Struktur Bangunan – Membangun sebuah hunian atau rumah tentu Anda perlu banyak pertimbangan serta perhitungan. Pada tahap perencanaan, salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan adalah struktur bangunannya.

Jika Anda memiliki rencana untuk membangun rumah sendiri, Anda juga perlu untuk mengetahui apa itu struktur, jenis serta elemen rangkan bangunan, agar tidak ada kesalahan dalam proses pembangunan.

Struktur bangunan merupakan bagian bagian dari sebuah bangunan yang membentuk bangunan tersebut. Bagian bangunan yang dimaksud mulai dari pondasi, balok, kerangka, pelengkung, dinding dan lain lainnya.

Setiap struktur ini berfungsi untuk mendukung elemen elemen konstruksi lain, contohnya interior dan arsitektur bangunan. Setiap elemen rangka bangunan memang mempunyai fungsinya masing masing tetapi tujuannya tetap sama.

Bagian rangka bangunan memiliki perang yang sangat penting dalam dunia konstruksi. Keselamatan penghuni rumah akan sangat tergantung dari kekuatannya. Kelemahan atau kerusakan bisa menyebabkan cedera atau pun kematian. Karena itu, struktur itu tidak boleh sembarangan dibangun.

Membangun sebuah hunian atau rumah tentu Anda perlu banyak pertimbangan serta perhitungan. Pada tahap perencanaan, salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan adalah struktur bangunannya.
Tampilan struktur bangunan, sumber: adhyaksapersada.co.id

Jenis Struktur Bangunan

Elemen rangka bangunan bisa Anda bagi lagi menjadi dua jenis, yakni struktur bawah dan struktur atas. Sebagian orang bahkan membanginya menjadi 3 jenis, yakni struktur atas, tengah dan bawah.

1. Struktur Bawah Bangunan

Elemen bangunan yang pertama disebut struktur bawah. Struktur ini adalah bagian bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah. Contoh dari struktur ini adalah pondasi, basement dan sloof.

2. Struktur Tengah Bangunan

Bagian bangunan yang kedua disebut struktur tengah. Struktur kedua ini berada di antara tanah dan atap. Contoh dari bagian tengah bangunan ini adalah termasuk dinding, kolom dan sejenisnya.

3. Struktur Atas Bangunan

Elemen bangunan terakhir adalah struktur atas. Struktur satu ini terletak pada bagian paling atas bangunan yang berfungsi sebagai penopang atap yang berbentuk memanjang ke atas. Contoh dari struktur ini adalah pondasi, kerangka dan lainnya.

Anda tidak perlu merasa bingung dengan perbedaan pandangan mengenai klasifikasi jenis struktur bangunan tersebut. Kedua pandangan di atas tidak ada yang salah, karena masing masing memiliki komponen yan g sama. Kedua jenis ini bisa Anda jadikan sebagai referensi.

4. Elemen Struktur Bangunan

Untuk Anda yang belum mendapatkan gambaran lengkapnya, berikut ini kami berikan pula uraian mengenai elemen penting dalam bagian bangunan. Apa saja? Ini penjelasan lengkapnya!

5. Kolom

Kolom merupakan batang tekan vertikal yang memikul beban seluruh bangunan. Kolom merupakan elemen yang berperan penting pada ketahanan sebuah bangunan. Kolom yang tidak memenuhi standar layak, akan berujung pada munculnya bahaya.

Kolom merupakan batang tekan vertikal yang memikul beban seluruh bangunan. Kolom merupakan elemen yang berperan penting pada ketahanan sebuah bangunan. Kolom yang tidak memenuhi standar layak, akan berujung pada munculnya bahaya.
Ilustrasi konstruksi kolom bangunan, sumber: anakteknik.co.id

Karena hal tersebut bisa membuat seluruh bangunan bisa rubuh. Elemen ini adalah kombinasi antara besi dan beton. Kedua bahan tersebut sangat kuat untuk menahan tarikan dan tekanan. Dengan kolom, kerangka, sloof dan balok yang bisa menahan tekanan.

6. Balok

Apabila kolom merupakan kerang penguat vertikal, maka elemen satu ini adalah kerangka penguat horizontal. Elemen ini berfungsi sebagai pengikat kolom dan dudukan untuk lantai atas dan atap. Layaknya seperti kolom, balok juga terbuat dari kombinasi besi dan beton.

7. Rangka Batang

Rangka batang merupakan sebuah elemen yang terbuat dari rangkaian batangan besi dan berbentuk segitiga. Biasanya rangka batang di sebuah rumah ditemukan di atap. Rangka batang berperan memberi bentuk pada atap.

8. Rangka Bangunan

Bagian rangka bangunan secara umum adalah struktur pendukung utama pada sebuah bangunan. Kolom, sloof dan balok adalah bagian dari keseluruhan kerangka bangunan. Apabila Anda ingin membangun bangunan permanen, kerangka bangunan perlu dibangun dari beton dan besi. Sebab, dua bahan ini cukup sanggup menahan gempa bumi.

9. Fondasi

Fondasi adalah sebuah elemen bangunan yang sangat penting. Secara dasar, fondasi adalah bagian bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah. Fondasi juga sebagai penopang kerangka bangunan dan bagian bangunan lain yang ada di atasnya.

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal, bangunan pondasi ini harus Anda buat mengikuti standar agar tanah gempa dan angin. Karena peran tersebut Anda perlu merancangnya dengan sangat baik.

10. Dinding

Dari setiap elemen bangunan yang ada, semua bangunan pastinya memiliki bagian dinding. Dinding adalah pembatas dan pelindung untuk area tertentu. Selain itu, dinding ini juga berfungsi sebagai batas bangunan dan juga mendukung kekuatan bangunan.

Dari setiap elemen struktur bangunan yang ada, semua bangunan pastinya memiliki bagian dinding. Dinding adalah pembatas dan pelindung untuk area tertentu. Selain itu, dinding ini juga berfungsi sebagai batas bangunan dan juga mendukung kekuatan bangunan.
Tampilan dinding, sumber: arsitur.com

11. Sloof

Apabila balok merupakan penguat vertikal untuk lantai atas atau atap, maka sloof merupakan elemen bangunan yang menguat lantai pertama dengan pondasi. Seperti kolom dan balok, sloof ini juga wajib memiliki spesifikasi yang kuat.

12. Terowongan dan Basement

Pada beberapa bangunan juga dilengkapi dengan elemen bawah tanah, berupa terowongan atau basement. Bangunan bawah tanah ini bisa Anda golongkan sebagai elemen tambahan saja, atau tidak mesti ada pada bangunan Anda. Biasanya, penggunaan elemen ini untuk memaksimalkan keterbatasan area.

13. Atap

Atap adalah elemen utama dari bagian bangunan yang menutup bagian atap sebuah bangunan. Semua bangunan pasti memiliki bagian satu ini, agar penghuninya terlindung dari panas matahari dan kondisi cuaca yang lain seperti hujan dan angin.

Demikianlah pembahasan mengenai bangunan, jenis dan elemennya yang perlu Anda ketahui. Setiap bahasan di atas sangat perlu untuk Anda pertimbangkan di saat Anda ingin membangun rumah. Namun, apabila Anda ingin yang praktis, Anda bisa memilih membeli rumah siap huni seperti apartemen atau rumah diperumahan.

Semoga tulisan singkat ini memudahkan Anda dalam membangun rumah impian Anda. kami juga rekomendasikan pada Anda untuk membaca artikel lain dengan tema bangunan bentang lebar agar Anda mengetahui tentang site plan rumah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.