diterapkan. Sehingga menggunakan keramik motif kayu untuk kamar tidur anda akan memberikan kesan hangat yang kuat.

Kamar tidur adalah tempat yang seharusnya menjadi tempat ternyaman kita di dalam rumah. Karena dikamar tidur lah kita mengistirahatkan diri dari lelahnya kehidupan di luar rumah. Maka menciptakan suasana kamar tidur yang baik adalah impian semua orang.

Tentu dengan kenyaman yang diikuti dengan kehangatan pasti keinginan banyak orang. Terlebih lantai adalah salah satu elemen terpenting dalam membangun suasana di dalam kamar tidur. 

Keramik menjadi jawaban banyak orang saat hendak ditanyakan material apa yang akan diaplikasikan pada lantai di ruangan mereka. Terlebih dengan beragamnya motif keramik lantai yang tersedia membuat mereka bisa bebas dalam menyesuaikan motif mana yang cocok dengan konsep kamar tidur mereka. 

Ditambah dengan keunggulan keramik yang kedap air dan tahan lama pasti menjadi salah satu alasan tambahan mereka menyukai keramik untuk lantai mereka.

Salah satu motif keramik yang gencar di kalangan banyak orang adalah keramik motif kayu. Seperti yang disebutkan kan sebelumnya bahwa kayu bisa memberikan kesan kehangatan menjadi alasan kenapa motif ini sangat disukai.

Macam-macam Keramik Motif Kayu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa keramik  memiliki banyak motif. Saking banyaknya dengan keramik motif kayu saja, menyediakan banyak macamnya.

Namun sebelum anda bersegera memilih keramik dengan motif kayu ini, mari simak terlebih dahulu informasi macam-macam keramik motif kayu yang kami sediakan untuk anda.

Karena anda juga harus memperhatikan, mempertimbangkan terlebih tujuan anda memilih keramik tersebut dengan konsep ruangan anda. 

Maka supaya anda tidak bingung dalam memilih motif kayu seperti apa yang cocok untuk kamar tidur anda, tetap berada di artikel ini supaya mendapatkan referensi yang semoga bermanfaat untuk anda.

1. Keramik Motif Kayu Dengan Warna Gradiasi

Keramik Motif kayu dengan gradiasi. sumber : unsplash.com
Keramik Motif kayu dengan gradiasi. sumber : unsplash.com

Alih-alih menggunakan warna keramik motif kayu dengan satu warna, disini kami ingin mengenalkan pada anda motif kayu yang memiliki banyak warna.

Ragam warna ini tentunya diambil dari ragamnya warna kayu. Seperti yang anda tahu bahwa warna kayu juga memiliki banyak gradiasi warna. 

Tampilan lantai yang dihasilkan menggunakan keramik dengan berbagai warna adalah tampilan yang terkesan seperti 3D.

Sehingga dengan menggunakan keramik kayu untuk kamar tidur anda, yang awalnya polos dan membosankan akan berubah menjadi kamar tidur yang lebih menarik dan terasa hidup.

Terlebih dengan warna kayunya yang khas kamar tidur anda juga akan terkesan lebih klasik dan tradisional. Tipe motif ini pula dikenal dengan lantai rumah yang ada di pedesaan.

Maka, walau anda tinggal di pusat kota yang sibuk dan rapat setidaknya dengan menggunakan motif kayu ini anda bisa merasakan ketenangan dan kehangatan yang ada di pedesaan.

2. Keramik Motif Kayu dengan Berpola

Setelah yang pertama tadi daya tariknya ada pada warnanya, disini ada keramik motif kayu yang daya tariknya ada pada pola penataannya. 

Dengan pola penataan yang berimprovisasi maka tampilan lantai anda akan lebih dari yang biasa, fresh, serta bisa membangun suasana modern di kamar tidur anda. 

Anda bisa bermain pola penataan keramik seperti gambar yaitu dengan menatanya secara horizontal dan vertikal.

Keramik Motif kayu Herringbone. sumber : unsplash.com
Keramik Motif kayu Herringbone. sumber : unsplash.com

Atau anda juga bisa menggunakan pola herringbone. Atau pola yang bisa disebut juga twill weave, dimana pola ini bisa menciptakan kesan lebih stylish, vintage dan minimalis pada kamar tidur anda.

Selain itu ada pula pola anyaman, walau terlihat lebih sederhana tapi tetap berhasil menciptakan kesan klasik pada kamar anda. Terlebih dengan pola anyaman pula kamar tidur anda akan bak kastil kerajaan eropa yang khas dengan keklasikan dan elegannya.

3. Keramik Motif Kayu Abstrak

Keramik Motif kayu abstrak. sumber : unsplash.com
Keramik Motif kayu abstrak. sumber : unsplash.com

Motif kayu abstrak mampu memberikan kesan ramai pada ruangan anda. Namun tak perlu khawatir, walau dengan motifnya yang abstrak keramik ini juga cocok untuk kamar anda yang berkonsep minimalis.

Tak hanya itu motif kayu abstrak juga bisa memberikan kesan industrial dan artsy pada kamar tidur anda.

4.Keramik Motif Kayu Bertekstur Halus

Keramik Motif kayu bertekstur halus. sumber : unsplash.com
Keramik Motif kayu bertekstur halus. sumber : unsplash.com

Dengan teksturnya yang halus tentunya akan membuat anda nyaman ketika hendak memasuki kamar tidur anda.

Kehalusannya juga bisa memberikan ketenangan pada psikologis anda.

Motif ini juga cocok untuk anda yang memiliki konsep kamar tidur minimalis. Karena tentu dengan motif tersebut bisa menampilkan yang kesan minimalis dan elegan.

5. Keramik Motif Kayu Semi Putih

Keramik Motif Kayu semi putih. sumber : unsplash.com
Keramik Motif Kayu semi putih. sumber : unsplash.com

Menginginkan keramik motif kayu yang warnanya tak biasa, disini ada keramik motif kayu semi putih untuk kamar tidur anda.

Walau warnanya bukan warna kayu yang tidak biasa, keramik motif ini tetap akan memberikan kehangatan pada kamar tidur anda.

Tak hanya itu dengan warnanya yang termasuk dalam warna terang, maka cocok untuk kamar tidur anda yang berukuran kecil. Karena warna terang selalu sukses memberikan kesan luas pada ruangan yang berukuran kecil.

Nah itulah kelima macam keramik motif kayu yang kami rangkum dari banyaknya macam yang ada.

Semoga dengan informasi ini bisa membantu anda dalam memilih keramik mana yang tepat untuk diaplikasikan pada kamar tidur anda. Supaya tampilan kamar tidur anda bisa direncanakan dengan baik hingga memiliki interior yang baik pula.

Karena anda pasti menginginkan kamar tidur yang nyaman dan hangat kan? Maka pertimbangkan segala informasi yang sudah kami sampaikan pada anda.

Rumah hemat energi merupakan rumah yang dibangun dengan tujuan untuk memanfaatkan sumber daya dari lingkungan sekitar, untuk menciptakan hunian yang hemat energi secara berkelanjutan, dan memberikan kenyamanan tersendiri pada penghuni rumah.

Desain rumah hemat energi ini berkenaan dengan penggunaan material bangunan yang memegang peranan penting dalam mewujudkan bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan yang tercermin pada penggunaan listrik, air dan biaya yang efisien. Tulisan ini ingin memaparkan cara menciptakan rumah hemat energi yang mudah dilakukan.

