Artikel yang berhubungan dengan konstruksi, pembangunan, arsitektur dan sejenisnya

Dalam membangun sebuah rumah konstruksi menjadi pertimbangan utama dari desain yang telah dibuat. Kekokohan konstruksi rumah sangat penting untuk diperhitungkan dengan baik. Tujuannya tentu agar hunian yang ditempati tetap aman dan terhindar dari berbagai resiko. Salah satu konstruksi yang mulai banyak digunakan adalah rumah tahan gempa.

Letak geografis di Indonesia yang rawan terjadinya gempa bumi. Membuat konstruksi rumah tahan gempa menjadi solusi yang tepat. Dengan konstruksi seperti ini bangunan rumah tidak akan mudah roboh/ambruk bila terkena guncangan salah satunya adalah guncangan gempa bumi.

Dengan adanya konstruksi rumah tahan gempa akan sangat membantu dalam mengurangi berbagai resiko yang terjadi. Sehingga akan sangat baik bila setiap rumah yang dibangun memiliki konstruksi yang kuat, kokoh, dan tahan terhadap guncangan. Seperti contoh rumah tahan gempa pupr yang dikembangkan untuk wilayah Indonesia yang rawan terjadi gempa.

Mengenal Rumah Tahan Gempa

Desain konstruksi bangunan tahan gempa, sumber dpu.kulonprogokab.go.id
Desain konstruksi bangunan tahan gempa, sumber: dpu.kulonprogokab.go.id

Rumah tahan gempa adalah bagunan yang di desain dari segi konstruksi mampu menahan atau meredam gempa dengan mempertahankan sikap posisinya dari keruntuhan. Memiliki sifat konstruksi yang fleksibel untuk meredam getaran gempa yang terjadi.

Bagunan tahan gempa dirancang dan diperhitungkan secara analisis mulai dari kombinasi beban, penggunaan material, dan penempatan strukturnya. Sehingga bentuk konstruksi dari rumah tahan gempa mampu mendistribusikan beban dengan baik. Inilah yang membuat bangunan tidak mudah ambruk saat terjadi guncangan gempa bumi.

Sehingga bangunan dengan konstruksi tahan gempa sangatlah bermanfaat bila bisa diterapkan pada semua jenis bangunanan. Karena bila bangunan mudah ambruk bukan hanya merugikan dari sisi material saja. Namun, bisa juga menimbulkan banyak korban akibat reruntuhan bangunan yang ambruk.

Salah satu cara yang tepat selain pembekalan diri terhadap mitigasi bencana adalah dengan pembangunan rumah tahan gempa. Dengan begitu jika terjadi gempa sewaktu-waktu bangunan rumah dalam kondisi siap menerimanya. Karena struktur konstruksi yang dibangun dari awal dirancang khusus untuk meredam dan menahan guncangan.

Ciri-Ciri Rumah Tahan Gempa

Penggunaan struktur baja, sumber blkp.co.id
Penggunaan struktur baja, sumber: blkp.co.id

Ada beberapa ciri-ciri rumah tahan gempa yang membedakannya dengan bagunan rumah pada umumnya. Jika dilihat sekilas memang tidak ada perbedaan yang signifikan namun, dari segi konstruksi bangunan memiliki perbedaan. Berikut ini ciri-ciri rumah tahan gempa.

  • Memiliki bobot bangunan yang ringan untuk menghindari resiko runtuh yang lebih besar.
  • Struktur bangunan yang sederhana, compact , dan simetris serta memiliki kemampuan menahan beban yang lebih besar.
  • Ketinggian rumah tidak melebihi empat kali lebar bangunan.
  • Menggunakan struktur beton bertulang yang lebih monolit.
  • Pondasi bangunan yang dibuat dengan kedalaman 60 cm hingga 75 cm. Pada tanah yang memiliki tekstur keras dan stabil. 

Keuntungan Rumah Tahan Gempa

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan bila membangun rumah tahan gempa. Keuntungan yang didapatkan dapat dilihat dari rumah tahan gempa Jepang yang lebih dulu menerapkannya. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapatkan diantaranya:

  • Mengurangi resiko korban terkena reruntuhan bangunan saat terjadi gempa.
  • Menjaga kondisi rumah tetap baik saat terjadi guncangan gempa.
  • Biaya yang cukup terjangkau dalam pembangunannya.
  • Memiliki struktur bangunan yang kuat dan kokoh.
  • Mudah dalam pembangunan konstruksi karena tidak memiliki desain yang rumit.
  • Jenis bangunan permanen sehingga tidak dapat bergerak atau pindah posisi akibat pergerakan tanah saat terjadi gempa.

Cara Membangun Rumah Tahan Gempa

Desain modern rumah tahan gempa, sumber kompas.com
Desain modern rumah tahan gempa, sumber: kompas.com

Cara membangun rumah tahan gempa tidaklah sulit untuk dilakukan. Ditambah budget yang diperlukan juga tidak begitu besar bila dibandingkan dengan pembangunan rumah pada umumnya. Di Indonesia sendiri pembangunan rumah tahan gempa sudah banyak yang melakukannya.

Hal ini tentunya sejalan dengan kesadaran akan pentingnya keamanan hunian. Dimana, bukan hanya memikirkan dari aspek artistik bentuk rumah namun keselamatan penghuni rumah yang juga turut dipikirkan.

Berikut ini bisa Anda ikuti beberapa cara membangun rumah tahan gempa diantaranya:

1. Memilih Jenis Tanah Berdirinya Rumah yang Tepat

Khusus untuk bagunan dengan konsep tahan gempa. Jenis tanah berdirinya bangunana tidak boleh sembarangan. Karena akan berdampak pada kekuatan struktur pondasi bangunan rumah. Sehingga jenis tanah yang umumnya dipilih sebagai lokasi tempatnya didirikan bagunan rumah adalah yang keras dan padat.

2. Desain Pondasi Khusus Struktural

Pondasi memiliki peranan yang cukup vital pada sebuah konstruksi bangunan begitu juga dengan rumah tahan gempa. Pondasi yang didesain khusus struktural dengan kedalaman tanah sekitar 60 cm sampai dengan 80 cm. Untuk meningkatkan faktor akurasi dari kedalaman atau jenis pondasi yang digunakan dapat ditempuh dengan uji sondir.

3. Membuat Desain Bagunan Rumah yang Simetris

Desain bangunan yang simetris sangatlah membantu dalam menjaga keseimbangan struktur bangunan. Hal ini dikarenakan bila desain bangunan dibuat secara asimetris dapat membuat gaya torsi struktur bagunan cukup besar. Sehingga tidak cocok bila diterapkan pada bangunan rumah tahan gempa yang membutuhkan kesimbangan dan kekuatan struktur yang kokoh.

4. Menggunakan Struktur Bangunan Fleksibel

Dalam pembangunan struktur bangunan tahan gempa haruslah fleksibel. Tujuannya adalah agar bangunan rumah tidak cepat retak dan pecah saat terjadi gempa. Akibat dari struktur bagunan yang kaku. Sehingga sangat penting mendesain struktur bangunan yang memiliki gaya dinamis dan fleksibel.

5. Menggunakan Beton dan Besi Bertulang

Penggunaan perpaduan antara beton dan besi bertulang adalah kombinasi ideal dalam pembangunan konstruksi rumah tahan gempa. Hal ini dikarenakan kombinasi antara keduanya menghasilkan kekuatan konstruksi bangunan yang kuat dan tahan terhadap guncangan. Sehingga tidak mudah rusak saat terjadi gempa.

6. Penggunaan Sistem Dinding Rangka Beton

Tidak hanya dari segi pondasi dan struktur bangunan sistem pembuatan dinding rumah juga perlu untuk diperhatikan. Penggunaan sistem dinding rangka beton bertulang dan dinding berinsulasi adalah pilihan yang tepat. Hal ini dilakukan agar dinding lebih kuat saat terjadi guncangan gempa.

7. Memilih Kontraktor yang Berpengalaman

Untuk mewujudkan rumah tahan gempa penggunaan kontraktor yang berpengalaman menjadi pilihan yang tepat. Dengan penggunaan jasa kontraktor pembangunan konstruksi bangunanan rumah akan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan. Selain itu, kualitas bangunan juga akan terjamin kekuatan, keawetan, dan keamanan bagi para penghuninya.

Seperti perusahaan konstruksi di Jakarta Selatan PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) merupakan general kontraktor yang berpengalaman dan memiliki sertifikasi. Jadi, bisa menjadi pilihan jasa kontraktor pilihan Anda dalam membangun rumah tahan gempa.

Dari berbagai penjelasan yang telah disampaikan tentunya menambah informasi dan juga kesadaran Anda tentang pentingnya rumah tahan gempa. Banyak keuntungan yang tentunya didapatkan dengan memiliki hunian yang tahan akan guncangan gempa. Selain itu biaya pembangunannya pun tidak begitu besar dan masih bisa dijangkau oleh siapa saja.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. jangan lupa untuk tetap selalu update informasi bermanfaat dan menarik lainnya hanya di laman PT Adiprana Sentosa Indovesco.

Struktur Bangunan Tinggi – Perkembangan yang pesat di dunia konstruksi telah mampu membawa manusia di dunia menuju sebuah pengembangan sedemikian rupa, yang salah satu hasilnya adalah hadirnya gedung-gedung tinggi yang sering disebut dengan gedung pencakar langit. Istilah tersebut menggambarkan betapa tinggi bangunannya.

Sekarang, banyak sekali orang yang berlomba-lomba dalam membangun gedung tinggi ini, dengan berbagai macam motif. Mulai dari motif pamer hingga sebagai sebuah entitas bisnis. Dan biasanya bangunan yang menjulang tinggi ke atas ini adalah solusi untuk menghemat lahan yang terbatas.

