Seperti yang telah diketahui, saat ini pandemi covid 19 masih terjadi. Bukan hanya di Indonesia saja, namun beberapa negara lain juga masih mengalaminya. Perekonomian masyarakat pun dibuat kelimpungan dengan keadaan tersebut. Tidak terkecuali anak-anak dari panti asuhan, yang membutuhkan bantuan.

Fenomena yang terjadi akibat dampak dari covid 19 tersebut tidak lantas membuat PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) menutup mata. PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) pun dengan sigap memberikan bantuan kepada 2 panti asuhan untuk membantu anak-anak disana.

PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di jasa kontraktor. ADISI memiliki banyak pengalaman di bidang proyek sipil, arsitektur, dan interior. Bukan hanya itu saja, ADISI juga memiliki tim yang sudah berpengalaman sekaligus diimbangi dengan peralatan kerja yang lengkap.

Meskipun bergerak di bidang kontraktor, tidak mengurangi rasa kemanusian dari tim PT Adiprana Sentosa Indovesco. Tim ADISI mulai mengumpulkan dana untuk membantu anak-anak yatim piatu yang ada di panti asuhan. Bantuan kali ini diberikan oleh ADISI ke 2 yayasan, yakni Panti Asuhan Al Hidayah dan Panti Asuhan Al Khairiyah.

Acara pemberian bantuan ke panti asuhan dari ADISI, Sumber: doc pribadi
Acara pemberian bantuan ke panti asuhan dari ADISI, Sumber: doc pribadi

Panti Asuhan Al Khairiyah 

Pada tanggal 18 September 2020, telah diadakan acara pemberian santunan di Yayasan Panti Asuhan Yatim Piatu Al Khairiyah Jakarta Utara. Acara tersebut berlangsung dari pukul 14.00 hingga pukul 15.00 WIB. Pemberian santunan ini dihadiri langsung oleh perwakilan dan manajemen perusahaan PT Adiprana Sentosa Indovesco.

Kegiatan tersebut berlangsung secara lancar dan khidmat. Pemberian bantuan berupa uang yang dihimpun dari seluruh jajaran manajemen PT Adiprana Sentosa Indovesco beserta karyawan. Pemberian bantuan tersebut dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan covid 19 yang ditetapkan oleh pemerintahan Indonesia.

Pemberian bantuan ke Panti Asuhan Al Khairiyah ini merupakan upaya ADISI untuk meringankan beban pengurus sekaligus penghuni panti. Dimana pandemi covid 19 membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan dan menjadi kesusahan. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak panti serta pengurus menghadapi covid 19.

Pemberian santunan di Panti Asuhan Al Khairiyah, Sumber: doc pribadi
Pemberian santunan di Panti Asuhan Al Khairiyah, Sumber: doc pribadi

Kedatangan para perwakilan serta manajemen perusahaan PT Adiprana Sentosa Indovesco ke Panti Asuhan Al Khairiyah pun disambut dengan hangat. Terdapat beberapa pengurus serta perwakilan dari anak-anak panti asuhan menyambut kedatangan ADISI.

Bukan besar nominal yang dinilai oleh pihak panti, namun ketulusan dari pihak PT Adiprana Sentosa Indovesco. Meskipun terbalut dengan masker, namun senyum bahagia tetap terpancarkan dari pengurus serta anak-anak panti asuhan yang hadir di acara tersebut.

Semoga dengan adanya bantuan tersebut, dapat membantu Panti Asuhan Al Khairiyah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Senyum bahagia dari anak-anak panti menjadi kebahagiaan tersendiri bagi PT Adiprana Sentosa Indovesco yang telah menyalurkan bantuan tersebut.

Panti Asuhan Al Hidayah

Tidak hanya di satu tempat saja, namun kebaikan PT Adiprana Sentosa Indovesco akan terus disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Pada tanggal 18 Maret 2022, PT Adiprana Sentosa Indovesco kembali menyalurkan bantuan dana ke panti asuhan. 

Bantuan kali ini disalurkan ke Yayasan Panti Asuhan Al Hidayah Cempaka Jatibening. Seluruh stakeholder dari PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) pun memberikan bantuan untuk Panti Asuhan Al Hidayah. Acara pemberian santunan tersebut dihadiri oleh perwakilan perusahaan PT Adiprana Sentosa Indovesco.

Senyum sumringah pun tidak bisa terbendung dari para penghuni panti asuhan. Bantuan yang diberikan oleh PT Adiprana Sentosa Indovesco dapat memberikan kebahagiaan untuk anak-anak tersebut. Senyum tulus yang terpancar dari para penghuni panti, memberikan rasa semangat dan bahagia untuk ADISI.

Pemberian santunan di Panti Asuhan Al Hidayah, Sumber: doc pribadi
Pemberian santunan di Panti Asuhan Al Hidayah, Sumber: doc pribadi

Senyum dan kebahagian tersebut akan terus menjadi kekuatan bagi PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) untuk terus melakukan kebaikan. Bukan nominal bantuannya, namun ketulusan yang diberikan oleh pihak ADISI lah yang tidak akan ternilai harganya. Hal tersebutlah yang membuat para penghuni panti merasa bahagia.

Semoga bantuan yang diberikan oleh PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) ke Panti Asuhan Al Hidayah dapat dipergunakan dengan baik. Dengan begitu, anak-anak panti pun juga bisa terus merasakan manfaat dari bantuan tersebut.