Cara Menciptakan Rumah Hemat Energi

Ada beberapa cara untuk mewujudkan rumah yang hemat energi, mulai dari menggunakan material khusus hingga memanfaatkan energi dari alam. Untuk lebih lengkapnya di bawah ini kami paparkan caranya untuk Anda.

Menggunakan Lampu Hemat Energi

Lampu merupakan salah satu barang yang menggunakan energi paling banyak di rumah. Anda dapat menggunakan lampu hemat energi seperti LED. Lampu ini bisa menghemat energi hingga 25 persen penggunaan listrik Anda daripada menggunakan lampu pijar pada umumnya.

Menggunakan Pencahayaan Alami

Cara kedua untuk menciptakan rumah hemat energi adalah menggunakan pencahayaan alami. Langkah pertama adalah dengan memastikan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Untuk itu, Anda perlu memberikan akses seperti menggunakan jendela atau skylight.

Pencahayaan alami matahari, sumber: google.com
Pencahayaan alami matahari, sumber: google.com

Untuk menghindari udara yang terlalu panas dan sinar yang terlalu silau dari matahari, Anda bisa menggunakan gorden, tirai dan jendela penutup ganda untuk mengatasi dan mengontrol cahaya dan suhu yang masuk ke dalam rumah. Sehingga, rumah Anda bukan sekedar hemat namun juga nyaman.

Menggunakan Panel Surya

Cara menghemat energi yang juga bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan panel surya. Dengan penggunaan panel surya berukuran 1 meter persegi maka bisa menghasilkan energi listrik mencapai 100 watt. Dengannya, sudah lebih dari cukup untuk menghemat energi di rumah Anda.

Kurangi Penggunaan AC

Agar penghematan energi pada rumah lebih optimal dan maksimal, Anda bisa mengurangi penggunaan AC. Karena, AC adalah salah satu alat yang bisa mengkonsumsi daya listrik yang cukup besar.

Untuk itu, Anda mesti memastikan terdapat cukup akses sirkulasi udara pada rumah Anda, agar rumah tetap terasa segar, baik dengan cross ventilation atau ruangan dengan bukaan yang banyak dan lebar agar angin dari luar bisa masuk.

Memperbanyak Ventilasi dan Jendela

Sebagaimana telah disinggung di atas, untuk mendapatkan angin segar Anda bisa menambah atau memperbanyak ventilasi udara pada rumah. Selain ventilasi yang cukup, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan jendela pada ruangan tertentu, seperti ruang keluarga dan ruang makan.

Jendela rumah hemat energi, sumber: google.com
Jendela rumah, sumber: google.com

Membuat High Ceiling

Kemudian, jika hunian Anda adalah tipe minimalis bisa menerapkan high ceiling atau langit-langit tinggi. Konsep ini dimaksudkan agar ruangan terasa lebih lega dan tidak pengap. Lebih dari itu, cahaya akan lebih mudah masuk dan menyebar ke dalam ruangan rumah Anda.

Menambahkan Tanaman di Rumah

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan tanaman hias tertentu dalam rumah untuk menjaga kesegaran ruangan. Tanaman di dalam rumah juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara alami.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda tambahkan pada rumah, antara lain seperti tanaman lidah mertua, monstera, palem kuning dan lain sebagainya. Selain di dalam rumah, jika Anda memiliki halaman pada rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai area hijau seperti menanam rumput, semak, pohon dan berbagai jenis tanaman hias lain.

Menggunakan Kulkas Suhu Rendah

Pada bagian dalam kulkas Anda dapat mengatur suhu yang diperlukan. Untuk menghemat listrik kami sarankan untuk menggunakan kulkas dengan suhu rendah. Sebab, semakin kecil suhunya, maka akan semakin kecil penggunaan listrik pada rumah Anda.

Keuntungan Rumah Hemat Energi

Setelah mengetahui cara mudah menciptakan rumah hemat energi, selanjutnya di bawah ini kami paparkan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari konsep rumah hemat energi ini pada hunian Anda. Simak ulasannya sampai selesai.

Menurunkan Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan konsep rumah hemat listrik adalah mampu memberikan kontribusi dalam menurunkan penggunaan bahan bakar dari fosil di alam.

Bahan bakar fosil sendiri adalah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam. Bahan bakar ini termasuk dalam jenis bahan bakar yang sukar untuk diperbarui.

Bahan bakar fosil, sumber: google.com
Bahan bakar fosil, sumber: google.com

Oleh karenanya, masyarakat dunia harus melakukan penghematan listrik. Salah satu manfaat rumah hemat energi adalah bisa menghemat bahan bakar fosil dan bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang. Selain itu, itu juga bisa menjadi solusi di tengah semakin menurunnya ketersediaan bahan bakar terkait.

Mengurangi Polusi Udara

Keuntungan selanjutnya adalah bisa mengurangi polusi. Penggunaan listrik, khususnya yang berasal dari pembakaran batu bara bisa menimbulkan polusi udara. Bukan hanya itu, pembakaran bahan bakar fosil tersebut bisa menyebabkan munculnya gas rumah kaca yang memicu perubahan iklim semakin cepat.

Hindari Risiko Arus Pendek

Dengan menggunakan rumah hemat energi maka Anda dapat terhindar dari resiko terjadinya arus pendek atau korsleting listrik. Terlebih lagi dampak buruk dari terjadinya arus balik tersebut antara lain bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada berbagai macam peralatan elektronik dan berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

Arus pendek bisa terjadi saat ada arus listrik yang mengalir pada kabel listrik yang mengalami kerusakan atau yang kabelnya terbuka. Oleh sebab itu, selain teknik perancangan listrik yang baik, diperlukan juga penggunaan alat elektronik secara benar dan bijak untuk menghindari terjadinya arus pendek listrik.

Hemat Pengeluaran

Dengan menggunakan konsep rumah hemat energi, Anda bisa menekan biaya pengeluaran bulanan Anda. Maka, konsep rumah satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran dan gaya hidup sederhana.

Hemat pengeluaran dengan rumah hemat energi, sumber: google.com
Hemat pengeluaran, sumber: google.com

Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Sebagaimana yang telah disinggung di atas, pembakaran bahan bakar fosil seperti batubara bisa menghasilkan gas karbon yang merupakan salah satu jenis gas rumah kaca yang jumlahnya cukup besar di atmosfer bumi ini.

Selain itu, penggunaan listrik dalam jumlah besar dan berlebihan dalam kehidupan sehari-hari di rumah juga memberikan sumbangsih terhadap akumulasi jumlah gas rumah kaca di atmosfer. Namun, dengan konsep rumah ini Anda setidaknya bisa mengurangi emisi dari gas rumah kaca dengan menghemat penggunaan energi.

Itulah cara mudah menciptakan rumah hemat energi yang bisa Anda coba aplikasikan dan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan darinya. Sebagaimana membangun basement untuk menghemat space membangu rumah hemat energi bisa menghemat penggunaan energi yang tidak dapat diperbarui di bumi dan juga bisa menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Kondisi rumah sama halnya dengan sebuah barang yang memiliki masa untuk rusak atau perlu diperbaiki. Rumah yang digunakan bertahun-tahun pasti memerlukan yang namanya renovasi untuk membuat kondisi dan tampilannya terlihat baru kembali. Renovasi rumah lama tentu akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Namun, ada tips yang bisa Anda ikuti agar budget/biaya yang dikeluarkan minim.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa biaya melakukan renovasi rumah tentu memerlukan budget yang cukup besar. Karena hampir semua bagian rumah pasti akan dilakukan perbaikan mengingat fungsi dan tampilannya sudah mulai rusak atau tidak baik lagi. Apalagi rumah yang dimiliki sudah berumur bertahun-tahun dan minim dilakukannya perawatan. Pastinya akan direnovasi secara menyeluruh agar tampilannya dapat baru kembali.