Mungkin kebanyakan dari kita bertanya-tanya bagaimana bisa sebuah bangunan yang menjulang tinggi bahkan sudah berusia puluhan tahun namun tetap berdiri dengan kokoh dan megahnya. Nah salah satu alasan dari hal tersebut terletak pada struktur bangunannya yang dirancang dengan sempurna.

Umumnya, ada dua jenis struktur bangunan yang awam diketahui oleh masyarakat, yaitu struktur atas dan struktur bawah. Namun, secara khusus ada kemudian yang membaginya menjadi 3 jenis, struktur atas, tengah dan bawah. Apapun pembagian jenisnya, intinya kombinasi setiap bagian tersebut yang membuat struktur bangunan tinggi kokoh.

Mengenal Struktur Bangunan Tinggi

Struktur bangunan tinggi merupakan istilah untuk menyebut sebuah bangunan yang mempunyai struktur yang tinggi. Penambahan ketinggian bangunan biasanya dilakukan guna menambah aspek fungsional dari bangunan tersebut atau agar daya tampungnya lebih banyak lagi, seperti bangunan apartemen, perkantoran, rumah sakit atau gedung kampus.

Tampilan bangunan tinggi, sumber: pixabay.com
Tampilan bangunan tinggi, sumber: pixabay.com

Sekarang ini, dengan perkembangan teknologi, ada berbagai jenis teknologi yang diterapkan untuk pembangunan gedung tinggi bertingkat. Khususnya pada aspek tipe struktur bangunannya, ada beberapa struktur bangunan tinggi yang sering digunakan, antara lain adalah:

  • Sistem struktur gedung bertingkat rangka bracing
  • Sistem struktur rangka kaku
  • Sistem bingkai dinding wall frame (sistem ganda)
  • Sistem dinding geser
  • Sistem struktur gedung bertingkat core and outrigger
  • Sistem struktur gedung bertingkat infilled frame
  • Flat plate and flat slab structural system
  • Sistem gedung bertingkat struktur tabung

Struktur Bangunan Tinggi Dunia dan Indonesia

Di dunia ini ada banyak sekali bangunan tinggi yang berhasil diciptakan oleh berbagai Negara, antara lain seperti Canton Tower dan Shanghai Tower di China, Abraj Al bait Towers di Arab Saudi, Kovr Tower dan KRDK-TV MAST di Amerika Serikat, Tokyo Skytree di Jepang, Petronius Platform di Meksiko dll. Selain di dunia, di Indonesia juga ada banyak bangunan tinggi. Antara lain seperti:

Gama Tower

Dalam beberapa waktu ke belakang, gama tower adalah gedung tertinggi di tanah air yang memiliki ketinggian mencapai 285,5 meter dengan total lantai 64. Dan dimanfaatkan sebagai hotel dan perkantoran di daerah Kuningan, Jaksel.

Treasury Tower

Pada urutan kedua bangunan tinggi di Indonesia adalah treasury tower. Gedung tinggi ini adalah rangkaian dari beberapa bagian yakni dengan empat buah bangunana, yakni tiga gedung perkantoran dan hotel. bangunan ini berada di District 8 at SCBD. Adapun ketinggiannya adalah 279,5 meter.

Wisma 46

Sebagaimana namanya, wisma 46 ini memiliki 46 lantai dengan bentuk seperti kurva. Meskipun bangunan satu ini sudah berusia puluhan tahun, namun sampai sekarang masih bisa beroperasi dan menjadi kantor utama dari Bank BNI dengan nama BNI City Tower.

Menara Astra

Menara astra ini adalah gedung yang dimiliki oleh PT Astra Internasional ini adalah salah satu gedung tinggi pencakar langit di Indonesia. Adapun ketinggiannya mencapai 261,5 meter dan menempati urutan ke 156 se Asia.

Menara astra, sumber: google.com
Menara astra, sumber: google.com

Nah selain beberapa gedung tinggi di atas, masih banyak lagi gedung lainnya yang juga masuk kategori struktur bangunan tinggi. Di antaranya seperti:

  • Sahid Sudirman Center dengan tinggi 258 meter
  • Hotel Raffles dengan tinggi 257 meter
  • Millennium Centennial Center dengan tinggi 154 meter
  • The Pakubuwono Signature dengan tinggi 252 meter
  • Sinarmas MSIG Tower dengan tinggi 245 meter
  • World Capital Tower dengan tinggi 244 meter dan
  • Autograph Tower Thamrin Nine dengan tinggi 382,9 meter

Tantangan Konstruksi Bangunan Tinggi Masa Kini

Meskipun struktur bangunan tinggi sekarang ini sudah didukung dengan kemajuan teknologi yang memadai, namun masih ada saja tantangan dan kendala yang dihadapi oleh dunia konstruksi bangunan tinggi masa kini, di antara tantangan tersebut adalah:

  • Lingkungan yang agresif, yaitu angin dan lain-lain
  • Kondisi lapangan yang relatif sulit
  • Sistem dan perilaku struktur yang tidak sederhana, khususnya terhadap gempa dan
  • Umur rencana yang lebih panjang.

Beberapa tantangan di atas, tidak perlu menjadi masalah yang membuat Anda pusing. Sebab, sekarang ini ada banyak jasa konstruksi bangunan yang sudah mampu mengatasinya. Salah satunya adalah PT. Adiprana Indovesco.

PT Adiprana Indovesco Sahabat Konstruksi Andalan

PT. Adiprana Indovesco adalah perusahaan konstruksi di Jakarta Utara yang menawarkan General Kontraktor, yang dilengkapi dengan banyak tenaga kerja berpengalaman dan peralatan kerja yang lengkap. Selain dikerjakan dengan tepat waktu, setiap proyek pun selalu mengedepankan mutu yang tinggi. Selain itu, kelebihan lain yang juga bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa kami adalah:

Adiprana jasa konstruksi profesional, sumber: pixabay.com
Adiprana jasa konstruksi profesional, sumber: pixabay.com
  • Sudah berpengalaman, Anda bisa melihat halaman referensi pekerjaan gedung dan interior di website resmi kami
  • Sebagai total solution yang memberikan paket lengkap, bukan hanya pembangunan namun juga pada tahap perencanaannya.
  • Pekerja yang terlatih dan profesional saja yang dipekerjakan
  • Keamanan dan keselamatan bangunan adalah prioritas kami, untuk itu kami selalu merancang bangunan dengan standar keamanan yang tinggi.
  • Ketelitian adalah salah satu nilai lebih dari jasa kami. Sebab, hanya dengan ketelitian saja sebuah konstruksi bisa menghasilkan bangunan yang kokoh sesuai harapan klien.

Jadi tunggu apalagi, jika sekarang ini Anda sedang membangun atau merencanakan pembangunan pilihan tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamanahkannya pada jasa terbaik, profesional dan membukan ruang konsultasi untuk Anda, yakni PT Adiprana Indovesco.

Apakah Anda pernah memiliki keinginan untuk mendesain sendiri bangunan rumah impian Anda di masa depan? Memiliki keinginan seperti ini tentunya adalah sesuatu yang wajar. Sebab bangunan rumah bisa menjadi salah satu identitas manusia. Dengan merancangnya sendiri, tentu akan semakin terlihat ciri khas dari rumah tersebut. Namun, desain bangunan tidak bisa dibuat secara asal-asalan.

Di zaman yang semakin melek dengan teknologi ini, para arsitek semakin dimanjakan dengan kehadiran berbagai aplikasi pembuat desain bangunan. Bahkan aplikasi tersebut tidak hanya bisa digunakan oleh arsitek, tetapi juga bisa digunakan oleh orang awam sekali pun. Namun perlu diingat bahwa Anda harus mengetahui pengetahuan dasar mengenai penggunaan aplikasinya.

Jadi, jika Anda merasa belum berpengalaman dalam bidang pembuatan desain bangunan, Anda dapat mempercayakan tugas tersebut kepada seseorang yang memang ahli di bidangnya yaitu sang arsitek.

Tugas Utama Arsitek Adalah Membuat Desain Bangunan

Membuat sebuah desain bangunan. Sumber: kompas.com
Membuat sebuah desain bangunan. Sumber: kompas.com

Pada umumnya, arsitek adalah seseorang yang memiliki tugas untuk merancang dan membuat desain bangunan sesuai dengan permintaan dari kliennya. Tidak hanya membuat desain rumah, tetapi arsitek juga harus mampu membuat desain sebuah gedung serbaguna, kantor, dan berbagai jenis bangunan lainnya.

Proses menggambar desain suatu bangunan ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak cepat. Banyak proses yang harus dilalui, misalnya seperti berdiskusi dengan klien mengenai konsep bangunan seperti apa yang mereka inginkan.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, seorang arsitek harus menuangkan idenya melalui sebuah gambar desain bangunan yang nantinya akan menjadi acuan atau blue print bangunan itu sendiri. Saat ini, para arsitek lebih memanfaatkan software atau aplikasi yang sudah tersedia dibandingkan harus menggambarnya secara manual.

Aplikasi Desain Bangunan Populer Yang Digunakan Arsitek

Kemudahan yang diberikan dari majunya teknologi saat ini tentunya juga dimanfaatkan di bidang arsitektur. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi desain bangunan yang di dalamnya terdapat fitur-fitur canggih yang bisa menghemat waktu pekerjaan. Beberapa aplikasi dibawah ini bisa jadi rekomendasi bagi arsitek pemula hingga yang profesional.

1. Aplikasi AutoCAD Architecture

Aplikasi autoCAD architecture. Sumber: radient
Aplikasi autoCAD architecture. Sumber: radient

Kebanyakan dari arsitektur pasti mengenal aplikasi satu ini. Ya, AutoCAD Architecture memang menjadi aplikasi yang paling sering digunakan dalam bidang arsitektur. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini telah dilengkapi berbagai tools yang dapat membantu arsitek untuk menggambar elemen-elemen dalam bentuk 2D dan 3D seperti lantai, atap, jendela, pintu, dan sebagainya.