Harapan ADISI

Membantu masyarakat sekitar bukan hanya peran dari pemerintah saja, namun semua pihak pun juga memiliki peran yang sama. Dengan kegiatan sosial yang diadakan ADISI ini, diharapkan dapat mengetuk pintu hati semua pihak untuk ikut membantu sesama. Besar kecil nominal tidak akan jadi masalah apabila memiliki niatan yang tulus.

PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) tidak akan berhenti dan akan terus menyalurkan kebaikan kepada setiap orang yang membutuhkan. Kegiatan sosial di atas hanyalah contoh kecil dari sebuah ketulusan untuk membantu sesama. Apalagi saat ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan akibat dampak dari covid 19.

Terima kasih kepada seluruh jajaran manajemen PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) beserta karyawan yang telah ikhlas dan tulus memberikan bantuan. Seberapa pun kebaikan yang telah diberikan akan menjadi manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Pada pasar global yang semakin terbuka seperti sekarang ini, tuntutan pasar semakin meningkat dan tingkat persaingan semakin ketat. Hanya mereka (perusahaan) yang beroperasi dengan efisien yang memperhatikan mutu dan memberikan kepuasan pelanggan yang bisa bertahan dan memenangkan persaingan yang ada.

Untuk itulah, setiap perusahaan yang ada perlu mengevaluasi kinerja internal secara berkesinambungan untuk selalu meningkatkan kinerjanya. Di sisi lain perusahaan juga perlu mengevaluasi standar mutu sebagai layanan terbaik yang diberikan pada setiap konsumen, salah satunya adalah dengan melengkapi beberapa standarisasi yang berlaku, seperti ISO.

ISO pada dasarnya merupakan nama sebuah lembaga penetapan standar internasional yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Lembaga standarisasi ini berdiri pada awal tahun 1947, yang bersifat nirlaba dan independen non pemerintah.

Mengenal Apa Itu ISO?

ISO adalah singkatan dari Internasional Organization for Standardization. Istilahnya bisa berbeda beda pada setiap Negara, tergantung istilah yang digunakan dalam bahasa masing-masing Negara, misalnya di Inggris menggunakan istilah International Organization for Standardization (IOS). Sementara Prancis menggunakan istilah Organisation Internationale de Normalisation (OIN).

Sertifikat ISO 9001 2015, sumber: doc pribadi
Sertifikat ISO 9001 2015, sumber: doc pribadi

Sedangkan di Indonesia menggunakan istilah ISO. Sistem keanggotaan ISO ini bersifat internasional dan sekarang ini sudah diikuti oleh lebih dari 160 negara dan perusahaan-perusahaan besar dunia. Setiap Negara yang menjadi anggota dari ISO berarti sudah mempunyai badan standarisasi nasional masing-masing.

Khusus di indonesia, lembaga standarisasi nasional tersebut langsung berada di bawah koordinasi Kemenristekdikti (Kemenristek/BRIN). Lembaga tersebut juga menyediakan berbagai informasi untuk Anda yang ingin mengenal apa-apa saja yang menjadi dokumen standarisasi ISO untuk perusahaan dan industri.

Setiap Negara dan perusahaan anggota dari ISO mengirimkan perwakilannya dalam pelaksanaan kegiatan ISO. Para wakil akan menempati beberapa komite, diantaranya adalah Komite Teknis/Technical Committee, Sub Komite/Sub Technical Committee dan Kelompok Kerja/Working Group untuk merumuskan ketetapan-ketetapan standarisasi.

Cakupan standarisasi ISO cukup luas, namun hanya dikhususkan untuk sektor industri dan komersial. Dalam hal ini, berarti sektor industri dan komersial di tingkat internasional. Jenis-jenisnya meliputi standar kualitas produk, kepuasan konsumen, rantai pasokan dan keamanan operasional, kelayakan produk, kesehatan dan keselamatan kerja sampai manajemen lingkungan yang ditetapkan dengan ISO 14001.

ISO merumuskan beberapa kriteria khusus untuk menentukan kualitas tertentu. Untuk perannya sendiri, layaknya wasit dalam sebuah pertandingan olahraga. Standarisasi ISO ini membantu menjaga persaingan tetap seimbang di antara semua pemain yang ikut serta. Dalam hal ini perusahaan, industri dan komersial.

Sertifikat ISO 45001 2018, sumber: doc pribadi
Sertifikat ISO 45001 2018, sumber: doc pribadi

Apa Itu ISO 14001 Tahun 2015?

ISO 14001 adalah sebuah standar internasional untuk sistem manajemen lingkungan yang dibuat untuk membantu organisasi mengelola dan meminimalkan dampak negatif kegiatan operasional industri, komersial terhadap lingkungan yang mencakup udara, suara, air dan tanah.

Sistem manajemen lingkungan adalah bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri atas satu set pengaturan secara sistematis yang mencakup struktur organisasi, tanggung jawab, prosedur, proses serta sumber daya dalam upaya mewujudkan kebijakan lingkungan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Sistem manajemen lingkungan juga memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performansi lingkungan yang baik, dengan upaya pengendalian dampak negatif dari kegiatan, produk dan jasa. 

Sistem ini juga bisa digunakan untuk mengantisipasi perkembangan tuntutan dan peningkatan performansi lingkungan dari konsumen di samping juga untuk memenuhi persyaratan peraturan lingkungan hidup dari pemerintah.

ISO 14001 adalah standar internasional yang diterbitkan oleh international Organization for Standardisation mengenai manajemen lingkungan. Penerapan standar ini bersifat sukarela. Awal kemunculan standar ini adalah perkembangan aspek manajemen mutu, bukan hanya aspek teknis atau ekonomis.

