Struktur bangunan bentang lebar merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan yang biasanya digunakan di tanah air. Jenis struktur satu ini mempunyai ciri khusus yakni pada area yang digunakan berbentuk ruang tanpa sekat. Bangunan tersebut secara umum digunakan untuk tempat pertunjukan, lapangan olahraga dan sejenis gedung serbaguna lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai struktur bangunan bentang lebar ini. Di antara hal tersebut adalah sistem, jenis struktur dan beberapa model yang bisa Anda jadikan wawasan dan referensi.

Apa Itu Bangunan Bentang Lebar?

Pada konstruksi bangunan, definisi struktur berhubungan dengan sarana menyalurkan beban serta akibat penggunaan bangunan tersebut secara langsung pada tanah. Umumnya, jenis bangunan ini sendiri biasa digunakan sebagai bangunan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang membutuhkan ruangan yang bebas kolom dan besar.

Contohnya seperti gedung pertunjukkan, kegiatan olahraga sampai auditorium. Struktur bagi bangunan bentang lebar ini memiliki tingkat kerumitan yang beragam, berbeda dengan struktur bangunan rumah atau ruko.

Hal tersebut banyak dipengaruhi oleh model yang ada pada struktur bangunan itu sendiri. Untuk Anda yang ingin membangun jenis bangunan ini, sangat perlu untuk memperhitungkan model secara keseluruhan dengan cermat agar bangunan tetap kokoh, aman dan bisa memberikan kenyamanan ketika digunakan.

Struktur banunan bentang lebar merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan yang biasanya digunakan di tanah air. Jenis struktur satu ini mempunyai ciri khusus yakni pada area yang digunakan berbentuk ruang tanpa sekat. Bangunan tersebut secara umum digunakan untuk tempat pertunjukan, lapangan olahraga dan sejenis gedung serbaguna lainnya.
Tampilan bangunan bentang lebar sumber: eticon.co.id

Struktur Bangunan Bentang Lebar

Perihal struktur bangunan bentang lebar, sebenarnya bisa kita bagi dalam empat dari segi sistem besar strukturnya. Setiap struktur tersebut juga memiliki struktur lagi, sehingga Anda perlu mengetahuinya agar bisa membedakannya.

1. Form Active Stucture System

Sistem satu ini mempunyai hubungan antara bentuk dan struktur yang dekat dan bisa menciptakan bentuk yang unik. Sehingga para teknisi diharapkan bisa mengolaborasi bentuk dengan pertimbangan sistem struktur ini dan memahami sistem kerjanya. Struktur ini antara lain cable system, tent system, pneumatic system dan arch system.

2. Bulk Active Structure System

Yang keduan ini merupakan struktur kaku yang padat dan menggunakan bahan linear dan memanjang. Perubahan dan pengalihan model akan dipengaruhi oleh mobilisasi gaya dan beban setempat. Struktur ini langsung memberikan beban pada material dan balok sebagai penyangga. Terdiri dari beam system, beam grid dan slab system.

3. Vector Active Structure System

Struktur vector aktif merupakan sebuah struktur yang mengalihkan atau menyalurkan gaya eksternal terutama dari susunan unsur tekan dan unsur tarik yang terus menerus, seperti struktur rangka batang. Terdiri dari flat truss system, curved truss system dan space truss system.

4. Surface Active Structure System

Sistem struktur satu ini merupakan permukaan sistem struktur aktif yang fleksibel, namun tahan terhadap risiko kompresi, ketegangan dan geser di mana pengalihan kekuatan akan dipengaruhi oleh resistensi permukaan dan bentuk tertentu.

Dalam pengelompokannya, sistem satu ini terdiri dari prismatic folded structure system, pyramidal folded structure system, totational shell system dan anticlastic shell system. Struktur ini sangat cocok untuk bangunan bentang lebar yang Anda rancang.

Sistem struktur satu ini merupakan permukaan sistem struktur aktif yang fleksibel, namun tahan terhadap risiko kompresi, ketegangan dan geser di mana pengalihan kekuatan akan dipengaruhi oleh resistensi permukaan dan bentuk tertentu.
Tampilan salah satu sistem bentang lebar, sumber: civilprojectsonline.com

Jenis Struktur Bangunan Bentang Lebar

Struktur bangunan bentang lebar pada umumnya bisa Anda kelompokkan ke dalam dua jenis yang berbeda, yakni struktur bentang lebar sederhana dan struktur bentang yang kompleks. Lantas, apa aspek perbedaan dari kedua jenis ini? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Bangunan Sederhana

Bangunan dengan bentang lebar sederhana biasanya diterapkan pada berbagai gedung olahraga. Seperti pada gymnasium, gedung futsal, gedung basket dan sejenisnya. Apabila dilihat dari bentuknya, tentunya Anda bisa menilai bahwa gedung gedung tersebut tidak mengindahkan nilai estetika pada bangunannya. Akan tetapi lebih menekankan pada unsur fungsionalnya.

2. Bangunan Kompleks

Bangunan kedua adalah bangunan yang kompleks. Jenis bangunan ini merupakan paduan dari berbagai jenis struktur bentang lebar, lengkap dengan berbagai teori dasar bangunan. Bisa dikatakan, bangunan ini layaknya karya seni yang indah.

Untuk mendapatkan gambarannya, Anda bisa melihat Sydney Opera House. Gedung tersebut merupakan yang termasuk kategori struktur bangunan bentang lebar kompleks yang bisa membuat Anda merasa kagum dan terpesona.

Contoh Bangunan Bentang Lebar

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal, bangunan ini adalah sistem bangunan yang memungkinkan penggunaan ruangan bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan jenis ini tidak hanya bisa Anda temukan di luar negeri, di tanah air juga bisa Anda jumpai. Apa saja? Ini dia bocorannya!

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal, bangunan ini adalah sistem bangunan yang memungkinkan penggunaan ruangan bebas kolom yang selebar dan sepanjang mungkin. Bangunan jenis ini tidak hanya bisa Anda temukan di luar negeri, di tanah air juga bisa Anda jumpai. Apa saja? Ini dia bocorannya!
Nampak atas stadion surabaya, sumber: suarasurabaya.net

1. Stadion dan Fasilitas Pelatihan Softball Surabaya

Bangunan ini merupakan fasilitas umum yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Surabaya dalam bermain olahraga sofbol. Olahraga ini merupakan jenis olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim.

2. Gedung MPR dan DPR

Selain di Surabaya, Anda bisa menjumpai jenis bangunan ini pada gedung MPR dan DPR RI yang berada di area Jakarta. Hal yang menarik adalah, area nusantara I atau lokawirasabha dengan tinggi 100 meter berlantai 24 ini memiliki kemiringan hingga 7 derajat.

3. Teater Imax Keong Emas

Teater imax keong mas adalah gedung yang berbentuk seperti keong raksasa. Bangunan ini didirikan pada tahun 1984 sebagai tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus dengan teknologi canggih yang diprakarsai oleh Ibu Tien Soeharto.

Demikianlah bahasan tentang struktur bentang lebar, jenis dan contohnya. Jika Anda hendak membangun struktur bangunan, pastikan memilih jenis struktur bangunan yang tepat agar unsur fungsional bisa lebih maksimal. Untuk informasi lengkapnya, hubungi kami segera dan baca juga tulisan dengan judul arah rumah yang baik berdasarkan tradisi fengshui ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.