Beberapa keunggulan lain yang dimiliki AutoCAD Architecture yaitu aplikasi ini memiliki interface yang cukup sederhana sehingga pengguna bisa dengan mudah menggunakan dan mempelajari setiap toolsnya.

2. Autodesk Revit

Gambaran aplikasi autodesk revit.jpg. Sumber: autodesk.net
Gambaran aplikasi autodesk revit.jpg. Sumber: autodesk.net

Latar belakang dibangunnya sebuah aplikasi dengan menggunakan teknologi yang canggih agar dapat menghasilkan desain yang lebih berkualitas dan memiliki keakuratan yang tinggi. Salah satu aplikasi yang dapat mewujudkan harapan itu adalah Autodesk Revit.

Selain kelebihannya yang fungsional, aplikasi Autodesk Revit dapat memberikan informasi bangunan pemodelan alur kerja, sehingga dengan itu arsitek bisa menganalisa setiap konsep, dokumentasi dan pembangunan proyek secara keseluruhan.

3. Chief Architect

Model 3D dari aplikasi chief architect. Sumber: chiefarchitect.com
Model 3D dari aplikasi chief architect. Sumber: chiefarchitect.com

Satu lagi aplikasi yang cukup mudah digunakan baik untuk yang pemula maupun profesional. Ia adalah aplikasi Chief Architect. Aplikasi yang disebut memiliki lebih dari 12.000 model interior ini tentunya sangat memberikan kemudahan bagi Anda yang sedang merancang sebuah desain bangunan yang meliputi desain interior dan eksterior.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan pada fitur otomatisasi. Fitur ini dapat digunakan saat proses perancangan desain bangunan dan renovasi, yang mana prosesnya tidak hanya sangat cepat, tapi juga akurat.

4. Aplikasi Desain Bangunan Punch

Punch Software. Sumber: steamtastic
Punch Software. Sumber: steamtastic

Anda tidak perlu meragukan kualitas dari aplikasi ini. Punch menyajikan performa yang dapat menghasilkan desain realistis dengan tingkat kualitas yang mendekati sempurna. Tidak hanya itu, performa yang optimal ini membuat proses kerja pembuatan desain bangunan bisa menjadi lebih cepat. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk menguras waktu yang banyak apabila proyek yang dijalani cukup besar.

Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli lisensi aplikasi ini, yang mana harganya memang lebih malah. Namun, harga tersebut sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

5. Sketch Up

Aplikasi SketchUp. Sumber: thefuturisticlovers
Aplikasi SketchUp. Sumber: thefuturisticlovers

Aplikasi Sketch Up dapat membantu Anda dalam membuat desain bangunan dengan waktu yang terbilang cepat. Tidak hanya disukai oleh para arsitek profesional, aplikasi ini juga sering digunakan oleh para siswa yang membutuhkan software dengan fitur 3D di dalamnya.

Kehadiran plugin tambahan pada aplikasi ini menjadi alasan lain yang membuat pengguna nya betah mengoperasikan Sketch Up. Anda bisa mendapatkan gambar yang realistis dan pencahayaan yang bagus dengan memadukan aplikasi ini dengan perender Vray.

6. Design Dimension

Aplikasi Design dimension yang berbasis pada sistem operasi android ini berguna untuk pekerjaan arsitek dalam mengatur dimensi ruangan rumah atau ruangan secara lebih mudah. Sebab fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengkonversi ukuran dimensi suatu benda yang nantinya akan ditempatkan pada ruangan rumah. Dengan menggunakan aplikasi ini arsitek akan lebih mudah dalam mengatur dan memperkirakan segala perhitungan yang dibutuhkan sebelum dimulainya pembangunan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi dari aplikasi pembuat desain bangunan yang bisa menjadi acuan Anda. Bila Anda belum memiliki kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi ini, Anda bisa mempercayakan pembuatan desain bangunan impian Anda pada PT. Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI), penyedia jasa kontraktor dan perusahaan konstruksi yang juga handal dalam bidang arsitektur bangunan. Segera hubungi kontak WhatsApp kami untuk informasi lebih lanjut.

Keramik Motif Kayu untuk Dinding – Menciptakan suasana nyaman dan hangat pada sebuah ruangan adalah harapan semua orang. Terlebih dinding adalah salah satu elemen terpenting yang perlu diperhatikan saat akan membangun suasana ruangan.

Keramik dinding menjadi jawaban kebanyakan orang dalam mewujudkan ruangan impian mereka. Tentunya karena keramik sendiri memiliki sifat kedap air dan tahan lama yang cocok untuk diaplikasikan pada sebuah ruangan.

Ditambah dengan banyaknya ragam motif yang tersedia membuat mereka bebas untuk me-mix and match pada konsep ruangan mereka.

Dari banyaknya motif tersebut, keramik motif kayu menjadi salah satu keramik yang paling banyak digunakan. Dengan aksen kayunya yang memiliki warna kecoklatan, tidak pernah salah dalam memberi kesan hangat pada sebuah ruangan. 

Ragam Model Keramik Motif Kayu 

Tak hanya motif keramik lantai yang beragam namun keramik motif kayu untuk dinding juga memiliki beragam model dengan motif dan bahan yang berbeda.

Namun dengan banyaknya model yang tersedia, jangan sampai anda memilih secara sembarangan. Perlu mempertimbangkan keserasian dan keseimbangan dengan konsep ruangan anda.

Maka sebelum anda memilih keramik motif kayu untuk dinding anda, mari simak terlebih dahulu informasi mengenai ragam model yang ada. Berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini.

1. Keramik Motif Kayu Balok Horizontal

Keramik Motif Kayu Horizontal Dinding. Sumber: Pinterest.com
Keramik Motif Kayu Horizontal Dinding. Sumber: Pinterest.com

Dinding ruangan akan terlihat semakin indah dan cantik jika menggunakan model keramik motif kayu yang dipasang secara horizontal.

Dengan penyusunannya secara horizontal tak beraturan akan memberikan kesan abstrak yang apik pada dinding anda.

Ditambah model keramik ini juga memiliki kombinasi 3 warna coklat kayu sehingga memberikan kesan 3d yang menarik.

Model ini sangat cocok jika digunakan pada ruang tamu anda, dengan kesan abstrak dan 3dnya tentu akan menarik perhatian para tamu yang datang ke hunian anda.

2. Keramik Motif Kayu Balok Vertikal

Keramik Motif Kayu Vertikal Dinding. Sumber: printmyspace.com
Keramik Motif Kayu Vertikal Dinding. Sumber: printmyspace.com

Jika model pertama tadi disusun secara vertikal, model kedua kali ini disusun secara vertikal. Model kayu ini bisa menciptakan tampilan yang sederhana tetapi sangat natural dan fenomenal pada waktu yang bersamaan.

Memiliki motif kayu persis dengan yang ada di alam, memberikan kesan nature yang menenangkan pada dinding anda. Tak hanya itu motif ini banyak ditemukan pada rumah-rumah yang ada di pedesaan.

Sehingga walau anda tinggal di pusat kota yang sibuk dan ramai, setidaknya dengan menggunakan model keramik ini anda bisa merasakan ketenangan dan kehangatan yang ada di pedesaan.

Jika anda menempatkan model ini pada kamar tidur anda, istirahat anda akan terasa lebih nyaman dan tenang.

3. Keramik Motif Kayu Anyaman

Keramik Motif Kayu Anyaman Dinding. Sumber: oshkoshdesigns.com
Keramik Motif Kayu Anyaman Dinding. Sumber: oshkoshdesigns.com

Daya tarik dari pola anyaman ini adalah tampilannya yang sederhana namun tidak pernah gagal menciptakan kesan klasik pada ruangan anda.

Dengan pola anyaman tersebut akan mengubah ruangan sederhana anda menjadi ruangan bak kastil kerajaan eropa yang khas dengan keklasikan dan elegannya.

Pada model ini juga memiliki warna kayu dengan gradasi warna yang berbeda. Warna coklat kayu yang jarang ditemui membuat tampilan dinding semakin unik. Dengan permainan gradasi warna tersebut bisa membuat orang kagum akan keunikan model keramik dinding satu ini.

4. Keramik Motif Kayu Persegi Kecil-kecil

Keramik Motif Kayu Persegi Kecil-kecil Dinding. Sumber: livinator.com
Keramik Motif Kayu Persegi Kecil-kecil Dinding. Sumber: livinator.com

Ingin kamar tidur terlihat lebih manis dan imut? tak ada salahnya untuk menggunakan model keramik motif kayu yang  berbentuk persegi kecil-kecil.

Alih-alih menggunakan hanya satu warna kayu, model ini memiliki banyak kombinasi warna yang diambil dari gradasi kayu. 

Kombinasi warna yang apik bisa merubah suasana ruangan yang tadinya anda rasa polos dan membosankan bisa menjadi ruangan yang lebih hidup, berwarna dan artistik.

5. Keramik Motif Kayu Segitiga

Keramik Motif Kayu Segetiga Dinding. Sumber: pinterest.com
Keramik Motif Kayu Segetiga Dinding. Sumber: pinterest.com

Memiliki bentuk yang tidak biasa yakni segitiga tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi model ini. Sehingga model ini akan cocok pada anda yang menyukai hal unik dan menarik.

Supaya terlihat lebih modern dan artsy anda bisa menambahkan sentuhan  lampu modern yang pada keramik motif kayu ini. 

Dengan mengarahkan sinarnya ke arah keramik motif kayu tersebut menghasilkan warna kuning kayu yang menambah kehangatan pada rumah anda.