ISO 14001 sendiri pertama kali terbit pada tahun 1996 guna memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Hal tersebut juga sejalan dengan target organisasi atau perusahaan tersebut sendiri.

Kemudian pada tahun 2004 standar ini mengalami perubahan untuk pertama kalinya. Perubahan tersebut untuk mendukung sistem manajemen agar terintegrasi dan sejalan dengan ISO 9001 tahun 2008 mengenai sistem manajemen mutu.

ISO 14001 tahun 2015 merupakan penyempurna atas standar ISO 14001 tahun 2004. ISO ini secara formal dan resmi diterbitkan pada 16 September 2015. Keberadaan standar yang baru ini, maka ISO 14001 tahun 2004 resmi sudah tidak berlaku lagi dalam waktu 3 tahun.

Dalam standar ini ada beberapa perubahan. Perubahan tersebut antara lain pada kerangka sistem dan dikenalkannya konsep life cycle perspective. Dengan adanya standar ini, maka perusahaan yang menerapkan ISO 14001 versi 2004 perlu melakukan beberapa penyesuaian yang diperlukan.

Sertifikat ISO 14001 2015, sumber: doc pribadi
Sertifikat ISO 14001 2015, sumber: doc pribadi

Adapun tujuan utama dari standarisasi ISO 14001 tahun 2015 tentang sistem manajemen lingkungan pada perusahaan, industri dan komersial ada tiga, yakni:

  • Meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan yang mungkin terjadi akibat kegiatan operasional perusahaan, industri dan komersial,
  • Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku dan beberapa ketentuan terkait mengenai isu lingkungan dan
  • Melakukan perbaikan pada aktivitas-aktivitas di atas secara berkelanjutan.

ADISI Meraih Sistem Manajemen Terintegrasi

PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dan konsen pada sektor konstruksi selalu senantiasa meningkatkan mutu dan kualitasnya demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen, selain juga memang merupakan tuntutan persaingan pasar global. Salah satu indikator mengukur kemajuan sebuah perusahaan adalah adanya sertifikasi ISO.

ISO sendiri memiliki banyak jenis. Di antara jenis ISO yang biasa digunakan oleh perusahaan dan industri berdasarkan ketentuannya masing-masing adalah seperti ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO/IEC 17025, ISO 28000, ISO 50001, ISO 22000, ISO/IEC 27001 dan ISO TS 1949.

PT Adiprana Sentosa Indovesco (ADISI) sebagai perusahaan yang ingin memenuhi kepuasan konsumen telah memiliki 3 standarisasi ISO, antara lain ISO 9001 tahun 2015 tentang sistem manajemen mutu, ISO 14001 tahun 2015 tentang sistem manajemen lingkungan dan ISO 45001 tahun 2018 tentang manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau manajemen K3.

Manajemen ADISI selalu berkomitmen untuk menerapkan sistem ISO yang terintegrasi baik untuk kegiatan di Head Office maupun untuk seluruh proyek ADISI guna memberikan pelayanan yang prima (service excellent) demi mencapai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang baik, baik di internal maupun eksternal.

Furniture rumah adalah perlengkapan rumah tangga yang mencakup semua barang yang ada di rumah seperti kursi, meja, lemari dan lain-lain. Keberadaan furniture pada rumah bisa berfungsi sebagai elemen dekoratif, bisa juga berfungsi sebagaimana fungsi aslinya, yakni sebagai perabot rumah tangga.

Sekarang ini ada banyak perusahaan mebel yang menyediakan berbagai model desain furniture rumah yang bisa diaplikasikan dengan mudah pada rumah yang bisa memberikan kesan elegan dan minimalis dan bisa Anda dapatkan pada tokonya, baik offline maupun online.

Inspirasi Furniture Rumah

Untuk lebih jelasnya, langsung saja di bawah ini ada beberapa inspirasi yang kami rekomendasi, yang bisa Anda coba aplikasikan pada hunian Anda, antara lain adalah:

Meja Tamu Minimalis

Meja tamu yang dibuat dari kayu minimalis adalah inspirasi furniture rumah pertama yang bisa Anda aplikasikan pada rumah Anda. Meja yang elegan ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan labtop dan bekerja, karena ukurannya yang minimalis, mudah untuk Anda pindah dan alih fungsikan.

Selain itu, meja tamu minimalis ini bisa Anda manfaatkan untuk bersantai sambil minum kopi. Sangat praktis dan multifungsi. Material kayu dari meja ini bisa Anda kombinasikan dengan berbagai elemen lain, mulai dari karpet empuk hingga sofa empuk warna krem.

Furniture rumah meja tamu, sumber: pixabay.com
Furniture rumah meja tamu, sumber: pixabay.com

Tempat Tidur dan Storage

Untuk Anda yang ingin kamar tidur pribadi terlihat rapi dan bersih daring barang-barang yang tidak begitu penting. Jawaban untuk hal tersebut adalah menggunakan furniture rumah tempat tidur yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan di setiap sisinya.

Meja Makan Tersembunyi

Untuk rumah yang ruangannya serba kecil, tentu saja pemilihan furniturenya harus tetap sasaran. Anda bisa mendesain dapur dengan dikombinasikan dengan laci kecil yang bisa diberubah menjadi meja makan jika ditarik.

Meja makan tersembunyi minimalis ini cukup untuk menampung dua orang. Jadi, Anda tinggal menambah kursi senada jika ingin bersantap. Jika sudah selesai makan, Anda bisa mengembalikannya lagi pada posisi awal agar ruangan tetap terasa luas, praktis dan makan banyak tempat.

