Inilah 6 Sistem Keamanan Bangunan Gedung yang Wajib Ada

Selain kekuatan dan keindahan, sistem keamanan bangunan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap kenyamanan para penghuninya. Sistem keamanan memiliki dampak yang begitu besar bagi mereka yang tinggal di gedung-gedung tinggi seperti apartemen atau komplek perkantoran.

Jenis struktur bangunan tinggi merupakan yang paling butuh sistem keamanan. Keberadaan sistem keamanan mampu meminimalisir dampak negatif dari berbagai ancaman. Karena seperti kita tahu bahaya bisa muncul dari para pelaku kriminal, masalah teknis, atau bencana.

Jenis-Jenis Sistem Keamanan Bangunan

Sistem keamanan sebuah bangunan, Sumber: unsplash.com
Sistem keamanan sebuah bangunan, Sumber: unsplash.com

Sebagus dan semewah apapun gedung, jika tidak dilengkapi dengan sistem keamanan maka tidak akan bernilai. Berikut ini adalah beberapa sistem keamanan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap gedung. 

1. Pos Keamanan 24 Jam

Standar dasar untuk sistem keamanan bangunan yang wajib ada yaitu pos keamanan 24 jam. Pos keamanan yang dijaga 24 jam nonstop mampu mencegah kejahatan seperti pencurian, perusakan properti, atau tindakan kriminal lainnya. 

Petugas yang berjaga akan memantau secara langsung semua kegiatan di dalam maupun luar gedung. Ketika terjadi situasi yang mencurigakan, petugas dengan cepat bisa mengambil tindakan agar tidak terjadi kerugian. Dengan begitu, maka penghuni gedung akan merasa aman. 

Setiap orang yang keluar masuk gedung juga akan diperiksa oleh petugas. Hal itu akan meningkatkan keamanan dan melindungi aset-aset berharga yang berada di dalam gedung seperti peralatan atau barang-barang penting.

2. Sistem Pemantauan CCTV

Salah satu sistem keamanan bangunan tinggi yang mampu mengawasi dan merekam semua kegiatan penghuni maupun pengunjung gedung yaitu pemantauan melalui CCTV. Dengan keberadaan CCTV maka akan sangat membantu mencegah tindakan kriminal, meminimalisir risiko pencurian, dan meningkatkan rasa aman bagi para penghuni gedung. 

CCTV tidak hanya berfungsi sebagai alat pencegahan saja, akan tetapi bisa dijadikan alat bukti penyelidikan ketika terjadi kejahatan. Dengan adanya CCTV, maka identifikasi pelaku kriminal bisa jauh lebih mudah. Selain itu CCTV juga bisa digunakan untuk memantau kejadian secara langsung. 

CCTV biasanya diletakkan di lokasi yang strategis baik di dalam gedung maupun luar ruangan. Lokasi yang sering dipasangi CCTV antara lain adalah pintu masuk utama, lobi gedung, tangga, tempat parkir, ruang penyimpanan, dan ruangan yang berisi barang atau informasi berharga.

3. Sistem Alarm Intrusi

Alarm intrusi, Sumber: interfacesystems.com
Alarm intrusi, Sumber: interfacesystems.com

Sistem alarm intrusi merupakan sistem keamanan bangunan yang mampu mendeteksi adanya gerakan yang mencurigakan. Keberadaan alarm akan mempermudah petugas yang berjaga untuk bisa segera mendeteksi adanya situasi bahaya.

Ketika mendengar bunyi alarm, maka para petugas keamanan akan segera mengambil tindakan penanganan. Sistem alarm intrusi biasanya terdiri dari detektor gerak, sensor pecah kaca, atau sensor pintu dan jendela. 

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing jenis sistem alarm intrusi:

Sistem keamanan jendela dan pintu

Sistem keamanan yang satu ini mampu mendeteksi aktivitas yang berada di sekitar pintu atau jendela. Ketika sensor diaktifkan, maka tindakan pembobolan akan memicu alarm untuk aktif.