6. Keramik Motif Kayu Bentuk Campuran

Keramik Motif Kayu Bentuk Campuran Dinding. Sumber: google.com
Keramik Motif Kayu Bentuk Campuran Dinding. Sumber: google.com

Bosan dengan model keramik yang satu bentuk, kini terdapat model keramik motif kayu bentuk campuran untuk dinding anda.

Selain bentuknya model ini memadukan berbagai warna kayu seperti coklat tua, cokelat muda hingga abu-abu, serta bermain dalam teknik pemasangan keramik pada dinding dengan pola tertentu seperti zig-zig atau herringbone.

Dengan permainan warna dan teknik pemasangan yang dipakai pada model tersebut tentu akan memberikan kesan dramatis yang apik pada ruangan anda.

7. Keramik Motif Kayu Berserat

Keramik Motif Kayu Serat Dinding. Sumber: home-designing.com
Keramik Motif Kayu Serat Dinding. Sumber: home-designing.com

Keunggulan lain dari keramik motif kayu adalah ukiran serat alami yang dimiliki kayu. Daya tarik ini tentu tidak diabaikan oleh sang pencipta model-model keramik.

Aksen serat alami yang ada membuat tampilan dinding menjadi lebih natural. Selain itu, model ini juga menciptakan kesan rustic yang menarik meskipun warnanya tidak sama. 

8. Keramik Motif Kayu Abstrak

Keramik Motif Kayu Abstrak Dinding. Sumber: courtina.id
Keramik Motif Kayu Abstrak Dinding. Sumber: courtina.id

Model keramik yang terakhir ini mampu memberikan kesan ramai dan berantakan pada ruangan anda. Dengan kesan yang tercipta bisa ruangan anda kini tidak akan terlihat sangat monoton.

Tetapi anda tak perlu khawatir, walau motifnya yang abstrak model ini tetap cocok untuk ruangan anda yang berkonsep minimalis. 

Sentuhan model keramik motif kayu ini bisa diaplikasikan pada rumah konsep rustic maupun minimalis.

Nah itulah kedelapan model keramik motif kayu yang bisa kami ulas untuk anda. Diharapkan model-model yang disebutkan diatas bisa menjadi pertimbangan anda dalam memilih keramik motif kayu untuk diaplikasikan pada dinding rumah Anda.

Dalam pengerjaan konstruksi bangunan ada banyak sekali komponen penting yang perlu untuk diketahui dan diperhatikan. Tujuannya agar Anda dapat mengenal setiap komponen bangunan yang digunakan. Salah satu komponen yang sangat penting digunakan dalam konstruksi bangunan adalah sloof pondasi.

Komponen yang satu ini juga sama dengan jenis pondasi lainnya yang sangat penting untuk digunakan. Karena kualitas bangunan mulai dari ketahanan menahan beban struktur dan kekuatan  terhadap guncangan ditentukan dari jenis pondasi yang digunakan. Sehingga pondasi menjadi komponen bangunan yang selalu diperhitungkan dengan baik dan tepat.

Seperti sloof pondasi menjadi struktur bangunan yang tentunya, akan selalu digunakan untuk berbagai tipe bangunan. Karena fungsi dan perannya juga mendukung dalam membuat sebuah bangunan dapat berdiri dengan tegak dan kokoh. Untuk penjelasan lebih lanjutnya bisa Anda simak berikut ini.

Mengenal Sloof Pondasi

Balok pondasi bangunan, sumber rumah.com
Balok pondasi bangunan, sumber: rumah.com

Sloof pondasi adalah struktur dari konstruksi bangunan yang terletak di atas pondasi utama. Pembuatannya dilakukan pada saat pengerjaan dari pondasi utama bangunan sudah selesai dilakukan. Sebenarnya untuk penempatan bukan hanya di atas pondasi saja namun, ada juga yang meletakkannya pada permukaan tanah yang padat.

Penempatan dari pondasi ini tergantung dari penggunaan balok yang akan difungsikan pada konstruksi bangunanan. Jika balok yang digunakan difungsikan untuk menghubungkan antara dua pondasi atau lebih. Maka, balok harus ditempatkan di atas pondasi. Sedangkan bila balok difungsikan untuk mengurangi panjang kolom yang tidak disangga atau sebagai penopang dinding. Maka, ditempatkan di dekat dari permukaan tanah.

Jadi, untuk letak dari sloof pondasi akan disesuaikan dari fungsi balok pada bangunan. Namun, pada umumnya banyak diletakkan di atas dari pondasi utama bangunan. Karena kekuatannya dalam menahan beban struktur bangunan akan jauh lebih baik.

Fungsi Sloof Pondasi

Sloof yang sudah selesai dibuat, sumber pinhome.id
Sloof yang sudah selesai dibuat, sumber: pinhome.id

Sloof pondasi memiliki fungsi sebagai pengikat, pengunci, dan penopang dari dinding bangunan agar tidak mudah roboh saat terjadi pergeseran tanah. Dilansir dari laman Expert Civil, bahwa fungsi sloof pondasi sangatlah penting sebagai komponen  dari struktur bangunan. Dimana, memiliki peran sebagai balok pengikat  yang berguna untuk menahan semua tegangan akibat eksentrisitas elemen vertikal (kolom) pada pondasi suatu bangunan.

Dengan adanya penggunaan sloof maka, pondasi utama dari bangunan akan jauh lebih kuat menahan beban yang diterima. Karena selain berfungsi sebagai pengikat, membantu juga dalam pendistribusian beban secara merata pada pondasi utama bangunan. Sehingga pondasi utama bangunan tidak menerima beban dari atas secara langsung.

Jenis Struktur Sloof Pondasi

Sloof batu bata, sumber alialiakek100.blogspot.com
Sloof batu bata, sumber: alialiakek100.blogspot.com

Ada beberapa jenis sloof pondasi yang sering digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi dari sebuah bangunan yang diantaranya:

1. Besi

Material yang digunakan untuk pembuatannya terbuat dari besi. Tipe bangunan yang biasanya menggunakan jenis sloof ini seperti rumah dan gedung yang memiliki tingkat. Dengan menggunakan sloof jenis ini bangunan akan lebih kuat dan kokoh untuk menahan beban yang cukup besar dari atas.

2. Batu Bata

Strukturnya menggunakan material batu bata sering juga disebut dengan Rolag. Dalam pembuatannya sloof akan disusun dengan bentuk melintang mengikuti dari pondasi utama bangunan. Karena tidak memiliki ketahanan terhadap beban yang cukup kuat maka, jenis sloof ini tidak cocok untuk tipe bangunan yang bertingkat.

3. Kayu Solid

Penggunaan kayu sebagai material dari pembuatan sloof pondasi bangunan masih dapat digunakan. Hanya beberapa tipe bangunan tertentu yang bisa menggunakan jenis sloof ini. Bangunan yang banyak menggunakannya adalah rumah adat, rumah tradisional, dan rumah biasa yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai konstruksinya.

4. Beton Bertulang

Tersusun dari beberapa komponen seperti batu kali, besi tulangan, cincin. Membuat struktur sloof dengan material beton bertulang memiliki ketahanan terhadap beban cukup baik. Karena komposisi untuk membuat sloof jenis ini dilakukan dengan perhitungan yang baik dan tepat. Sehingga banyak yang menggunakan sloof jenis ini untuk pembangunan konstruksi bangunan lebih dari dua tingkat.

Cara Menghitung Ukuran Sloof Pondasi

Proses pemasangan rangka besi, sumber pinterest.com
Proses pemasangan rangka besi, sumber: pinterest.com

Dalam penerapannya sloof pondasi tidak dibuat begitu saja tanpa adanya sebuah perhitungan dan penyesuaian dengan konstruksi bangunan. Setiap bangunan memiliki tipe yang dibangun berdasarkan kebutuhan dan kegunaannya.

Biasanya ukuran sloof dan balok sama dimana, ukuran balok akan dibuat mengikuti dari ukuran sloof. Dalam pembuatanya ukuran dari lebar sloof akan disesuaikan dengan dimensi dari tembok bangunan. Jika ukuran tembok yang digunakan besar maka, ukuran sloof dan baloknya juga akan ikut menyesuaikan.

Untuk cara menghitung ukuran sloof pondasi bisa disimak penjelasan berikut ini diantaranya:

1. Menghitung Kebutuhan Besi

Dalam menentukan kebutuhan terhadap besi yang akan digunakan untuk pembuatan sloof. Dihitung berdasarkan ukuran, diameter, panjang dari area pondasi utama, cincin dan jarak sengkangnya. Hitung secara teliti dan benar agar jumlah dari besi yang akan digunakan sesuai dan cukup untuk pembuatan struktur sloof.

2. Menghitung Volume Sloof

Perhitungan volume sloof pondasi juga perlu untuk dilakukan agar ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, agar sloof yang dibuat dapat menahan beban bangunan secara lebih baik dan maksimal dalam pendistribusian bebannya. Untuk menghitung volume dari sloof bisa menggunakan rumus  volume pada umumnya yaitu, Lebar x Panjang x Tinggi.

3. Menghitung Bekisting Sloof

Untuk memasukan bahan campuran (pengecoran) sebagai isi dari sloof pondasi diperlukan bekisting. Sehingga isi yang akan dimasukan dapat terbentuk dengan sempurna sesuai dengan ukuran dimensi dari struktur sloof. Untuk menghitung dimensi dari ukuran bekisting menggunakan rumus yaitu, 2 x Panjang x Tinggi.

Itulah penjelasan mengenai sloof pondasi yang memiliki peran yang sangat penting sebagai salah satu komponen dalam konstruksi bangunan. Jadi, jika Anda ingin membangunan sebuah rumah atau tipe lainnya. Jangan lupa untuk perhatikan  jenis sloof yang digunakan agar struktur bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan kuat.
Jika Anda sedang mencari perusahaan konstruksi yang telah berpengalaman bisa langsung saja hubungi kami PT. Adiprana Sentosa Indovesco. Jasa konstruksi di Jakarta Selatan yang siap untuk mewujudkan berbagai tipe bangunan sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi! langsung saja persiapkan rencana terbaik untuk memulai dalam membangun rumah impian Anda.