Kamar Tidur Dua Anak

Apabila Anda memiliki dua orang anak tapi belum ada sisa ruangan kamar lain yang bisa digunakan, maka furniture rumah minimalis ini sangat layak dipertimbangkan. Dengan menggunakan satu kamar saja dan ditata dengan efesien, kasur tidur untuk dua anak ini bisa Anda pilih kasur dua tingkat.

Jika pada umumnya area bawah kasur dua tingkat adalah kasur juga, maka inspirasi furniture satu ini sama sekali berbeda. Justru pada bagian bawah penopang kasur atas bisa dimanfaatkan sebagai lemari untuk menyimpan pakaian anak. Jadi, kasur lainnya menghadap ke arah yang berlawanan.

Karena untuk kamar tidur anak, Anda bisa menggunakan warna-warna cerah pastel seperti kuning dan hijau. Kedua warna ini tetap manis untuk dipandang meski ukurannya minimalis. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengecek pada kasur busa Jogja.

Sofa Bed Minimalis

Inspirasi furniture rumah berikutnya adalah sofa bed minimalis. Sekarang, Anda bisa menggunakan sofa dengan desain yang bisa menjadi lebih panjang ketika ditarik. Jadi, Anda bisa lebih nyaman saat istirahat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk alas saat baca buku, nonton film dalam durasi yang lama dan aktivitas santai lantainya, bahkan bisa Anda lakukan sambil berbaring. Meskipun demikian, memilih furniture rumah yang elegan dan minimalis perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kecocokannya dengan ruangan rumah Anda.

Sofa bed, sumber: pixabay.com
Sofa bed, sumber: pixabay.com

Nook untuk Ruang Terbatas

Furniture satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang suka dengan hal-hal yang sepaket. Sebab, nook ini sudah mengakomodasi beberapa fungsi furniture sekaligus, seperti sofa, tempat tidur dan laci penyimpanan. Jadi, bisa Anda gunakan sesuai fungsi dan kebutuhan Anda dan tentu saja akan lebih hemat ruangan.

Kabinet Dapur All In One

Kabinet dapur all in one ini memang jauh berbeda dengan dapur pada umumnya. Banyaknya ruang penyimpanan pada segala sisi, kanan, kiri, bawah dan atas membuatnya terasa lebih lapang, praktis dan rapi.

Secara kontras dapur jenis ini akan menyisakan ruang terbuka secukupnya untuk mencuci bahan makanan dan meletakkan sedikit perkakas dapur. Jadi, Anda bisa menyunsun dan megkategorikan perangkat dapur sesuai laci penyimpanan yang tersedia dan tentu saja, bisa muat banyak barang.

Nakas Minimalis

Nakas merupakan meja kecil yang berada di sebelah kiri dan kanan tempat tidur atau dengan kata lain, nakas adalah meja samping tempat tidur. Inspirasi furniture rumah elegan dan minimalis satu ini sangat cocok untu Anda yang mencerminkan style yang minimalis.

Nakas dan lampu tidur, sumber: pixabay.com
Nakas dan lampu tidur, sumber: pixabay.com

Sebab, bentuknya yang kompak dan umumnya terbuat dari kayu dengan warna yang terang, membuatnya mudah diletakkan dan dipindahkan pada ruangan manapun. Jadi, bisa Anda letakkan pada kamar tidur, ruang tamu, ruang kerja dan lainnya tanpa memakan ukuran ruangan.

Meskipun ukurannya minimalis, nakas ini bisa Anda fungsikan untuk tempat meletakkan buku. Bahkan Anda bisa memilih model nakas dengan tiga kompartemen yang pada bagian atas juga bisa Anda letakkan vas dengan bunga cantik dan segar dan bagian bawahnya bisa diisi dengan barang-barang pribadi jika pada kamar tidur dan berkas kerja jika untuk ruang kerja.

Itulah beberapa inspirasi furniture rumah yang elegan dan minimalis yang sangat cocok untuk tipe rumah minimalis. Untuk Anda yang suka dengan konsep kamar yang trendy, kami sarankan untuk membaca artikel kami yang berjudul kamar tidur korea. Semoga tulisan tersebut bisa menambah wawasan Anda.

Desain rumah modern mungkin sudah lebih dulu dibandingkan dengan desain rumah minimalis. Namun kebanyakan rumah minimalis terinspirasi dengan gaya modern. Jika sudah terlalu sering mendenger gaya minimalis karena merupakan gaya terbaru, lantas apakah Anda sebenarnya sudah pernah tahu bagaimana desain rumah modern?

Perusahaan konstruksi bangunan di Jakarta Adiprana Indovesco telah berpengalaman mengerjakan berbagai konstruksi bangunan. Bukan hanya rumah bergaya modern, namun juga bangunan berjenis dan fungsi lainnya. Nah, berikut ulasan seputar desain rumah modern.

Cara Membuat Desain Modern yang Unik

Desain rumah modern saat ini banyak yang di padukan dengan berbagai gaya yang unik. Ketika Anda akan membuat sebuah rumah bergaya modern, cobalah untuk menambahkan sentuhan tertentu. Membuat rumah bergaya unik akan lebih baik jika memperhatikan sisi kenyamanan. Untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk dipandang dan di tempati ada hal lain yang harus diperhatikan.

Ruangan Rumah Moder, sumber Arte Living
Ruangan Rumah Moder, sumber Arte Living

Pada dasarnya, rumah modern hadir untuk menggantikan rumah dengan desain klasik atau vintage. Berbeda dengan desain klasik yang tidak terlalu banyak bisa diimprovisasi, desain rumah modern dapat diimprovisasi karena cenderung bebas dalam konsepnya. Berikut beberapa saran untuk membuat desain rumah modern yang unik.