Jika Anda memiliki budget yang minim dan ingin segera melakukan renovasi rumah lama. Ada beberapa tips renovasi rumah dengan budget minim yang bisa diikuti. Dengan begitu bukan menjadi halangan Anda lagi ketika ingin segera merenovasi rumah lama agar tampilan dan fungsinya bisa terlihat baru kembali.

Tips Renovasi Rumah Lama

Berikut ini beberapa tips renovasi rumah lama yang bisa diikuti bila memiliki budget minim diantaranya:

1. Membuat Skala Prioritas

Menentukan bagian rumah yang akan direnovasi, sumber akseleran.co.id
Menentukan bagian rumah yang akan direnovasi, sumber: akseleran.co.id

Perlu untuk Anda ketahui bahwasannya renovasi rumah akan disesuaikan dengan umur pemakaian dan perawatannya. Sehingga saat melakukan renovasi rumah lama tidak semua bagian dilakukan perbaikan. Amati kembali secara teliti bagian mana saja dari rumah yang harus segera untuk diperbaiki.

Jika sudah Anda amati lakukan skala prioritas untuk mendahulukan bagian rumah yang benar-benar harus secepatnya dilakukan renovasi. Tujuan dari melakukan skala prioritas agar budget yang diperlukan untuk renovasi rumah tidaklah begitu besar.

2. Hitung Dengan Cermat, Bila Menggunakan Jasa Renovasi Rumah

Setiap orang pastinya memiliki keterbatasan saat renovasi rumah. Sehingga memerlukan yang namanya bantuan dari jasa kontraktor atau tukang untuk membantu dalam melakukan renovasi rumah lama. Dengan begitu pengerjaan renovasi rumah bisa cepat selesai dilakukan dan hasilnya pun jauh lebih rapi  karena dilakukan oleh tenaga yang sudah profesional.

Untuk dapat menghemat biaya jasa renovasi rumah Anda bisa melakukan perhitungan dengan cermat. Bila bagian rumah yang direnovasi tidaklah begitu banyak maka, bisa sesuaikan dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Dengan begitu pembiayaan jasa renovasi rumah bisa lebih hemat.

3. Menghitung Biaya Material yang Dibutuhkan

Agar tidaka salah dan berlebihan dalam membeli material bagunan yang akan digunakan untuk melakukan renovasi rumah. Maka, ada baiknya Anda melakukan perencanaan dalam membelinya dengan cara list jenis dan jumlah material yang dibutuhkan.

Biar lebih mudah Anda bisa melakukannya bersama tukang untuk menentukan material apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak jumlahnya. Sehingga pada saat pembelian material bangunan sesuai dengan kebutuhan untuk renovasi rumah. Dengan melakukan perencanaan dengan baik tentu biaya yang Anda keluarkan bisa lebih efisien sesuai dengan kebutuhan.

4. Membeli Barang Second Hand Sebagai Alternatif

Furniture bekas yang masih bagus dan layak pakai, sumber sipeti.co.id
Furniture bekas yang masih bagus dan layak pakai, sumber: sipeti.co.id

Tidak semua barang atau material yang Anda butuhkan untuk renovasi rumah lama dibeli baru. Agar lebih menghemat biaya pengeluaran dalam renovasi rumah ada cara alternatif yang bisa digunakan yaitu, dengan membeli barang second hand. Perlu diperhatikan juga kualitasnya jika membeli barang atau material second hand agar awet digunakan.

Untuk membeli barang second hand bukanlah salah satu hal yang sulit. Karena sudah banyak platform online yang menyediakan berbagai barang bekas pakai yang masih layak untuk digunakan kembali. Dengan alternatif ini tentu Anda bisa lebih menghemat lagi budget yang dikeluarkan saat renovasi rumah.

5. Melakukan Pembaruan Perabotan yang Masih bisa Digunakan Kembali

Saat melakukan renovasi rumah perhatikan kembali perabotan yang masih bisa digunakan kembali. Karena tidak semua barang rumah yang terlihat sudah lama harus Anda ganti. Agar lebih menghemat pengeluaran biaya pembelian perabotan baru rumah. Anda bisa melakukan pembaruan secara mandiri atau bisa juga dengan menggunakan jasa tukang.

Jika dilihat perabotan rumah tampilannya hanya kusam saja akan tetapi, fungsinya masih dalam kondisi baik. Sehingga bisa Anda lakukan pembaruan saja baik dengan cara dibersihkan atau mengganti warnanya agar tampilannya terlihat cerah kembali. Sehingga Anda tak perlu harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli perabot saat melakukan renovasi rumah.

6. Membeli Keperluan Renovasi Rumah dengan Cerdas

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar budget renovasi rumah bisa lebih efisien dan minim. Artinya dengan biaya yang terbatas Anda masih bisa melakukan renovasi rumah lama dengan maksimal tanpa mengalami keterbatasan dan hambatan.

Cara cerdas membeli keperluan renovasi rumah harus bisa untuk Anda terapkan. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapkan cara ini salah satunya adalah mendapatkan harga yang lebih murah. Karena setiap toko material bamgunan atau perabotan rumah pasti memiliki harga yang berbeda-beda. 

Jika Anda sudah mengetahui bahwa harganya berbeda lakukanlah cara cerdas dengan melakukan perbandingan harga. Serta lihat juga tawaran dan promosi yang diberikan sebagai bahan pertimbagan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Inilah teknik cerdas renovasi rumah bila memiliki budget yang minim dan terbatas.

7. Menggunakan Konsep Desain Rumah yang Sederhana

Konsep desain rumah all white, sumber rancangrekaruang.com
Konsep desain rumah all white, sumber: rancangrekaruang.com

Ketika Anda ronovasi rumah lama pasti desainnya pun akan dilakukan pergantian untuk membuat tampilannya menjadi berbeda dan terlihat baru. Agar budget yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan minim Anda bisa menggunakan desain rumah yang sederhana namun, tetap terlihat menarik dan indah.

Hindari penggunaan desain rumah yang modern dan mewah bila Anda memiliki budget renovasi rumah yang minim dan terbatas. Contoh desain yang bisa Anda pilih agar rumah terlihat cantik walaupun sederhana adalah memilih konsep desain all-white. Dengan konsep desain sederhana seperti ini akan menonjolkan perabotan berwarna yang membuat tampilan rumah menjadi cantik dan menarik.

Itulah tips dan penjelasan mengenai renovasi rumah lama dengan budget yang minim. Ternyata dengan keterbatasan biaya bukanlah merupakan salah satu halangan lagi bagi Anda. Dengan mengikuti cara dan langkah di atas Anda bisa lebih mudah saat melakukan renovasi rumah.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Adiprana Sentosa Indovesco.