Di dalam kegiatan konstruksi, tentu saja sudah akrab dengan berbagai jenis besi bangunan. Sebelum melakukan kegiatan konstruksi tersebut, Anda wajib mengetahui apa saja jenis besi yang ada. Hal dikarenakan berbagai jenis besi tersebut merupakan elemen yang penting dalam pembangunan.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis-jenis besi yang ada memiliki fungsi yang berbeda. Supaya sebuah bangunan bisa berdiri dengan kokoh maka elemen penting tersebut harus diletakkan ditempat yang tepat. Selain fungsinya yang berbeda-beda, harga besi bangunan yang ada juga tidak sama. Hal ini tergantung dari berbagai aspek, misalnya saja dari jenisnya.

Apakah semua jenis besi memiliki berat dan panjang yang sama? Jawabannya tidak. Berat dan panjang besi bangunan juga berbeda-beda. Ada yang memiliki bobot ringan hingga berat. Bahkan ada yang pendek dan juga panjang. Jadi tidak heran jika Anda perlu mengetahui berbagai jenis besi tersebut sebelum melakukan kegiatan konstruksi.

Jenis-Jenis Besi Bangunan

Apakah Anda ingin membangun basement atau melakukan renovasi di rumah? Jika iya, maka Anda perlu memastikan bahwa bangunan berdiri dengan kokoh. Bangunan kokoh dapat dilihat dari unsur pondasinya yang kuat. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui apa saja jenis besi bangunan yang ada di dalam konstruksi.

1. Besi Beton

Besi beton merupakan sebuah besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton. Jenis besi yang satu ini bisa juga disebut dengan beton bertulang. Terdapat 2 macam besi beton yakni besi polos dan besi ulir. Sifat dari kedua besi beton tersebut juga berbeda.

Untuk besi polos, ia akan lebih mudah dibentuk. Sebaliknya, untuk besi ulir memiliki sifat yang sulit dibentuk. Secara umum, mengecek kondisi besi beton merupakan hal yang sangat penting. Gunakanlah besi beton yang berkualitas, salah satu cirinya yang tidak berkarat.

Panjang besi bangunan yang satu ini standarnya 12 meter dengan diameter yang beragam. Mulai dari 6, 8, hingga 25 millimeter. Jika Anda akan renovasi rumah dan menggunakan jenis besi yang satu ini, maka pastikan Anda memilih yang berkualitas. Selain itu sesuaikan juga ukuran besi dengan beban berat yang akan ditopangnya.

Besi beton, Sumber: 99.co
Besi beton, Sumber: 99.co

2. Besi Siku

Besi siku merupakan material yang terbuat dari logam besi dan memiliki panjang standar 6 meter. Untuk ukuran lebar penampang dan ketebalan yang dimiliki besi siku cukup bervariasi. Jika dilihat dari ukuran penampang besi siku diantaranya yakni 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Lalu untuk ketebalannya berkisar antara 1,4 mm hingga 3,4 mm.

Besi siku ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat rak besi, pagar, tower air, konstruksi tangga, rangka pintu, rangka jendela, dan lain sebagainya. Sebelum menggunakan besi siku, pastikan bahwa besi tersebut berkualitas ya. Sehingga kegiatan konstruksi yang Anda kerjakan sesuai dengan yang diharapkan. 

Besi siku, Sumber: betonbesibaja.com
Besi siku, Sumber: betonbesibaja.com

3. Besi Plat

Besi yang memiliki bentuk lempengan ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan dan peralatan rumah tangga. Lempengan yang memanjang ini sangat mudah dibentuk. Jadi wajar saja jika banyak yang memanfaatkan besi plat untuk berbagai kebutuhan.

Besi plat, Sumber: muaradua.co.id
Besi plat, Sumber: muaradua.co.id

4. Besi Hollow

Besi hollow merupakan salah satu material yang paling dicari untuk kegiatan konstruksi. Jenis besi yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya ialah:

  • Memiliki harga yang terjangkau,
  • Pemasangan yang mudah dan juga kokoh,
  • Peredam panas yang baik,
  • Tidak mudah terkena korosi,
  • Tahan terhadap serangan rayap,
  • Memiliki daya tahan yang kuat,
  • Terdapat nilai estetikanya,
  • Tahan terhadap api.

Berbagai kelebihan itulah yang membuat besi hollow ini semakin populer di bidang konstruksi. Jenis besi yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat pagar rumah, berbagai furniture rumah, lapisan saluran gas, hingga pembuatan railing tangga.

Besi hollow, Sumber: kpssteel.com
Besi hollow, Sumber: kpssteel.com

5. Besi Wiremesh

Jenis besi bangunan selanjutnya ialah besi wiremesh. Besi yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik. Bentuk dari besi wiremesh ini seperti anyaman yang bahannya terbuat dari kawat yang cukup tebal. Untuk berat dari besi ini cenderung ringan, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik pada penguat pagar beton di rumah.

Besi wiremesh, Sumber: wira.co.id
Besi wiremesh, Sumber: wira.co.id

6. Besi H-beam

H-beam merupakan besi baja yang memiliki bentuk seperti balok. Besi yang satu ini secara teknis bernama hot rolled dan memiliki bentuk seperti huruf H. Biasanya besi h-beam ini digunakan untuk konstruksi jembatan dan proyek gedung besar.

Besi ini banyak digunakan untuk kegiatan konstruksi berskala besar. Selain pada konstruksi jembatan atau proyek gedung bertingkat, besi ini juga bisa digunakan untuk rumah dengan gaya industrial.

Besi h-beam, Sumber: besibajanusantara.com
Besi h-beam, Sumber: besibajanusantara.com

7. Besi Wide Flange (WF)

Jika dilihat sekilas, besi WF ini memiliki bentuk yang mirip dengan besi h-beam. Namun sebenarnya kedua jenis besi ini berbeda. Besi WF memiliki gaya tekan dan tarik yang lebih tinggi dibanding dengan besi h-beam. Secara umum, besi WF ini dimanfaatkan sebagai material pembuat rangka gedung.

Besi WF memiliki kekuatan yang seimbang dalam hal tekan atau tarik. Sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakan besi ini untuk pondasi pembuat bangunan. Beberapa konstruksi yang memanfaatkan besi WF diantaranya ialah pembuatan gedung, jembatan, dan berbagai bangunan lainnya.

Besi wide flange (WF), Sumber: kpssteel.com
Besi wide flange (WF), Sumber: kpssteel.com

8. Pipa Besi

Jenis besi yang memiliki bentuk bulat dan memanjang seperti pipa ini termasuk salah satu besi yang sering dijumpai dalam sebuah konstruksi. Bahan baku utama dari pipa besi ini adalah baja. Pipa besi ini memiliki fungsi yang bervariasi. Beberapa diantaranya ialah untuk mengalirkan air, gas, udara, hingga saluran pembuangan.

Pipa besi, Sumber: artikel.rumah123.com
Pipa besi, Sumber: artikel.rumah123.com

9. Besi CNP dan UNP

Jenis besi dalam konstruksi selanjutnya ialah besi CNP dan UNP. 2 jenis besi ini bisa dikatakan masih bersaudara namun memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda. Untuk jenis besi CNP memiliki bentuk seperti huruf C dan biasanya dijadikan sebagai bahan baku konstruksi besi pada rangka atap dan rangka yang lainnya. 

Lalu untuk jenis besi UNP memiliki bentuk seperti huruf U dan biasanya dijadikan sebagai balok penutup pada atap serta penopang pada dinding. Besi CNP dan UNP ini merupakan material yang cukup penting dalam kegiatan konstruksi.

Besi CNP, Sumber: supplierbesi.web.id
Besi CNP, Sumber: supplierbesi.web.id

Itulah tadi informasi mengenai jenis besi bangunan dalam kegiatan konstruksi. Untuk berbagai hal yang menyangkut konstruksi bangunan, lebih baik serahkanlah pada ahlinya. Misalnya saja seperti PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) yang bisa Anda jadikan sebagai solusi mengenai berbagai permasalahan konstruksi.

Dengan terus berkembangnya pembangunan yang dilakukan membuat pekerjaan atau jasa konstruksi selalu dibutuhkan. Berbagai jenis bangunan yang sering dibangun seperti gedung, hotel,  apartemen,  mall,  dan lain-lain. Namun, dibalik itu semua ada kemungkinan besar dapat terjadinya bangunan gagal konstruksi. Apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi?

Hal ini menjadi sangat penting bagi pihak yang ingin membangun sebuah bangunan untuk berbagai keperluan untuk dapat mengetahuinya. Karena bangunan gagal konstruksi bukan hanya akan menyebabkan kerugian secara material namun, bisa juga menimbulkan korban jiwa dan lain sebagainya. 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini dapat terjadi akan tetapi, tanggung jawab besar dalam pembangunan ada pada pihak jasa konstruksi. Inilah mengapa jasa konstruksi menjadi sangat penting untuk dipilih yang telah berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Karena dalam pembangunan banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan baik untuk dapat menghindari terjadinya bangun gagal konstruksi. 

Apa Itu Gagal Konstruksi?

Bagunan gagal konstruksi, sumber kumparan.com
Bagunan gagal konstruksi, sumber: kumparan.com

Jika dilihat dari definisi Undang-undang Jasa Konstruksi NO.18/1999 Pasal 1 menjelaskan bahwa kegagalan bangunan adalah keadaan bangunan, yang setelah diserah terimakan oleh penyedia jasa kepada pengguna jasa, menjadi tidak berfungsi baik sebagian atau secara keseluruhan tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam kontrak kerja konstruksi atau pemanfaatan-nya yang menyimpang sebagai akibat kesalahan penyedia jasa dan/atau pengguna jasa.