1. Gunakan mix material

Tidak ada salahnya jika Anda melakukan penggabungan material ketika akan membuat rumah berdesain modern. Terdapat banyak alasan yang mampu mendukung hasil akhir terbaik dari cara ini. Ketika Anda hanya berpatokan pada satu material saja biasanya rumah akan terasa bosan untuk ditempati. Untuk mengatasinya beberapa orang sering menambahkan material yang tak kalah nyaman.

Pada desain rumah modern penggunaan material yang dominan adalah tembok semen atau lantai keramik. Saat ini ada inovasi dari desain ini yang bisa Anda adaptasikan. Dimana ketika Anda menggunakan tembok berlapis semen akan menambahkan kesan natural akan membuatnya indah. Misalnya, pada dinding tembok Anda menambahkan atap kayu sehingga bisa tampak menyegarkan.

2. Perhatikan keindahan dan naturalisasi

Desain rumah modern membutuhkan sisi keindahan yang jauh lebih nyaman. Untuk meningkatkan keindahan ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memberikan sentuhan unik seperti bentuk ruangan yang jarang digunakan. Saat ini bentuk ruangan yang jarang digunakan adalah dengan akses ruangan dari segala arah yang memberikan kesan luas dan indah.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan aspek naturalisasi pada beberapa bagian rumah. Aspek naturalisasi ini bisa dilakukan dengan memberikan penambahan tanaman atau material lainnya. Seperti halnya dengan memberikan tanaman atau pot kecil pada meja, dinding ruangan, kamar, dan bagian lainnya. Anda juga bisa mengadaptasi lantai kayu pada bagian ruangan tertentu.

3. Desain dinding ruangan

Dinding ruangan yang indah bukanlah dinding yang terkesan polos. Kebanyakan orang merasa takut untuk menambahkan hiasan dinding. Dengan menggunakan hiasan dinding biasanya akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Hal ini bisa digunakan agar Anda tidak mudah merasa bosan untuk berlama-lama pada ruangan tertentu.

Warna Dinding Rumah Moder, sumber Ekspektasia
Warna Dinding Rumah Moder, sumber Ekspektasia

Penambahan desain dinding juga bisa dilakukan dengan memasangkan rak gantung pada dinding. Hal ini bisa memberikan kesan yang unik apalagi dengan rak yang di desain modern. Selain itu, apa yang Anda simpan di rak tersebut bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap desainnya.

4. Memperhatikan jenis lampu ruangan yang digunakan

Ketika memperhatikan jenis lampu pada ruangan Anda. Hal ini akan memudahkan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik. Cara untuk mendapatkan kesan modern bisa dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah memperhatikan pantulan cahaya yang akan dihasilkan oleh lampu tertentu. Cobalah untuk menggunakan warna dari cahaya lampu yang cocok untuk digunakan.

5. Menggunakan furniture yang berbentuk unik

Kebanyakan orang tidak berani untuk mengambil langkah ketika harus mencari furniture bagi rumah barunya. Tentunya memilih furniture membutuhkan proses yang panjang. Hal tersebut termasuk untuk mengatur dan memperhatikan kembali luas ruangan rumah Anda. Misalnya pada bagian kamar, Anda bisa saja membeli furniture yang modern namun harus memperhatikan kembali kesan uniknya.

6. Bahan, warna, dan bentuk lantai yang sesuai

Bagian lantai sering diabaikan untuk membuat desain rumah yang modern. Hal ini menjadi kesalahan yang sangat fatal tentunya untuk memberikan keindahan yang sangat signifikan. Bahan lantai yang Anda gunakan akan memberikan pengaruh terhadap suasana ruangan. Termasuk warna yang Anda pilih dan bentuk yang unik.

Rumah Modern, sumber Interior Desain Id
Rumah Modern, sumber Interior Desain Id

7. Ruangan multifungsi

Karena yang akan dibuat adalah desain rumah modern maka fungsi tiap areanya pun harus smart. Salah satunya adalah membuat area multifungsi. Buatlah sebuah ruangan multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas atau berbagai keperluan. Contohnya, ruang tamu yang bisa berfungsi sebagai ruang keluarga atau dapur yang dipadupadankan dengan ruang makan.

8. Menggunakan canopy

Jika lahan untuk area luar rumah Anda terbatas dan Anda tidak bisa membuat garasi untuk mobil, jangan khawatir. Salah satu konsep desain rumah modern adalah menggunakan canopy. Dengan menggunakan canopy, tidak perlu ada tambahan ruangan karena sudah cukup untuk berteduh dan mengurangi dampak cuaca luar rumah.

Itu dia beberapa tips untuk desain rumah modern yang bisa Anda coba praktikkan dalam rancangan rumah sesuai keinginan Anda. Untuk lebih akuratnya, Anda dapat berkonsultasi kepada jasa arsitek atau jasa konstruksi bangunan kepercayaan Anda. Termasuk agar pembiayaan membangun rumah tidak membengkak.

Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak terus berbagai ulasan menarik lainnya seputar bangunan dan rumah di halaman kami. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Untuk proyek pembangunan atau konstruksi apapun pasti membutuhkan rancangan anggaran biaya proyek. Karena dana yang akan dikeluarkan tentu tidak sedikit sebagaimana biaya belanja sehari-hari. Maka, manfaat membuat rancangan anggaran biaya membangun rumah salah satunya adalah untuk mengantisipasi berbagai hal terkait pembangunan dan pembiayaan.