Tampilan rumah yang terlihat indah dan menarik tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah warna cat rumah yang menjadi faktor utama pada saat memilih dan pengaplikasiannya. Karena bila Anda menggunakan warna yang asal-asalan tanpa memperhatikan kesesuaiannya dengan konsep rumah. Hal yang terjadi adalah tampilan rumah menjadi terlihat aneh karena tidak sesuai dengan konsep desain yang digunakan.

Dengan banyaknya variasi warna cat yang tersedia seringkali dapat membuat Anda kebingungan memilih warna yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah. Warna yang Anda gunakan akan mempresentasikan karakter dari desain rumah sepanjang periode waktu tertentu sampai dilakukan pergantian. 

Sehingga dalam pemilihan warna cat rumah harus dilakukan secara matang dan melalui proses pertimbangan. Hal ini tentu harus bisa Anda lakukan agar tidak merasa menyesal dikemudian hari atas pilihan warna yang sudah dipilih.

Agar Anda tidak bingung dan merasa ragu dalam memilih warna yang sesuai dan cocok untuk tampilan rumah. Banyak cara yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan mengetahui berbagai jenis warna yang sering diaplikasikan pada berbagai tipe rumah atau konstruksi bangunan

Nah, dalam artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda untuk melihat berbagai variasi warna cat rumah yang populer dan banyak digunakan. Berbagai penjelasannya bisa Anda simak berikut ini.

1. Cat Rumah Biru Pastel

Ruang tamu dengan tampilan warna biru pastel, sumber dekorrumah.net
Ruang tamu dengan tampilan warna biru pastel, sumber: dekorrumah.net

Rumah minimalis sangat cocok bila menggunakan warna pastel pada setiap bagian ruangannya. Karena akan menampilkan kesan yang lembut dan kalem serta suasana rumah akan terasa lebih hangat dan sejuk. Salah satu warna yang sering digunakan adalah warna biru pastel dengan kontras yang sedang (biru muda).

Warna biru pastel bisa menjadi rekomendasi untuk diaplikasikan pada ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Tak perlu khawatir karena tampilan warna dari biru pastel akan membuat ruang terlihat menarik dan anti rasa bosan.

2. Cat Rumah Celery

Ruang keluarga dengan tampilan warna celery, sumber decorist.com
Ruang keluarga dengan tampilan warna celery, sumber: decorist.com

Memilih warna perpaduan bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang suka dengan tampilan rumah yang calm. Warna celery merupakan warna perpaduan diantara hijau dan biru tua. Dari perpaduan warna ini menghasilkan warna dominan hijau yang terlihat lebih soft.

Warna celery juga menjadi salah satu warna yang anti-mainstream karena, jarang rumah minimalis menggunakannya. Dengan tampilan warna yang calm akan membuat suasana rumah terasa segar dan natural. Untuk memaksimalkannya Anda bisa menambahkan tumbuhan hijau yang khusus digunakan di dalam ruangan.

3. Cat Rumah Cokelat Muda

Ruang tamu dengan tampilan warna cokelat muda, sumber rumahminimal.com
Ruang tamu dengan tampilan warna cokelat muda, sumber: rumahminimal.com

Warna cokelat muda kini menjadi warna populer yang banyak diaplikasikan pada rumah minimalis. Memiliki warna signifikan menunjukan tampilannya yang terasa klasik dan menarik. Warna cokelat muda juga sering disebut dengan coffe brown karena kesan yang diberikan terasa lebih hangat.

Jika rumah Anda memiliki konsep interior yang dominan menggunakan sentuhan kayu sebagai elemen pemanisnya. Akan sangat cock bila Anda padukan warna cat rumah cokelat muda dengan warna alami dari kayu. Sehingga tampilan rumah akan terlihat lebih menarik dan memberikan sebuah kenyamanan.

4. Cat Rumah Coral

Kamar tidur dengan tampilan warna coral, sumber Ruang tamu dengan tampilan warna cokelat muda, sumber rumahminimal.com
Kamar tidur dengan tampilan warna coral, sumber: dekoruma.com

Tercipta dari perpaduan warna orange dan merah muda (pink) menghasilkan warna coral. Terkenal dengan kesannya yang girly dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hidup. Dengan menggunakan warna coral akan memberikan gambaran bahwa Anda adalah tipikal orang yang ceria.

Untuk pengaplikasiannya Anda bisa gunakan pada ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan kamar tidur. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa elemen tambahan agar warna coral yang telah digunakan tidak terlihat kaku.

5. Cat Rumah Putih

Ruang keluarga dengan tampilan warna full putih, sumber jawaracorpo.com
Ruang keluarga dengan tampilan warna full putih, sumber: jawaracorpo.com

Warna putih tentunya menjadi warna dasar yang sudah sangat sering digunakan terutama, pada rumah minimalis. Tampilannya yang simple dan calm akan memberikan kesan yang lebih nyaman dan hangat. Meski kerap kali warna putih didentikan sebagai warna yang monoton dan membosankan.

Dengan memberikan beberapa sentuhan menggunakan warna putih, akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan cocok untuk konsep rumah modern. Saran untuk penggunannya hindari area ruangan yang rentan terkena kotoran atau noda. Agar tampilannya selalu terlihat dalam kedaan bersih dan tak perlu melakukan perawatan yang ekstra.

Warna Cat Rumah Elegan dan Mewah

6. Cat Rumah Abu-Abu

Ruang tamu dengan tampilan warna abu-abu gelap, sumber furnizing.com
Ruang tamu dengan tampilan warna abu-abu gelap, sumber: furnizing.com

Warna abu-abu merupakan salah satu warna dengan kesan yang netral dan ringan. Sehingga dapat dipadukan pada berbagai warna lainnya untuk memperlihat tampilan rumah yang lebih elegan dan mewah. Dengan menggunakan warna abu-abu bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak suka dengan tampilan warna yang terlalu terang.

Untuk pengaplikasiannya umumnya banyak digunakan pada ruang tamu  dan ruang tengah. Karena akan terasa lebih cocok dan pas bila digunakan pada ruang tersebut. Selain itu, kesan yang akan diberikan terasa lebih hangat dan nyaman sehingga, Anda tidak akan salah jika memilih warna abu-abu.

7. Cat Rumah Soft Pink

Ruang keluarga dengan tampilan warna soft pink, sumber interiordesign.id
Ruang keluarga dengan tampilan warna soft pink, sumber: interiordesign.id

Jika Anda ingin tampilan rumah terlihat mewah namun, tidak terlalu menonjol bisa mencoba untuk menggunakan warna soft pink. Kesan yang diberikan adalah ruangan rumah akan terasa lebih lapang dan hangat. Sehingga akan meningkatkan kenyamanan Anda pada saat beraktivitas di rumah.

Warna soft pink atau biasa lebih dikenal dengan sebutan warna merah muda sangat mudah jika dipadukan dengan warna lainnya. Hal ini akan membantu Anda dalam menampilkan warna ruangan rumah bukan hanya mewah tapi, terlihat elegan dan menarik.

8. Cat Rumah Biru Tua

Ruang keluarga dengan tampilan warna biru tua, sumber orami.co.id
Ruang keluarga dengan tampilan warna biru tua, sumber: orami.co.id

Tampilannya yang tegas dan berani banyak rumah yang menggunakan warna biru tua untuk diaplikasikan pada setiap ruangan. Untuk mendapatkan kesan yang lebih mewah dan elegan Anda bisa memadukannya dengan berbagai warna lainnya yang terlihat cerah. Salah satu warna yang sering digunakan sebagai perpaduannya adalah warna emas dan putih.