Dapat dikatakan bangunan gagal konstruksi adalah sebuah kondisi dimana, terdapatnya kekurangan, kerusakan, atau bahkan tidak sesuai dengan desain bagunannya. Sehingga dapat menimbulkan berbagai dampak kerugian bagi pihak pengguna jasa serta mereka yang akan menggunakan fasilitas yang telah dibangun. Jika telah terdapat indikasi bangunan gagal konstruksi sebaiknya untuk diperiksa kembali. 

Kejadian dari gagalnya konstruksi dari sebuah bangunan yang banyak terjadi diketahui ketika sudah terjadi kerusakan hebat. Hal ini bisa dilihat dari contoh kasus terjadinya kegagalan konstruksi pada bangunan Alfamart berlantai tiga di Jalan Ahmad Yani KM 14, Gambut Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yang ambruk atau roboh. 

Bisa dikatakan mengalami kegagalan konstruksi karena, umur dari bangunan ruko tersebut masih sangatlah muda sekitar 10 tahun. Jika mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI), baik dari sisi  konstruksi maupun strukturnya, fungsi bangunan itu bisa digunakan sampai 50 tahun lamanya. Sehingga kegagalan konstruksi menjadi penyebab utama dari ambruknya ruko Alfamart di Gambut.

Dari kejadian tersebut menjadi gambaran bagi Anda yang ingin membangun sebuah bangunan untuk bisa lebih cermat dan teliti. Artinya tidak begitu saja menerima secara jadi bangunan dari pihak jasa konstruksi yang sudah selesai dibangun begitu saja. Lakukan berbagai pengecekan secara keseluruhan dan bila perlu melakukan beberapa pengujian bila diperlukan.

Penyebab Bangunan Gagal Konstruksi

Proses pembangunan kosntruksi bangunan, sumber economy.okezone.com
Proses pembangunan kosntruksi bangunan, sumber: economy.okezone.com

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bangunan gagal konstruksi dan menimbulkan kerusakan secara sedang maupun permanen. Hal ini bisa terjadi biasanya disebabkan dari adanya kesalahan yang dilakukan baik pra-konstruksi, fase konstruksi, dan hasil akhir (finishing) konstruksi. 

Semua fase konstruksi tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga, bila terjadi kesalahan atau masalah pada satu fase maka, akan berdampak pada fase lainnya. Untuk lebih detailnya berikut ini bisa disimak beberapa penyebab yang membuat bangunan gagal konstruksi diantaranya:

1. Jasa Konstruksi yang Kurang Profesional

Tidak semua jasa konstruksi yang ada dapat dikatakan profesional sehingga, perlu untuk memilih dengan baik. Biasanya bangun gagal konstruksi dikarenakan pengerjaan yang dilakukan banyak berbuat kesalahan dalam berbagai aspek. Untuk dapat mengetahui jasa konstruksi yang profesional bisa melihat latar belakang perusahaan dan review dari konsumennya yang sudah menggunakan jasa mereka lebih dulu.

2. Umur Bangunan

Setiap bangunan memiliki umur atau masa penggunaan yang berbeda-beda tergantung dari jenis konstruksi yang digunakan. Karena semakin tua umur dari bangunan akan mempengaruhi dari tingkat kekuatan bangunan mengalami penurunan selama umurnya serta kelelahan yang menyebabkan daya layan berkurang. Inilah yang juga bisa menyebabkan terjadinya kegagalan konstruksi pada bangunan.

3. Kesalahan Dalam Melakukan Perencanaan

Dalam membangun sebuah bangunan banyak perencanaan yang harus dipersiapkan dan diperhitungkan dengan baik. Dimana, jika terjadi kesalahan pada saat perencanaan dan perancangan maka, bagunan gagal konstruksi dapat terjadi. Sehingga menjadi sangat penting untuk membangun komunikasi dengan baik dengan Konsultan, Kontraktor, Pengembang/Pemilik, dan Pihak lainnya yang memiliki peran penting dalam pembangunan.

4. Terjadinya Kesalahan Operasional

Banyak terjadi pada saat proses pembangunan telah dimulai dimana, terjadi perubahaan operasional dari perencanaan awal. Sehingga menimbulkan potensi dari bangunan gagal konstruksi diakibatkan dari adanya beberapa aspek yang dilakukan perubahan fungsinya. Hal ini tentunya membuat fungsi yang pada awalnya menjadi menyimpang baik bersifat fisik maupun nonfisik.

5. Kegagalan Pada Pondasi Bangunan

Memiliki fungsi yang sangat vital dalam menahan beban bangunan agar dapat berdiri dengan tegak dan kokoh. Sehingga dalam memilih jenis pondasi bangunan tentunya disesuaikan dengan tipe bangunan yang akan dibangun. Karena bila terjadi kegagalan pada pondasi bangunan maka, sudah pasti konstruksi juga akan mengalami kegagalan. Dampaknya tentu akan membuat berbagai aspek bangunan lainnya dapat terjadi kerusakan yang cukup berat.

Cara Mencegah Bangunan Gagal Konstruksi

Peninjauan kembali desain bangunan, sumber solusikonstruksi.com
Peninjauan kembali desain bangunan, sumber: solusikonstruksi.com

Untuk mencegah dari terjadinya bangunan gagal konstruksi ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membuat Perencanaan Sebaik Mungkin

Untuk menghindari bangunan gagal konstruksi pastikan kembali bahwa semua perencanaan yang sudah dibuat tidak ada yang direvisi lagi. Sehingga pada saat pembangunan dimulai tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu dari operasionalnya. Jadi, persiapkan sebaik mungkin perencanaan dari tipe bangunan sesuai dengan penggunaannya.

2. Menggunakan Jasa Konstruksi Berpengalaman

Agar bangunan yang dibuat memiliki kualitas konstruksi yang baik dan tahan lama digunakan dengan umur yang panjang. Maka, pilihlah jasa konstruksi yang berpengalaman salah satunya seperti kami Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI). Sehingga tidak ada lagi keraguan terkait dengan bangunan gagal konstruksi.

3. Menerapkan Studi Kelayakan

Penting dalam membangun sebuah bangunan untuk menggunakan studi kelayakan. Fungsi dari studi ini adalah mencegah dari berbagai hal yang tidak diinginkan terjadi seperti salah satunya kegagalan konstruksi. Karena dalam pelaksanaannya dibutuhkan perlakuan khusus yang komprehensif dengan pembangunan yang akan dilakukan.

4. Pengecekan dan Pengujian Bangunan

Jika bangunan telah selesai dikerjakan sangat disarankan untuk melalui terlebih dahulu tahap pengecekan dan pengujian dari berbagai aspeknya. Hal ini harus dilakukan sebelum bangunan digunakan. Dari sini akan dilihat apakah ada indikasi dari kegagalan konstruksi atau tidak. Bila sudah dirasa aman maka, bangunan dapat dioperasionalkan secara menyeluruh.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi mengenai bangunan gagal konstruksi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi bermanfaat dan menarik lainnya hanya di laman Adiprana Sentosa Indovesco.

Dalam proyek bangunan, salah satu material yang banyak digunakan adalah pasir. Pasir bangunan pada proyek konstruksi bangunan berguna untuk mengikat material lain seperti batu, batu bata, besi cor dan material lain dengan semen sebagai material perekatnya.

Pasir sendiri memiliki beragam jenis dengan masing-masing karakteristiknya. Perbedaan karakteristik dari setiap jenis pasir bangunan inilah yang menjadikan pasir sangat dibutuhkan di berbagai bagian bangunan. Sebenarnya, mengapa pasir bisa memiliki beragam jenis dan karakteristik?

Sebenarnya pasir adalah produk alam yang sangat melimpah. Bahkan dari pasir tersebut akan ditemukan logam lain seperti besi, timah dan sebagainya. Keberadaan pasir dengan beragam karakteristik tersebut dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalamnya. Ada kandungan pozzolan yang penting untuk daya rekat pada bangunan.

Selain itu proses alamiah maupun buatan yang mengubah material padat menjadi butiran pasir juga mempengaruhi karakteristik pasir. Pasir sungai yang dibentuk dari aliran sungai tentunya lebih halus daripada pasir yang diproduksi dari bebatuan keras yang digiling.

Jenis Pasir Bangunan Populer di Indonesia

Pasir Bangunan
Pasir penting untuk bangunan Sumber pexels @rodolfo-quirós

Ada beragam jenis pasir yang bisa Anda temukan di bisnis konstruksi yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak jenis pasir tersebut, inilah beberapa jenis pasir bangunan yang populer digunakan di industri konstruksi dan properti di Indonesia.

Pasir Pasang

Seperti namanya, pasir ini digunakan untuk membuat pasangan batu bata pada sebuah bangunan. Namun tidak jarang jenis pasir bangunan ini digunakan untuk keperluan lain seperti pembuatan pondasi rumah. Pasir ini memiliki karakteristik yang lembut dan memiliki butiran agregat yang lebih padat daripada jenis pasir lainnya.

Jenis pasir yang bisa Anda temukan di proyek bangunan ini biasanya akan di tambang di dua tempat yakni daerah sungai dan juga dataran yang lebih tinggi lagi. Pasir yang di tambang dari daerah dataran tinggi biasanya berasal dari material gunung berapi yang keluar. Sedangkan pasir yang dari sungai adalah material lahar dingin yang terbawa arus.

Pasir Beton

Pasir Bangunan
Pasir berasal dari material gunugn api. Sumber hargamaterialpromo com

Jenis pasir ini memiliki karakteristik yang keras dan tajam pada butirannya. Keunggulannya adalah pasir ini mampu mengikat elemen lain dengan kuat, karena itulah pasir ini sering digunakan untuk keperluan pengecoran seperti pembuatan cor kolom, dak dan sebagainya.