Lantas jika proyeknya merupakan bangunan rumah sendiri bagaimana? Sama saja. Diperlukan rancangan anggaran biaya juga. Jangan sampai biaya dikeluarkan seiring dengan pembangunan tanpa perkiraan sebelumnya sama sekali. Sangat mungkin terjadi pembengkakan pembiayaan yang akhirnya merugikan.

Rancangan Anggara Biaya

Sebelum mencoba mengetahui bagaimana perhitungan atau estimasi dari biaya membangun rumah, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara membuat rancangan anggaran biaya proyek pembangunan. Karena estimasi biaya membangun rumah dapat diperkirakan melalui rancangan anggaran biaya ini.

1. Perkiraan Gambar Kerja

Untuk menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan RAB maka anda perlu merujuk pada gambar kerja bangunan. Gambar kerja juga digunakan untuk menentukan semua jenis pekerjaan, spesifikasi dan ukuran bahan bangunan. Jika telah memperkirakan gambar kerja, maka anda akan mudah menghitung volume pekerjaan.

2. Perhitungan Volume Pekerjaan

Dengan gambar kerja yang sudah dibuat, akan terlihat berbagai hal termasuk volume pekerjaan. Volume pekerjaan didapat dengan cara mendaftar harga satuan pekerjaan per meter persegi atau per unit. Daftarlah setiap item pekerjaan yang akan dilakukan ketika anda membangun bangunan.

Contoh Denah 3D Rumah Minimalis, sumber
Contoh Denah 3D Rumah Minimalis, sumber Diminimalis

3. Tentukan Harga Satuan Kerja

Harga satuan kerja atau harga upah dan material bisa ditentukan berdasarkan harga pasaran pada lokasi rumah yang dibangun. Dalam menentukan upah pekerja, harus benar-benar cermat dan melakukan komunikasi dari awal. Terdapat dua cara pengupahan yakni upah borongan bangunan dan upah harian.

4. Menghitung Biaya Pekerjaan

Hitunglah jumlah biaya pekerjaan dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Misalnya, penghitungan biaya pemasangan lantai keramik per meter persegi dikalikan dengan biaya upah pekerja.

5. Penjumlahan Total

Terakhir adalah melihat biaya keseluruhan dengan melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi yaitu jumlah total masing-masing sub pekerjaan, seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton. Setiap pekerjaan kemudian ditotal sehingga akan ditemukan jumlah keseluruhan biaya proyek.

Estimasi Biaya Bangun Rumah

Dari berbagai data yang telah disusun didalam rancangan anggaran biaya proyek membangun rumah, maka dapat diketahui estimasi biaya membangun rumah. Anda bisa melakukannya sendiri, namun jika bidang keseharian Anda jauh dari konstruksi pembangunan Anda akan memerlukan pengumpulan data. Nah, berikut ini kira-kira berbagai perhitungan untuk pembangunan rumah.

Estimasi Luas Lahan

Langkah awal yang dapat Anda lakukan dalam menghitung biaya membangun rumah sendiri ialah menghitung estimasi luas lahan bakal bangunan. Anda harus memastikan bahwa tidak ada yang akan menghalangi atau mengganggu jalannya proses pengukuran luas lahan. Termasuk di dalamnya lahan yang kotor, banyak rumput maupun tumbuhan lain yang mengganggu.

Rumah Idaman, sumber Curbed
Rumah Idaman, sumber Curbed

Untuk mengukur luas lahan, maka Anda akan membutuhkan beberapa peralatan. Misalnya, meteran, waterpass, benang ukur, pensil, penggaris, buku, hingga pengukur sudut. Jangan lupa untuk menyediakan kalkulator (bisa kalkulator smartphone) karena akan membuat kegiatan pengukuran Anda lebih efisien. Pastikan luas lahan yang akan diukur sesuai dengan kepemilikan SHM Anda.

Estimasi Biaya Desain

Dalam mendesain rumah, tentu saja tidak boleh sembarangan. Terutama dalam rangka menghindari kesalahan konstruksi yang dapat berakibat fatal. Bisa-bisa rumah Anda akan roboh dan tidak tahan lama. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai memakai jasa arsitek.

Adapun biaya jasa arsitek desain bangunan rumah biasanya didasarkan pada dua kriteria utama. Kriteria tersebut di antaranya seperti berikut :

  • Harga per meter dari bangunan yakni berkisar antara Rp. 200.000,00 sampai Rp. 750.000,00
  • Harga persentase berdasarkan anggaran biaya membangun rumah yakni 5% sampai 7%

Estimasi Biaya Material Bangunan

Usai memperoleh desain yang diinginkan melalui jasa arsitek, berikutnya Anda bisa mengkalkulasi estimasi biaya material bangunan sebagai bagian dari biaya membangun rumah. Alih-alih mengecek biaya material sendiri, Anda bisa memasarkannya kepada kontraktor. Dengan demikian, maka akan menghindari risiko pembengkakan anggaran biaya di tengah pembangunan.

Adapun estimasi biaya material bangunan yang diperlukan guna membangun sebuah rumah diantaranya seperti berikut. Material berikut merupakan bahan bangunan yang paling sering dibutuhkan dalam pembangunan suatu rumah.