Warna cat rumah biru tua juga dapat memberikan sebuah perasaan yang lebih intim sehingga, Anda akan merasa lebih nyaman. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa pajangan yang unik dan menarik agar tampilan rumah terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

9. Cat Rumah Hijau

Ruang tamu dengan tampilan warna hijau, sumber rukita.co
Ruang tamu dengan tampilan warna hijau, sumber: rukita.co

Masih sangat jarang rumah menggunakan warna hijau sebagai warna utama untuk menampilkan kemewahan. Padahal warna hijau jika dipadukan dan diaplikasikan dengan benar akan memberikan tampilan yang jauh lebih elegan dan mewah. Warnanya yang indentik dengan susana alam terbuka dapat memberikan Anda perasaan yang lebih segar.

Penggunaan warna hijau tua bisa menjadi salah satu pilihan warna yang pas jika Anda ingin tampilan rumah terlihat lebih mewah. Untuk menambah kesan menarik Anda bisa menambahkan beberapa elemen tambahan seperti pajangan, furniture modern, dan sejenisnya.

10. Cat Rumah Ungu

Ruang tamu dengan tampilan warna ungu, sumber ruparupa.com
Ruang tamu dengan tampilan warna ungu, sumber: ruparupa.com

Warna yang dapat memberikan ketenangan dan ketentram dengan perasaan yang penuh dengan gairah positif. Sehingga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan menciptakan berbagai ide kretivitas. Ternyata warna ungu juga bisa memberikan tampilan elegan dan mewah.

Hal ini bisa Anda tunjukan dengan pengaplikasiannya yang benar dengan tambahan perpaduan warna. Untuk perpaduan warna Anda bisa gunakan warna biru, kuning, pink, dan bisa juga warna pastel. Tinggal disesuaikan dengan desain yang diinginkan agar tampilan rumah terlihat lebih mewah dan menarik.

Warna Cat Rumah Bagian Luar

11. Cat Rumah Ivory Perpaduan Turquoise

Tampilan depan rumah dengan perpaduan warna ivory, turquoise, dan putih sumber hgtv.com
Tampilan depan rumah dengan perpaduan warna ivory, turquoise, sumber hgtv.com

Menggunakan perpaduan warna pada tampilan depan rumah menjadi kunci untuk memberikan kesan yang menarik. Dengan menggunakan warna ivory (putih dan krem) dan dipadukan bersama warna turquoise (biru dan hijau) akan membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih elegan.

Bukan hanya tampilan rumah yang terlihat lebih menarik, suasana depan rumah pun akan menghadirkan romansa nostalgia.  Cat rumah ivory perpaduan turquoise akan mengensankan bahwa rumah tersebut ditinggali oleh keluarga yang berbahagia. Pastinya Anda akan semakin tertarik menggunakan warna ini untuk tampilan depan rumah.

12. Cat Rumah Kuning Mustard Perpaduan Cokelat dan Putih

Tampilan depan rumah dengan perpaduan warna ivory, turquoise, dan putih sumber hgtv.com
Tampilan depan rumah dengan perpaduan warna, dan putih sumber: hgtv.com

Warna kuning untuk diapliakasikan pada bagian luar rumah masih sangat jarang digunakan. Karena bagi sebagian orang menganggap bahwa warna kuning tidak begitu menarik dan memiliki kesan yang kurang bagus.

Namun, kini dengan dengan adanya warna kuning mustard dan bisa dipadukan dengan berbagai warna seperti cokelat dan putih. Tampilan luar rumah akan terlihat lebih menarik dan memberikan kesan yang kontenporer. Jadi, Anda yang suka dengan warna kuning tak perlu khawatir lagi dalam pengaplikasiannya.

13. Cat Rumah Peach

Tampilan luar rumah dengan warna peach, sumber ruangarsitek.id
Tampilan luar rumah dengan warna peach, sumber: ruangarsitek.id

Warna cat rumah peach merupakan turunan warna orange dan pink. Pada umumnya warna ini dikenal berasal dari bagian dalam buah peach yang memiliki warna yang pucat. Kini warna peach menjadi salah satu warna yang popuer dan favorit untuk diaplikasikan pada rumah.

Pemilihan wana peach untuk diaplikasikan pada bagian luar rumah bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk mencobanya. Karena tampilan rumah yang akan diberikan terlihat lebih mewah tapi,tidak terlalu menonjol atau calm. Sehingga akan sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tampilan sederhana namun, tetap elegan dan mewah.

14. Cat Rumah Merah Bata Perpaduan Abu-abu dan Putih

Tampilan depan rumah dengan warna cerah perpaduan abu-abu dan merah bata, sumber hgtv.com
Tampilan depan rumah dengan warna cerah perpaduan abu-abu dan merah bata, sumber: hgtv.com

Jika Anda tinggal di daerah perumahan yang rindang dan banyak tumbuh di sekelilingnya. Bisa coba menggunakan warna cat bagian luar rumah dengan warna merah bata ditambah dengan perpaduan abu-abu dan putih. Tampilan rumah akan terlihat lebih menarik dan memberikan kesan yang sangat nyaman ketika dipandang.

Penggunaan perpaduan warna merah bata akan terlihat sangat cocok dan pas dengan kondisi rumah. Akan terlihat semakin indah jika depan rumah dibuat mini taman yang dapat mempercantik tampilannya. Dengan warna yang simple dan cerah tentu, dapat membuat Anda tidak salah untuk pengaplikasiannya pada bagian luar rumah.

15. Cat Rumah Hijau Forest

Tampilan rumah dengan warna hijau forest, sumber pinterest.com
Tampilan rumah dengan warna hijau forest, sumber: pinterest.com

Warna hijau tua terkadang indentik dengan kesannya yang gelap dan suram sehingga, banyak orang masih belum berani berkreasi dalam pengalplikasiannya. Namun, hal ini bisa disiati dengan melakukan perpaduan warna antara hijau alami ditambah warna orange. Dari hasil perpaduan warna tersebut akan menghasilkan warna hijau forest yang bisa Anda lihat pada gambar bangunan rumah di atas. 

Penggunaan warna hijau forest pada bagian luar rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena akan membuat tampilan rumah terlihat lebih indah dan menarik. Ditambah dengan lingkungan sekitar yang asri akan membuat suasa sekeliling rumah terasa segar dan nyaman.

Dari berbagai warna cat rumah yang telah diulas di atas tentunya membuat Anda semakin tertarik. Terutama untuk menciptakan tampilan rumah yang terlihat lebih menarik dan indah. Itulah fungsi dari warna yang bukan hanya sebagai pelapis tapi, juga memiliki unsur penting untuk membuat rumah terasa lebih hidup.

Jika Anda sedang mencari perusahaan konstruksi di Jakarta Selatan dan sekitarnya bisa langsung saja hubungi atau kunjungi PT Adiprana Sentosa Indovesco. Berbagai kebutuhan Anda baik mengenai interior dan eksterior rumah dapat dikerjakan dan dibantu oleh personilnya yang sudah berpengalaman.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan kepada Anda dapat bermanfaat dan berguna. Jangan pernah ragu berkreasi dengan berbagai warna cat untuk memberikan tampilan indah pada rumah.