Sistem keamanan perimeter

Sistem keamanan bangunan ini banyak digunakan untuk melindungi dan menjaga batas fisik sebuah area. Peralatan yang digunakan pada sistem keamanan perimeter adalah beam detector. Beam detector biasanya dipasang di area pagar atau area yang membutuhkan penjagaan.

Sistem keamanan darurat

Sistem keamanan darurat merupakan sistem keamanan yang dirancang secara khusus akan aktif jika terjadi keadaan mendesak. Peralatan yang digunakan dalam sistem keamanan darurat yaitu kick bar dan panic button. Contoh instalasi panic button bisa Anda temukan di sistem lift bangunan

Dalam kondisi darurat, penghuni gedung bisa memanfaatkan panic button agar bisa segera keluar dari situasi bahaya. Setelah menekan tombol tersebut, petugas keamanan yang mendengar sinyal darurat akan segera mengambil tindakan perlindungan. 

4. Alarm Kebakaran

Alarm kebakaran merupakan sistem keamanan bangunan yang wajib ada. Alarm Kebakaran merupakan bagian dari sistem keamanan gedung yang diperlukan untuk mencegah risiko kebakaran. Sistem deteksi api didesain untuk mengenali tanda-tanda awal kebakaran seperti munculnya asap atau peningkatan suhu. 

Pemberitahuan kebakaran ini sangatlah penting untuk memberi peringatan awal kepada para penghuni gedung supaya mereka bisa segera mengambil tindakan. Dengan adanya sistem alarm, potensi kerugian bisa diminimalisir. 

5. Pemantauan Server

Pemantauan server adalah sistem keamanan yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk mengkoordinir semua sistem keamanan. Dari sini petugas keamanan secara aktif akan melakukan pemantauan pada berbagai sistem keamanan. 

Mereka juga dengan sigap akan merespon peringatan yang muncul pada sistem keamanan. Orang-orang yang bertugas di pusat pemantauan server mampu melakukan koordinasi secara efektif dan tanggap terhadap keadaan darurat. 

6. Emergency Tools

Emergency Tools, Sumber: twpec.ca
Emergency Tools, Sumber: twpec.ca

Meskipun terlihat sederhana, emergency tools menjadi peralatan darurat yang harus selalu tersedia di dalam sebuah gedung. Adapun emergency tools tersebut antara lain adalah kotak P3K, alat pemadam kebakaran, pengeras suara atau TOA, dan telepon umum bebas pakai. 

Dalam keadaan darurat, peralatan-peralatan tersebut akan sangat dibutuhkan. Contohnya saat terjadi bencana alam, terjadi tindak kejahatan, atau terjadi masalah teknis ketika berada di dalam lift.

Para penghuni gedung sangat disarankan untuk melakukan latihan penggunaan peralatan darurat. Hal tersebut penting dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi darurat. 

Itulah beberapa sistem keamanan bangunan yang wajib ada. Jika Anda ingin membuat gedung atau bangunan yang aman dan nyaman, maka percayakan saja pengerjaannya pada Adiprana Sentosa Indovesco. 

Adiprana Sentosa Indovesco merupakan salah satu perusahaan konstruksi di Jakarta yang selalu membuat gedung lengkap dengan sistem keamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi perlindungan dan memastikan keselamatan para penghuninya. 

Untuk mendapat informasi yang lebih lengkap dan spesifik mengenai keamanan bangunan, Anda bisa berkonsultasi dengan admin kami melalui chat WhatsApp. Caranya yaitu dengan menekan tombol chat via WhatsApp di bawah.

Bagikan ke sosial media Anda :
Artikel Terbaru
Jika Anda ingin berlangganan artikel dari kami, silahkan lampirkan email Anda formulir di bawah ini
× Chat via WhatsApp!