  • Batu kali
  • Batu kerikil
  • Semen
  • Pasir
  • Gamping
  • Batu bata
  • Besi atau baja
  • Kayu
  • Keramik
  • Rangka atap baja
  • Genteng
  • Kusen
  • Daun jendela dan pintu
  • Kloset, kran dan shower (material khusus kamar mandi)

Estimasi Biaya Ongkos Kuli Bangunan

Setelah Anda selesai mengkalkulasikan material apa saja yang akan dibutuhkan guna membangun sebuah rumah, selanjutnya Anda bisa mulai menghitung biaya bangun rumah sendiri berdasarkan ongkos kuli bangunan. Lebih mudah jika melakukan pembangunan rumah menggunakan jasa kontraktor. Anda hanya perlu sekali saja melakukan pembayaran dengan sistem borongan hingga proyek pembangunan selesai.

Menghitung Biaya Bangun Rumah, sumber Tiga Roda
Menghitung Biaya Bangun Rumah, sumber Tiga Roda

Jika tidak menggunakan jasa pemborong, maka Anda bisa menghitung biaya ongkos pekerja atau kuli bangunan berdasarkan kriteria yang wajar. Anda bisa membayarkan jasa pekerja tersebut dengan biaya mulai dari Rp.120.000,00 sampai Rp.150.000,00 serta belum termasuk dengan uang makan. Kemudian, upah kenek bangunan berkisar mulai dari Rp.50.000,00 sampai Rp.100.000,00.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Secara Total

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan dalam menghitung biaya pembangunan rumah sendiri ialah mengkalkulasikan total biaya keseluruhan. Anda dapat menggabungkan seluruh biaya yang diperlukan dalam proses pembangunan rumah seperti biaya desain rumah, belanja material bangunan, upah tukang maupun biaya lainnya yang diperlukan mulai dari tahap awal pembangunan sampai tahap akhir.

Nah, itu dia contoh estimasi pembiayaan untuk membangun rumah. Apakah Anda sudah dapat menghitungnya dengan contoh ini? Jika belum dan ragu, agar lebih akurat Anda bisa menghubungi perusahaan konstruksi di Jakarta yang memberikan layanan kontraktor bangunan. Semoga bermanfaat.

Jasa konstruksi bangunan atau jasa arsitek punya tugas penting kepada konsumen. Diantaranya banyak tugas penting tersebut, salah satunya adalah membuat RAB bangunan rumah. Apakah Anda sudah pernah mengetahui istilah RAB bangunan rumah sebelumnya?

Membangun rumah, meskipun untuk kebutuhan pribadi bukanlah pekerjaan yang ringan dan mudah. Maka, pekerjaan semacam ini membutuhkan berbagai hal termasuk salah satunya adalah rancangan. Dalam pekerjaan konstruksi ada istilah yang namanya Rancangan Anggaran Biaya.

Mengenal Rancangan Anggaran Biaya

Banyak yang mengatakan bahwa membangun rumah pribadi dengan menggunakan jasa arsitektur akan lebih mahal dibandingkan dengan tanpa jasa arsitek. Padahal, jasa kontraktor Jakarta memiliki keahlian khusus termasuk rancangan anggaran biaya atau RAB bangunan rumah. Hal semacam ini sebenarnya bisa memberikan antisipasi atas pembengkakan pembiayaan.

Gambar Kerja Pembangunan Rumah, sumber Interior Rumah Elegan
Gambar Kerja Pembangunan Rumah, sumber Interior Rumah Elegan

Pekerjaan konstruksi merupakan urusan yang kompleks. Banyak hal yang perlu dikerjakan bersamaan bahkan harus mendetil. Jika tidak dipersiapkan prakiraan biayanya, maka bisa saja ada pembengkakan anggaran karena tidak terantisipasi. Padahal, banyak hal yang jika diadakan sekaligus dapat lebih murah dibandingkan didatangkan satu per satu seperti material bangunan.

Maka, disusunlah RAB bangunan rumah atau rancangan anggaran biaya bangunan rumah. Untuk merancang biaya ini, tentu saja harus diteliti keseluruhan keperluan pekerjaan proyek pembangunan sehingga seluruh anggaran biaya yang diperlukan dapat diketahui. Inilah salah satu kelebihan menggunakan jasa arsitektur.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keahlian jasa kontraktor :

1. Kustomisasi Bangunan

Siapa bilang bahwa jasa kontraktor tidak bisa memenuhi sesuai permintaan konsumen? Justru jasa kontraktor dapat melayani kustomisasi bangunan menurut kebutuhan konsumen. Namun tentu saja tidak semua permintaan dilayani tanpa pertimbangan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, jasa kontraktor merupakan layanan yang dikerjakan oleh tim. Tim ini terdiri dari berbagai bidang yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah pembangunan yang layak misalnya bidan teknik sipil dan bidang arsitektur. Keberadaan orang-orang ahli ini justru menjadi keuntungan tersendiri.

Bangunan yang sesuai dengan permintaan sekaligus dapat layak, aman dan nyaman untuk ditinggali selalu menjadi pertimbangan yang dapat dibuat oleh para ahli ini. Karena itu, memang jika permintaan konsumen jauh dari kelayakan akan ada koreksi dari jasa kontraktor. Namun hal ini merupakan saran yang baik untuk konsumen.

2. Rancangan Anggaran Lebih Optimal

Kemampuan membuat rancangan anggaran biaya bangunan juga tidak bisa dimiliki semua orang. Untuk mempelajarinya, tentu saja membutuhkan waktu yang lama. Padahal, kebutuhan akan bangunan harus segera terpenuhi. Lantas, bagaimana solusinya?

Jasa Konstruksi, sumber Kompas
Jasa Konstruksi, sumber Kompas

Jasa kontraktor dapat menjadi solusi untuk kebutuhan rancangan anggaran biaya bangunan. Bahkan, termasuk apabila biaya yang akan dikeluarkan perlu memenuhi target atau perlu di ekonomisasi. Tim dari jasa kontraktor dapat membantu konsumen merancang anggaran biaya banguna seoptimal mungkin.