Semua orang pastinya menginginkan sebuah tempat hunian atau rumah yang nyaman, yang berfungsi sebagai tempat berlindung dari dunia luar dan tempat untuk beristirahat melepas lelah selama kegiatan seharian. Untuk membuat rumah yang nyaman, Anda tidak selalu mengeluarkan banyak uang. Cara membuat rumah nyaman di bawah ini bisa Anda coba.

Secara umum, setiap orang mempunyai tingkat standar yang berbeda perihal rasa nyaman dengan cara yang berbeda, tetapi ada beberapa hal yang secara universal menjadi faktor yang mempengaruhi kenyaman dari penghuni rumah.

7 Cara Membuat Rumah Terasa Nyaman

Banyak bagian pada interior rumah yang bisa Anda atur secara maksimal agar Anda selalu tetap merasa nyaman ketika di rumah. Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa Anda coba perhatikan kemudian terapkan pada hunian Anda.

1. Selalu Rapi

Rumah yang terasa nyaman kami katakan akan berbanding lurus dengan semakin rapinya setiap bagian rumah. Mempunyai hunian dengan terlalu banyak perabot akan membuat rumah terkesan penuh sesak dan membuat Anda kelelahan, baik tenaga maupun mata. Sebagai contoh, tampilan dapur yang berantakan akan membuat Anda letih meski tanpa aktivitas.

Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan penggunaan barang pada ruangan rumah. Anda perlu mengetahui barang mana saja yang dibutuhkan, sehingga perlu Anda masukan pada rumah dan barang apa saja yang tidak begitu penting, maka bisa Anda hilangkan pada bagian rumah.

Semua orang pastinya menginginkan sebuah tempat hunian atau rumah yang nyaman, yang berfungsi sebagai tempat berlindung dari dunia luar dan tempat untuk beristirahat melepas lelah selama kegiatan seharian. Untuk membuat rumah yang nyaman, Anda tidak selalu mengeluarkan banyak uang. Cara membuat rumah nyaman di bawah ini bisa Anda coba.
Tampilan ruang yang rapi, sumber: parenting.dream.co.id

2. Perhatikan Area Depan Rumah

Area depan rumah adalah area yang paling penting dari setiap tempat hunian. Untuk itulah perlu Anda perhatikan dan bersihkan secara rutin. Apabila diperhatikan, area penghubung antara area luar dengan area dalam adalah pintu depan rumah.

Setiap orang akan bisa melihat bagian dalam rumah hanya dari luar melewati pintu yang terbuka. Sehingga, selain halaman dan teras rumah, ruang tamu menjadi prioritas utama untuk dirawat dan dirapikan. Dengan melakukan cara ini, semoga rumah Anda bisa terasa lebih nyaman.

3. Dekorasi Dinding

Saat berada di dalam rumah, bagian yang sering kita lihat adalah bagian dinding rumah. Dinding dengan tampilan biasa tentunya akan kurang menarik bila dibandingkan dengan dinding rumah yang dikombinasikan dengan dekorasi dan hiasan dinding rumah untuk meningkatkan kesan nyaman jika dipandang.

Tampilan dinding yang original atau dinding yang kosong memang akan tampak bersih. Namun, seiring berjalannya waktu hal tersebut akan terasa monoton dan akhirnya membuat Anda merasa tidak nyaman.

Selain hiasan dan dekorasi, warna dinding rumah juga akan banyak mempengaruhi rasa nyaman sehingga perlu diperhatikan. Banyak pemilik rumah yang memilih wana yang terang pada desain dan tema rumahnya, misalnya warna abu abu.

Warna abu abu adalah warna yang bisa Anda kombinasikan dengan setiap warna lainnya, sehingga bisa Anda gunakan pada bagian dinding rumah sebagai pelengkap dekorasi yang menunjang terwujudnya rasa nyaman.

Saat berada di dalam rumah, bagian yang sering kita lihat adalah bagian dinding rumah. Dinding dengan tampilan biasa tentunya akan kurang menarik bila dibandingkan dengan dinding rumah yang dikombinasikan dengan dekorasi dan hiasan dinding rumah untuk meningkatkan kesan nyaman jika dipandang.
Tampilan dekorasi dinding yang terasa nyaman, sumber: rukita.co

4. Foto dan Gambar

Foto dan gambar juga adalah unsur penting yang bisa Anda kombinasikan pada setiap ruangan rumah. Anda bisa memasang foto keluarga atau gambar favorit Anda. beberapa kolasde pigura yang berisi gambar dan foto lawas bisa menjadi inspirasi Anda.

Foto jadul ini selain unik, juga memiliki nilai sejarah dan cerita yang layak dingat. Gambar dan pigura tersebut bisa Anda pasang di ruang keluarga atau ruang tengah, atau juga bisa  pada ruang makan. Kemudian, rumah nyaman bisa Anda wujudkan.

5. Tanaman Segar

Anda juga bisa menggunakan tanaman segar untuk menambah kesan alami pada rumah. Keberadaan dari tanaman segar ini, selain membuat rumah semakin sejuk dan segar, tanaman hidup juga bisa membuat suasana semakin nyaman.

Gunakanlah beberapa jenis bunga dan tanaman yang bisa hidup di dalam ruangan, minimal bisa bertahan sedikit lebih lama agar Anda tidak perlu rutin menggantinya. Letakkan tanaman pada pot di atas lantai, atau juga memanfaatkan pot kecil di atas meja. Rasa nyaman akan bisa dirasakan dan tentunya rumah lebih indah.

6. Pencahayaan dan Lampu

Pencahayaan pada rumah memiliki peranan yang sangat penting. Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari pada pagi hari atau sinar rembulan pada malam hari, atau memanfaatkan cahaya bantuan seperti lampu.

Untuk mendapatkan cahaya alami, Anda bisa membuat jalur melalui pintu, jendela dan ventilasi lain. Sinar matahari bisa Anda atur menggunakan tirai atau kelambu dan pada waktu malam Anda bisa mengandalkan sinar rembulan dengan atas yang transparan atau dengan bantuan cahaya lampu.

Pencahayaan pada rumah memiliki peranan yang sangat penting. Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari pada pagi hari atau sinar rembulan pada malam hari, atau memanfaatkan cahaya bantuan seperti lampu.
Tampilan ventilasi tempat masuk cahaya, sumber: idntimes.com

Jika menggunakan bantuan lampu, Anda harus bisa jeli dalam menentukan tata letaknya. Agar jangan sampai terlalu gelap dan sebaliknya tidak terlalu terang. Melainkan, Anda harus menempatkannya pada posisi yang strategis agar penyebaran cahaya lebih maksimal.

7. Aroma Ruangan

Saat Anda memasang di dapur terkadang akan membawa aroma yang nikmat, tapi tidak seterusnya hal tersebut bisa terjadi. Sering juga aroma yang tidak sedap pada rumah bersumber dari area dapur. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan pengharum ruangan untuk menciptakan aroma yang sedap.

Selain menggunakan pengharum ruangan sintetis untuk membuat rumah menjadi wangi, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang diracik atau dikombinasikan dengan bahan lain, seperti sereh, kulit jeruk, lavender dan berbagai jenis lain yang Anda sukai.

Demikianlah cara membuat rumah nyaman versi kami. Semoga paparan singkat ini bisa memberi Anda inspirasi dalam upaya mewujudkan impian Anda dan setiap penghuni rumah lainnya, mewujudkan rumah yang nyaman.

Kami rekomendasikan Anda untuk membaca tulisan dengan judul inspirasi lemari dapur agar Anda mendapatkan inspirasi jenis furniture untuk melengkapi area dapur Anda. Demikian, semoga bermanfaat.