Pasir beton akan memiliki daya rekat yang lebih kuat jika memiliki kandungan alkali yang sifatnya negatif. Kandungan alkali ini akan bereaksi sehingga mempengaruhi kekuatan beton yang akan dibuat. Selain itu untuk hasil yang maksimal maka pastikan pasir ini bersih dan terbebas dari zat organik dalam kadar tinggi. Zat organik akan menurunkan kualitas beton yang dibuat.

Pasir Elod

Pasir ini merupakan pasir yang masih memiliki kandungan tanah. Karena itu kualitas pasir ini kurang bagus untuk dijadikan material bangunan seperti cor, plester ataupun untuk pasang batu bata. Biasanya pasir ini digunakan untuk produksi batako. Harga yang relatif murah tentu bisa menekan biaya produksi batako.

Karakter dari pasir ini memiliki butiran yang halus dan berwarna lebih gelap daripada warna pasir lainnya. Warna gelap ini memang kandungan tanah yang ada di dalamnya. Pasir ini biasa ditambang di kedalaman tanah.

Pasir Merah

Pasir Bangunan
pasir merah yang masih kasar Sumber pinhome

Salah satu jenis pasir ini memiliki ciri khas dengan warna oranye, merah atau cokelat. Pasir ini berasal dari dua tempat di Jawa Barat, yakni di daerah Jebrod, Cianjur sehingga banyak yang mengatakan sebagai pasir Jebrod dan juga daerah Sukabumi. Karakteristik dari pasir ini adalah kasar dan memiliki butiran yang besar.

Penggunaan pasir ini untuk campuran cor bangunan bersamaan dengan pasir beton. Namun ada juga yang menggunakannya untuk keperluan lain seperti plester. Karakteristik kasar dari pasir inilah yang menjadikan berguna untuk pengecoran.

Pasir Mundu

Pasir ini cukup melimpah di alam, sehingga harganya juga relatif murah. Karakter pasir ini cukup kasar dan keras, karena itu pasir ini biasanya digunakan untuk pemasangan batu bata dan digunakan untuk proses plester. Pasir ini memiliki warna abu-abu kecoklatan dan bisa ditemukan di daerah sungai maupun pegunungan.

Karena karakteristik kasar dari pasir ini maka sebelum digunakan sebaiknya pasir ini diayak terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di toko material atau dari penambang langsung dengan harga yang lebih murah.

Pasir Urug

Sesuai dengan namanya, pasir ini digunakan untuk mengurug area yang akan didirikan bangunan. Fungsi urug, selain untuk meratakan permukaan tanah yang akan didirikan bangunan juga untuk meratakan beban bangunan di atasnya. Pasir ini berasal dari sisa-sisa pengayakan sehingga pasir ini merupakan pasir limbah dari produk pasir yang lebih baik.

Harga Pasir Bangunan di Pasaran

Pasir Bangunan
pasir pasang Sumber bermutu id

Sebelum Anda mengetahui berapa harga pasir bangunan di pasaran, ada baiknya Anda mengetahui satuan ukuran dari pasir yang biasanya dijual. Satuan dari ukuran pasir bangunan yang dijual biasanya diukur dengan satuan kubik atau meter kubik. Tetapi terkadang pengepul pasir menjualnya dengan satuan rit yakni satu colt diesel penuh dengan permukaan rata.

Satu rit berisi sekitar 7-8 kubik pasir. Untuk keperluan proyek besar, biasanya pembeli akan membeli dalam satuan rit. Sedangkan untuk renovasi kecil bangunan, pembeli akan membeli dalam satuan kubik. Pembeli dalam satuan kubik biasanya dilayani dengan menggunakan gerobak dan hanya untuk jarak dekat.

Harga pasir bervariasi, tergantung asal daerah dan juga dari kualitas pasir. Untuk pasir Merapi yang biasanya dijual di daerah Muntilan atau Sleman, per tahun 2022 ini dibandrol dengan harga 1.400.000 per rit dengan kapasitas 7-8 kubik. Untuk membangun bangunan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, pasir bangunan dari sedimen Merapi sudah cukup bagus.

Pasir memegang pengaruh penting dalam kualitas bangunan. Karena itu, penting untuk menggunakan jenis pasir yang berkualitas pada bangunan Anda. Untuk bangunan yang berkualitas, Anda bisa mempercayakan pengerjaannya kepada kontraktor bangunan dari Adiprana Indovesco.

Cat dasar tembok atau yang sering disebut sebagai cat primer adalah sebuah cat yang berfungsi sebagai pelapis dari sebuah material. Setiap tembok bangunan sangat membutuhkan peranan dari bahan satu ini. Karena itu, Anda wajib mengetahuinya.

Sebelum masuk pada bahasan inti mengenai manfaat penting cat dasar tembok, kami berikan terlebih dahulu pembahasan mengenai jenis cat tembok yang biasanya digunakan sebagai bahan pelapis penguat tembok.

Jenis Cat Dasar Tembok

Biasanya di pasaran ada dua jenis cat dasar yang bisa Anda gunakan. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Lantas apa saja jenis cat dasar tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cat Dasar Berbahan Dasar Minyak

Jenis cat dasar pertama adalah yang terbuat dari bahan dasar minyak. Jenis satu ini mempunyai kemampuan untuk menembus butiran kayu dengan mengisi pori-pori. Selain itu, cat dasar  ini juga berfungi sebagai penghalang untuk menjaga tanin pada kayu agar tidak terjadi rembesan yang menembus permukaan dan membuat hasil cat tembok menjadi kurang bagus.

Cat dasar tembok bahan minyak ini sangat cocok digunakan untuk kayu baru dan yang belum selesai, yang yang sebelumnya dipernis, kayu lapuk dan kayu yang rentan terhadap pelapukan, untuk memberikan lapisan keausan yang ekstra. Selain itu, cat ini juga digunakan di atas cat yang gagal memecahkan masalah permukaan seperti retak dan kapur.

Cat dasar tembok, sumber: google.com
Cat dasar tembok, sumber: google.com

Cat Dasar Berbahan Dasar Air

Jenis cat dasar kedua ini dibuat untuk diterapkan pada banyak permukaan dan mempunyai karakter yang tidak berbau, formulasi VOC yang rendah sehingga produk satu ini bisa dikatakan sebagai produk yang ramah lingkungan dan tetap mampu memberikan hasil optimal untuk cat dasar dinding rumah.

Cat dasar ini merupakan pilihan terbaik untuk dinding kering, sebab cat ini berfungsi untuk menghilangkan tekstur dan kemialu antara dinding dan senyawa gabungan. Cat ini biasanya digunakan pada dinding yang masih basah yang belum selesai, kayu lunak seperti pinus, beton, bata dan logam.

Manfaat Menggunakan Cat Dasar Tembok

Secara khusus, cat dasar tembok memiliki karakteristik yang mungkin berbeda, namun dari sudut pandang yang lebih umum, penggunaan cat dasar apapun jenisnya memiliki manfaat yang sama, yakni antara lain:

Menambah Daya Tahan Tembok

Fungsi utama dari cat dasar ini adalah untuk mencegah terjadinya kontaminasi dari setiap zat alkali yang bisa merusak penampilan akhir dari desain rumah modern Anda. Zat alkali atau efflorescence umumnya berada di dalam material bangunan seperti pada semen dan pada batu bata.

Sehingga, proses pelapisan dengan menggunakan cat dasar diharapkan mampu meminimalisir masuknya zat alkali tersebut, agar warna tembok tidak rusak namun sebaliknya membuat tembok rumah Anda tampil indah dan beda.

Kandungan alkali juga mempunyai dampak negatif lain jika tidak Anda lapisi dengan cat dasar, seperti terjadinya pengapuran pada dinding rumah. Pengapuran pada dinding tersebut kemudian membuat ruangan pada rumah Anda menjadi kotor dan sangat berisiko untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Perkokoh tembok dengan cat dasar, sumber: google.com
Perkokoh tembok dengan cat dasar, sumber: google.com

Menambah Daya Rekat

Manfaat kedua dari penggunaan cat primer ini adalah untuk menambah daya rekat pada cat tembok. Manfaat satu ini sangat penting sebelum Anda melakukan tahap finishing pada tembok rumah Anda. Karenanya sangat penting untuk memilih cat dasar yang berkualitas.

Indikator berkualitas tidaknya cat dasar tersebut adalah mampu tidaknya berfungsi dengan maksimal, seperti mampu menutup retak rambut, mengangkat sisa debu, meningkatkan daya rekat cat, menambah daya tahan tembok dan lainnya.

Membuat Permukaan Tembok Lebih Halus

Jika tembok rumah Anda belum di finishing, biasanya akan terdapat banyak pori-pori yang nampak tidak rata dan tidak sempurna. Dengan menggunakan cat dasar seperti super cement. Merk cat dasar tembok ini sangat efektif untuk menutupi retak dan pori pada tembok.

Menghasilkan Warna Tembok yang Sempurna

Dinding rumah yang belum Anda finishing tentu saja warnanya akan mengikuti warna material bangunan. Umumnya, tanpa menggunakan cat dasar, maka Anda tidak bisa mengaplikasikan dan tidak dapat menghasilkan warna tembok yang sempurna. Setidak-tidaknya sangat sulit untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna yang sesuai ekspektasi tersebut, tak jarang orang yang melakukan pelapisan berkali-kali menggunakan cat yang sama. Padahal, ada cara yang lebih mudah untuk mengatasinya, yakni dengan menggunakan cat primer atau cat dasar.

Warna sempurna, sumber: google.com
Warna sempurna, sumber: google.com

Biasanya cat dasar ini sengaja didesain dengan warna yang netral dan diformulasikan khusus agar warna akhir dinding bangunan menjadi lebih sempurna tanpa perlu pelapisan berulang kali. Karenanya, biaya pembangunan pun bisa menjadi lebih hemat.