3. Kecepatan Untuk Memenuhi Target

Seberapa cepat Anda membutuhkan pemakaian bangunan yang Anda inginkan? Terkadang ada yang secepatnya namun ada pula yang dapat ditentukan hingga waktu tertentu. Nah, jasa kontraktor dapat memberikan jaminan ketepatan waktu selesainya pembangunan.

Bahkan kebanyakan bangunan yang dikerjakan secara mandiri dan tidak tertentu targetnya sering terjadi penundaan dan ketidaktuntasan pembangunan. Sehingga kita sering melihat rumah-rumah yang masih terdapat bagian tertentu yang belum tuntas namun langsung ditinggali karena kebutuhan mendesak. Jasa kontraktor dapat menghindarkan kejadian ini dari Anda sebagai konsumennya. Sehingga tidak terdapat dampak negatif dari bagian bangunan yang belum tuntas ini.

4. Garansi Pembangunan

Mungkinkah ada kesalahan yang tidak terduga dari proses pembangunan? Mungkin saja. Namun tidak selalu berkaitan dengan kesalahan pada pembangunan yang membahayakan. Bisa saja kesalahan yang membuat ketidaksesuaian dengan keinginan.

Jasa konstruksi bangunan dapat memberikan garansi apabila terdapat kesalahan semacam ini. Bahkan, karena merupakan jasa konstruksi, kerugian materil dapat dihindari seminimal mungkin. Inilah salah satu kelebihan jasa ini.

5. Perizinan dan Administrasi yang Mudah

Hal yang tidak boleh terlewatkan lainnya dalam melakukan pembangunan adalah aspek perizinan dan administrasi. Mengurus aspek perizinan dan administrasi ini terkadang tidak mudah dan membutuhkan pengalaman serta pengetahuan. Nah, jasa konstruksi bangunan dapat membantu Anda untuk memberikan solusi terkait aspek perizinan dan administrasi bangunan ini.

Rancangan Anggaran Biaya

Lantas seperti apa sebenarnya RAB bangunan rumah? Anda dapat mengetahuinya dari informasi berikut ini.

Rancangan Anggara Biaya Rumah, sumber Quadran Finance
Rancangan Anggara Biaya Rumah, sumber Quadran Finance

1. Perkiraan Gambar Kerja

Untuk menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan RAB maka anda perlu merujuk pada gambar kerja bangunan. Gambar kerja juga digunakan untuk menentukan semua jenis pekerjaan, spesifikasi dan ukuran bahan bangunan. Jika telah memperkirakan gambar kerja, maka anda akan mudah menghitung volume pekerjaan.

2. Perhitungan Volume Pekerjaan

Dengan gambar kerja yang sudah dibuat, akan terlihat berbagai hal termasuk volume pekerjaan. Volume pekerjaan didapat dengan cara mendaftar harga satuan pekerjaan per meter persegi atau per unit. Daftarlah setiap item pekerjaan yang akan dilakukan ketika anda membangun bangunan.

3. Tentukan Harga Satuan Kerja

Harga satuan kerja atau harga upah dan material bisa ditentukan berdasarkan harga pasaran pada lokasi rumah yang dibangun. Dalam menentukan upah pekerja, harus benar-benar cermat dan melakukan komunikasi dari awal. Terdapat dua cara pengupahan yakni upah borongan bangunan dan upah harian.

4. Menghitung Biaya Pekerjaan

Hitunglah jumlah biaya pekerjaan dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Misalnya, penghitungan biaya pemasangan lantai keramik per meter persegi dikalikan dengan biaya upah pekerja.

5. Penjumlahan Total

Terakhir adalah melihat biaya keseluruhan dengan melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi yaitu jumlah total masing-masing sub pekerjaan, seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton. Setiap pekerjaan kemudian ditotal sehingga akan ditemukan jumlah keseluruhan biaya proyek.

Itu dia apa yang dimaksud dengan RAB bangunan rumah beserta isinya. Apakah Anda setuju jika dengan perencaan biaya semacam ini pembangunan akan lebih baik? Berikan jawaban Anda di kolom komentar yang tersedia ya.

Adiprana mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil (zero accident award) atas prestasinya dalam melaksanakan program K3 Tahun 2020 di PT Jembayan Muara Baya Group & PT Pama Persada Nusantara Site Baya

ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3), dengan panduan untuk penggunaannya, untuk memungkinkan organisasi secara proaktif meningkatkan kinerja SMK3 dalam mencegah cedera dan kesehatan yang buruk.

ISO 45001 dimaksudkan untuk diterapkan pada organisasi apa pun tanpa batasan ukuran, jenis dan sifatnya. Semua persyaratannya dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi. ISO 45001 memungkinkan suatu organisasi, melalui sistem manajemen K3 nya, untuk mengintegrasikan aspek-aspek lain dari kesehatan dan keselamatan, seperti kesehatan / kesejahteraan pekerja.

Sertifikasi ISO 9001 2015 merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Serifikasi Manajemen Kualitas.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkkan suatu perusahaan memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia yaitu, ISO. Ketika perusahaan telah berhasil lulus audit dan mendapatkan ISO 9001 2015, artinya perusahaan tersebut telah memenuhi berbagao persyaratan yang telah ditetapkan secara internasional.

Hal tersebut dapat membuat terpenuhinya kebutuhan konsumen secara spesifik, yaitu dimana perusahaan bertanggung jawab atas jaminan kualitas produk-produk yang dihasilkan.