Struktur bangunan bentang lebar merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan yang biasanya digunakan di tanah air. Jenis struktur satu ini mempunyai ciri khusus yakni pada area yang digunakan berbentuk ruang tanpa sekat. Bangunan tersebut secara umum digunakan untuk tempat pertunjukan, lapangan olahraga dan sejenis gedung serbaguna lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai struktur bangunan bentang lebar ini. Di antara hal tersebut adalah sistem, jenis struktur dan beberapa model yang bisa Anda jadikan wawasan dan referensi.

Apa Itu Bangunan Bentang Lebar?

Pada konstruksi bangunan, definisi struktur berhubungan dengan sarana menyalurkan beban serta akibat penggunaan bangunan tersebut secara langsung pada tanah. Umumnya, jenis bangunan ini sendiri biasa digunakan sebagai bangunan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang membutuhkan ruangan yang bebas kolom dan besar.

Contohnya seperti gedung pertunjukkan, kegiatan olahraga sampai auditorium. Struktur bagi bangunan bentang lebar ini memiliki tingkat kerumitan yang beragam, berbeda dengan struktur bangunan rumah atau ruko.

Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh model yang ada pada struktur bangunan itu sendiri. Untuk Anda yang ingin membangun jenis bangunan ini, sangat perlu untuk memperhitungkan model secara keseluruhan dengan cermat agar bangunan tetap kokoh, aman dan bisa memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Struktur banunan bentang lebar merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan yang biasanya digunakan di tanah air. Jenis struktur satu ini mempunyai ciri khusus yakni pada area yang digunakan berbentuk ruang tanpa sekat. Bangunan tersebut secara umum digunakan untuk tempat pertunjukan, lapangan olahraga dan sejenis gedung serbaguna lainnya.
Tampilan bangunan bentang lebar sumber: eticon.co.id

Struktur Bangunan Bentang Lebar

Perihal struktur bangunan bentang lebar, sebenarnya bisa kita bagi dalam empat dari segi sistem besar strukturnya. Setiap struktur tersebut juga memiliki struktur lagi, sehingga Anda perlu mengetahuinya agar bisa membedakannya.

1. Form Active Stucture System

Sistem satu ini mempunyai hubungan antara bentuk dan struktur yang dekat dan bisa menciptakan bentuk yang unik. Sehingga para teknisi diharapkan bisa mengolaborasi bentuk dengan pertimbangan sistem struktur ini dan memahami sistem kerjanya. Struktur ini antara lain cable system, tent system, pneumatic system dan arch system.

2. Bulk Active Structure System

Yang keduan ini merupakan struktur kaku yang padat dan menggunakan bahan linear dan memanjang. Perubahan dan pengalihan model akan dipengaruhi oleh mobilisasi gaya dan beban setempat. Struktur ini langsung memberikan beban pada material dan balok sebagai penyangga. Terdiri dari beam system, beam grid dan slab system.

3. Vector Active Structure System

Struktur vector aktif merupakan sebuah struktur yang mengalihkan atau menyalurkan gaya eksternal terutama dari susunan unsur tekan dan unsur tarik yang terus menerus, seperti struktur rangka batang. Terdiri dari flat truss system, curved truss system dan space truss system.

4. Surface Active Structure System

Sistem struktur satu ini merupakan permukaan sistem struktur aktif yang fleksibel, namun tahan terhadap risiko kompresi, ketegangan dan geser di mana pengalihan kekuatan akan dipengaruhi oleh resistensi permukaan dan bentuk tertentu.

Dalam pengelompokannya, sistem satu ini terdiri dari prismatic folded structure system, pyramidal folded structure system, totational shell system dan anticlastic shell system. Struktur ini sangat cocok untuk bangunan bentang lebar yang Anda rancang.

Sistem struktur satu ini merupakan permukaan sistem struktur aktif yang fleksibel, namun tahan terhadap risiko kompresi, ketegangan dan geser di mana pengalihan kekuatan akan dipengaruhi oleh resistensi permukaan dan bentuk tertentu.
Tampilan salah satu sistem bentang lebar, sumber: civilprojectsonline.com

Jenis Struktur Bangunan Bentang Lebar

Struktur bangunan bentang lebar pada umumnya bisa Anda kelompokkan ke dalam dua jenis yang berbeda, yakni struktur bentang lebar sederhana dan struktur bentang yang kompleks. Lantas, apa aspek perbedaan dari kedua jenis ini? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Bangunan Sederhana

Bangunan dengan bentang lebar sederhana biasanya diterapkan pada berbagai gedung olahraga. Seperti pada gymnasium, gedung futsal, gedung basket dan sejenisnya. Apabila dilihat dari bentuknya, tentunya Anda bisa menilai bahwa gedung gedung tersebut tidak mengindahkan nilai estetika pada bangunannya. Akan tetapi lebih menekankan pada unsur fungsionalnya.

2. Bangunan Kompleks

Bangunan kedua adalah bangunan yang kompleks. Jenis bangunan ini merupakan paduan dari berbagai jenis struktur bentang lebar, lengkap dengan berbagai teori dasar bangunan. Bisa dikatakan, bangunan ini layaknya karya seni yang indah.

Untuk mendapatkan gambarannya, Anda bisa melihat Sydney Opera House. Gedung tersebut merupakan yang termasuk kategori struktur bangunan bentang lebar kompleks yang bisa membuat Anda merasa kagum dan terpesona.

Contoh Bangunan Bentang Lebar

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal, bangunan ini adalah sistem bangunan yang memungkinkan penggunaan ruangan bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan jenis ini tidak hanya bisa Anda temukan di luar negeri, di tanah air juga bisa Anda jumpai. Apa saja? Ini dia bocorannya!

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal, bangunan ini adalah sistem bangunan yang memungkinkan penggunaan ruangan bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan jenis ini tidak hanya bisa Anda temukan di luar negeri, di tanah air juga bisa Anda jumpai. Apa saja? Ini dia bocorannya!
Nampak atas stadion surabaya, sumber: suarasurabaya.net

1. Stadion dan Fasilitas Pelatihan Softball Surabaya

Bangunan ini merupakan fasilitas umum yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Surabaya dalam bermain olahraga sofbol. Olahraga ini merupakan jenis olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim.

2. Gedung MPR dan DPR

Selain di Surabaya, Anda bisa menjumpai jenis bangunan ini pada gedung MPR dan DPR RI yang berada di area Jakarta. Hal yang menarik adalah, area nusantara I atau lokawirasabha dengan tinggi 100 meter berlantai 24 ini memiliki kemiringan hingga 7 derajat.

3. Teater Imax Keong Emas

Teater imax keong mas adalah gedung yang berbentuk seperti keong raksasa. Bangunan ini didirikan pada tahun 1984 sebagai tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus dengan teknologi canggih yang diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto.

Demikianlah bahasan tentang struktur bentang lebar, jenis dan contohnya. Jika Anda hendak membangun struktur bangunan, pastikan memilih jenis struktur bangunan yang tepat agar unsur fungsional bisa lebih maksimal. Untuk informasi lengkapnya, hubungi kami segera dan baca juga tulisan dengan judul arah rumah yang baik berdasarkan tradisi fengshui ini.