Memberikan Perlindungan Lebih pada Tembok

Manfaat terakhir dari cat primer ini adalah kemampuannya dalam memberikan perlindungan tambahan pada tembok. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tembok seperti jamur, lumut dan kebocoran pada dinding.

Dengan merk cat dasar yang tepat bisa membuat cat tembok rumah Anda menjadi lebih awet dan Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab hasilnya bisa lebih tahan lama untuk jangka waktu yang panjang, Anda pun bisa berhemat untuk biaya renovasi rutinan tembok dan pengecatannya.

Itulah paparan singkat tentang manfaat penting cat dasar yang wajib Anda ketahui. Kami juga merekomendasikan Anda untuk membaca artikel kami yang berjudul cara menata kamar tidur ala korea, untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Basement Rumah – merupakan ruangan lain yang sebagian atau seluruhnya berada di bawah permukaan tanah, baik itu satu atau lebih lantai. Pada umumnya, basement rumah ruang yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat parkir, tempat menyimpan sistem penghangat atau pendingin ruangan, hingga gudang.

Pada umumnya di Indonesia tidak menggunakan basement pada rumah, tetapi bukan tidak mungkin karena lahan sudah sempit. Jadi mungkin ini saatnya bagi Anda beralih kepemanfaatan apa yang sudah Anda miliki.

Di benua Eropa di tiap kotanya dengan harga lahan, rumah dan properti yang tinggi, seperti London, basement seringkali dilengkapi juga dengan perlengkapan yang tinggi untuk digunakan sebagai tempat tinggal. Jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk merubah desain rumah sehingga memiliki basement.

4 Jenis Basement yang Perlu Anda Ketahui

Secara struktur desainnya, basement rumah terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa Adna sesuaikan dengan kebutuhan, antara lain:  

Walk-out Basement

Basement house T by haro
Basement House T by haro

Tipe Walk-out basement pertama merupakan ruang bawah tanah yang biasanya dibangun untuk rumah yang terletak di daerah yang landai. Dengan basement yang didesain dengan jenis walk out sehingga ruang basement bisa di akses dari luar rumah.

Sementara, bagian lain ruangan dari basement rumah juga bisa diakses dari dalam rumah di atasnya. Ruangan ini biasanya difungsikan sebagai garasi, ruangan maintenance, atau bahkan ditempati sebagai kamar.

Walk-up Basement

Tipe basement rumah selanjutnya merupakan walk-up Basement, jenis ini memiliki akses keluar-masuk sendiri, berupa pintu dan tangga tidak harus melalui bagian dalam rumah. Namun, akses tangga untuk ruangan bawah tanah ini berisiko jadi licin dan lembap, bahkan tergenang banjir, terutama selama musim hujan yang tidak cocok untuk di pemukiman perkotaan padat di Indonesia.

Look-out Basement

Untuk tipe selanjutnya ialah Look-out basement yang mempunyai dinding mencapai bagian lantai dasar rumah. Dari tipe desain ini, memberikan cahaya penghuni rumah yang berada di lantai bawah tanah tetap bisa menikmati cahaya matahari ataupun bulan yang berada di luar rumah melalui jendela basement.

Cellar

Tipe basement rumah terakhir yaitu Cellar yang merupakan jenis basement yang biasanya dipergunakan sebagai penyimpanan bahan makanan atau minuman. Tujuan dibuatnya cellar agar seluruh bahan makanan dan minuman yang disimpan di sini akan tetap awet karena memiliki temperatur yang konsisten sepanjang tahun.

basement parkir mobil, sumber: google.com
basement parkir mobil, sumber: google.com

Cellar bukanlah ruangan yang beratap tinggi sehingga bisa nyaman ditempati orang dalam keadaan berdiri dan biasanya bagian lantainya cukup berupa tanah.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Basement di Rumah

Pembangunan basement rumah terutama di dalam rumah, sebenarnya mudah. Cukup dengan menganalisa pondasinya bila sudah ada bangunan diatas, bila belum akan lebih mudah memilih tipe basemant yang Anda inginkan. Namun, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa mewujudkan basement impian di rumah dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Jenis Tanah 

Pertama tidak hanya untuk pembangunan basement rumah. Nyatanya jenis tanah mempunyai peranan penting dalam menentukan jenis struktur bangunan yang akan Anda buat. 

Hal ini disebabkan dari faktor kohesi, yaitu daya tarik menarik antar partikel dalam tanah (dinyatakan dalam satuan berat per satuan luas). Pada pembuatan basement, faktor kohesi ini akan mempengaruhi pemilihan material dan sistem konstruksi agar basement dapat terbangun sesuai dengan keinginan Anda.

Tinggi Muka Air Tanah

httpspixabay.comiduserspixaline-1569622
httpspixabay.comiduserspixaline-1569622

kemudia ditiap daerah mempunyai ketinggian muka air tanah yang bervariasi. Sehingga, sebelum memutuskan membuat sebuah basement, Anda juga perlu memastikan posisi basement berada diatas air tanah agar tetap aman.

Bisa juga melakukan proses penurunan muka air tanah pada area tertentu alias dewatering. Proses ini dilakukan melalui pemindahan lewat suatu sumur atau saluran air yang tujuannya untuk menjaga area galian agar tetap kering. 

Kepadatan dan Ketebalan Beton

Lalu kepadatan beton menjadi elemen penting ketika akan membangun basement. sangat diperlukan untuk memastikan mutu beton yang berkualitas, memerlukan slump test

Tidak hanya kepadatan, ketebalan beton juga perlu diperhatikan. Idealnya, beton untuk basement harus dibuat dengan ketebalan 15 sampai 17,5 cm yang akan menyesuaikan dengan kedalaman lantai basement. 

Pondasi Bangunan Tetangga

Selanjutnya tidak hanya pondasi bangunan rumah Anda, perlu juga untuk memastikan jarak pondasi rumah Anda dengan tetangga sebelah. Sebab, ketika membangun basement, jarak dan struktur pondasi bangunan tetangga akan terpengaruh. .

Anda bisa membuat jarak dengan bagian dinding tetangga sekitar 1,5 meter jauhnya dari bangunan bentang lebar. Apalagi dinding basement pada dasarnya harus dibuat sebagai retaining wall yang bersifat menahan beban tekanan tanah dan air. 

Kebersihan Lingkungan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan ketika pembuatan basement rumah adalah kebersihan lingkungan secara keseluruhan. Karena basement berada di bawah tanah, maka Anda harus memastikan kebersihan lingkungan dan kelembapannya tetap terjaga. 

Yang nantinya, ini akan berpengaruh besar terhadap kenyamanan dan kesehatan Anda saat tinggal di dalam basement.

Fungsi Basement Rumah pada Bangunan 

Saat ini basement rumah bisa juga Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti gudang untuk menyimpan bahan makanan, ruang kerja, ruang menyetrika, atau bahkan ruang hiburan dan ruang tidur.  

Lain halnya di Inggris, kata basement hanya digunakan untuk penyebutan ruang bawah tanah yang berada di gedung bertingkat, pasar swalayan, dan lain-lain. Sedangkan untuk ruang bawah tanah di rumah disebut cellar.

Namun, jika dilihat dari strukturnya, basement memiliki fungsi utama yaitu: 

  1. Memperdalam kedalaman dasar pondasi sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap kenaikan besarnya daya dukung tanah. 
  1. Memperbesar stabilitas konstruksi gedung terhadap gaya geser atau gaya guling yang mungkin terjadi. Sebab, dalam pembuatan basement akan dilakukan penggalian, jika berat tanah yang digali sama dengan berat bangunan di atasnya, maka secara teoritis tidak terjadi penurunan bangunan. 

Tips Membuat Basement Rumah

Hal pertama yang perlu Anda perhitungkan adalah tipe basement yang akan dibuat. Mudahnya, basement rumah dapat dikelompokkan menjadi dua: tipe yang tertutup sepenuhnya (fully covered basement) dan yang terbuka sebagian (partial basement).

Masalah utama pada basement yang tertutup terkait dengan kelembapan, bau, kecukupan oksigen, karat, panas, dan pencahayaan. Jika dalam pengerjaan konstruksinya kurang baik, air tanah dapat merembes melalui tembok. 

Ini akan menyebabkan masalah kelembaban pada ruangan yang diikuti tumbuhnya jamur dan cendawan. Efek lanjutannya, tentu saja adalah timbulnya bau tidak sedap. Oleh karena itu, pada saat pengerjaan konstruksi, bagian tembok dan lantai harus betul-betul diperhatikan. Paling baik jika lantai basement terbuat dari beton. 

Sedangkan untuk dinding, dalam pembangunannya perlu diingat bahwa tembok basement rawan mengalami retak atau bahkan pecah akibat turunnya suhu dan peningkatan kelembaban udara. Namun jangan khawatir karena sekarang sudah ada cat kedap air yang bisa melapisi dinding bangunan.

Kekurangan dan problem yang biasa muncul pada basement tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara. Misalkan, dengan memasang blower atau AC untuk mengurangi kelembapan dan panas, serta menjaga kecukupan oksigen. Akan tetapi, cara-cara seperti ini ada konsekuensinya, yaitu menambah biaya penggunaan listrik.

Untuk rumah tinggal sebaiknya memilih basement yang semi tertutup atau terbuka sebagian. Pada basement tipe ini sebagian sisinya berada di atas permukaan tanah, sehingga dimungkinkan adanya pencahayaan alami serta sirkulasi udara yang lebih lancar. Dengan cara ini, masalah panas, bau, dan kekurangan oksigen juga dapat diatasi secara natural.

Bagi Anda yang berkeinginan mengubah atau membangun basement bisa juga menghubungi kami secara langsung PT.Adiprana Sentosa Indovesco, terima kasih atas perhatiannya.