Atap merupakan salah satu bagian penting dalam bangunan, termasuk juga rumah. Atap berfungsi sebagai garis pertahanan pertama dari semua gangguan lingkungan. Seiring berjalannya waktu atap telah banyak mengalami revolusi, termasuk atap rumah datar dan miring. Masing masing rumah, baik rumah atap miring atau datar memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Kemiringan sebuah atap adalah ukuran sudut atap rumah itu sendiri. Kemiringan pada atap kemudian menentukan seberapa curam atap, juga sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan jenis material atap yang paling efektif untuk melindungi penghuni rumah.

Kelebihan Rumah Atap Miring

Untuk lebih tergambar, berikut ini kami berikan paparan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan dari model rumah atap miring. Pada poin pertama kita akan bahas dulu aspek kelebihannya. Apa saja kelebihan yang bisa Anda dapatkan? Ini dia ulasannya!

1. Tampilan dan Fleksibilitas

Rumah atap miring bisa dibuat dengan berbagai desain, bentuk dan ukuran. Mulai dari atap miring dua sisi yang sederhana sampai bentuk yang lebih rumit dengan mengombinasikan beberapa ketinggian atap yang berbeda.

Atap merupakan salah satu bagian penting dalam bangunan, termasuk juga rumah. Atap berfungsi sebagai garis pertahanan pertama dari semua gangguan lingkungan. Seiring berjalannya waktu atap telah banyak mengalami revolusi, termasuk atap rumah datar dan miring. Masing masing rumah, baik rumah atap miring atau datar memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.
Tampilan rumah atap miring, sumber: 99.co

Selain tampilan, aspek fleksibilitas atap miring menjadi faktor yang melandasi banyak orang yang menyukainya, memungkinkan penghuni rumah untuk mendesain atap rumahnya sesuai dengan apa yang disukainya.

2. Aliran Panas

Setiap bangunan dengan atap miring lebih efektif dalam hal energi dibandingkan dengan bangun atap datar. Perbedaan tersebut berakibat pada isolasi termal yang lebih tinggi dengan membatasi atap yang terkena sinar matahari. Sedangkan pada atap datar, hampir semua bagian akan terpapar oleh sinar matahari sepanjang hari.

3. Hemat Energi

Desain rumah atap miring memungkinkan ventilasi alami antara lingkungan luar dan interior bangunan, menjaga keseimbangan antara keduanya. Hal tersebut akan meminimalisasi penggunaan peralatan elektronik pendingin atau pemanas ruangan.

4. Perlindungan dari Bahaya Lingkungan Luar

Rumah atap miring lebih kuat untuk menahan air hujan, salju dan angina. Bentuk segitiga dari atap miring menjadikannya lebih stabil, lebih kuat dan memperlancar aliran air. Sedangkan pada atap datar sangat rentan terhadap penumpukan air yang tersumbat bahkan kotoran.

5. Bisa Bikin Loteng

Jenis atap miring memungkinkan bagi Anda untuk membuat ruangan tambahan atau ruangan penyimpanan di bawahnya yang biasa kita sebut dengan loteng. Sedangkan pada atap datar tidak mempunyai loteng, karena tidak ada area batas di bawah atap. Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan area jika luas rumah Anda terbatas.

Jenis atap miring memungkinkan bagi Anda untuk membuat ruangan tambahan atau ruangan penyimpanan di bawahnya yang biasa kita sebut dengan loteng. Sedangkan pada atap datar tidak mempunyai loteng, karena tidak ada area batas di bawah atap. Hal ini tentunya bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan area jika luas rumah Anda terbatas.
Nampak loteng minimalis pada rumah atap miring, sumber: dekoruma.com

6. Daya Tahan Lebih Awet

Pada rumah atap datar, Anda membutuhkan pemeliharaan sistem drainase atau aliran air yang rutin untuk menghindari mampet. Hal tersebut berbeda sama sekali dengan rumah atap miring yang umumnya jarang membutuhkan perbaikan, karena air dan kotoran akan otomatis jatuh ke bawah.

Selain beberapa kelebihan di atas, ada beberapa masalah pada miring, karena memang tidak ada hal yang sempurna. Masalah paling umum dari model atap miring adalah proses pemasangan yang tidak tepat atau kurangnya perawatan.

Umumnya, atap rumah yang sudah tua secara alami akan mengalami lebih banyak masalah daripada atap baru, tetapi dengan inspeksi rutin dan perbaikan yang berkelanjutan, Anda bisa memperpanjang umur dan daya tahan atap rumah hunian Anda.

Kekurangan Rumah Atap Miring

Selanjutnya, kami juga memberikan paparan lanjutan mengenai kekurangan dari model atap rumah miring. Apa saja kekurangan yang akan didapatkan? Simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Kerusakan Karena Angin

Proses pemasangan atap yang tidak sempurna, adanya celah, kerusakan pada bagian luar atap merupakan beberapa penyebab yang bisa meningkatkan risiko kerusakan pada model atap miring yang disebabkan angin kencang.

Di saat angin kencang, angin tersebut akan masuk melalui celah celah yang ada. Seiring dengan terakumulasinya tekanan angin yang masuk akan membuat tekanan pada bagian dalam atap semakin tinggi. Karena itu, merawat atap model miring sangat penting Anda lakukan secara rutin.

2. Kebocoran

Dari setiap masalah yang berkenaan dengan atap rumah, kebocoran merupakan yang paling sering terjadi pada model atap satu ini. Sebab, atap miring memang dapat mengalirkan air lebih lancar, namun sebagian besar rumah menggunakan genteng atau galvalum sebagai atap sehingga sangat rawan timbulnya celah.

Dari setiap masalah yang berkenaan dengan atap rumah, kebocoran merupakan yang paling sering terjadi pada model atap satu ini. Sebab, atap miring memang dapat mengalirkan air lebih lancar, namun sebagian besar rumah menggunakan genteng atau galvalum sebagai atap sehingga sangat rawan timbulnya celah.
Rawan kebocoran, sumber: suara.com

Kebocoran sangat sering terjadi pada area dengan lalu lintas terlalu tinggi, atau area yang sering dilalui air. Misalnya pada area pertemuan dua sisi atap miring. Sehingga, pada area tersebut menuntut Anda untuk memberikan perhatian dan perlindungan tambahan.

3. Pengerjaan yang Tidak Tepat

Untuk menghasilkan atap rumah yang berkualitas, Anda membutuhkan pekerja ahli yang sudah berpengalaman. Karena model atap miring tidak bisa dikerjakan oleh sembarangan orang, sebagaimana pada atap datar.

Pada atap datar, Anda bisa saja melakukannya sendiri. Sebab, kebanyakan model atap datar menggunakan atap cor. Sedangkan pada atap miring, pemasangan dan penyusunan gentingnya satu per satu dan harus dikerjakan dengan teliti.

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan dan pemeriksaan rutin pada atap merupakan langkah penting yang bisa Anda amalkan untuk melindungi kinerja dan daya tahan atap. Pemeriksaan ini perlu dikerjakan terlebih setelah turunnya hujan deran, angin kencang atau gempa. Sebab, atap miring dari genteng sangat rentan mengalami pergeseran ketika ada tekanan atau goncangan tinggi.

Demikianlah tulisan singkat yang bisa kami berikan pada Anda, semoga bermanfaat. Ada tema tulisan yang menarik sekali untuk Anda beca. Tulisan berjudul arah rumah yang baik berdasarkan tradisi fengshui ini kami rekomendasikan pada Anda.