Manfaat Penting Cat Dasar Tembok yang Wajib untuk Diketahui

Cat dasar tembok atau yang sering disebut sebagai cat primer adalah sebuah cat yang berfungsi sebagai pelapis dari sebuah material. Setiap tembok bangunan sangat membutuhkan peranan dari bahan satu ini. Karena itu, Anda wajib mengetahuinya.

Sebelum masuk pada bahasan inti mengenai manfaat penting cat dasar tembok, kami berikan terlebih dahulu pembahasan mengenai jenis cat tembok yang biasanya digunakan sebagai bahan pelapis penguat tembok.

Jenis Cat Dasar Tembok

Biasanya di pasaran ada dua jenis cat dasar yang bisa Anda gunakan. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan karakteristik tersendiri. Lantas apa saja jenis cat dasar tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cat Dasar Berbahan Dasar Minyak

Jenis cat dasar pertama adalah yang terbuat dari bahan dasar minyak. Jenis satu ini mempunyai kemampuan untuk menembus butiran kayu dengan mengisi pori-pori. Selain itu, cat dasar  ini juga berfungi sebagai penghalang untuk menjaga tanin pada kayu agar tidak terjadi rembesan yang menembus permukaan dan membuat hasil cat tembok menjadi kurang bagus.

Cat dasar tembok bahan minyak ini sangat cocok digunakan untuk kayu baru dan yang belum selesai, yang yang sebelumnya dipernis, kayu lapuk dan kayu yang rentan terhadap pelapukan, untuk memberikan lapisan keausan yang ekstra. Selain itu, cat ini juga digunakan di atas cat yang gagal memecahkan masalah permukaan seperti retak dan kapur.

Cat dasar tembok, sumber: google.com
Cat dasar tembok, sumber: google.com

Cat Dasar Berbahan Dasar Air

Jenis cat dasar kedua ini dibuat untuk diterapkan pada banyak permukaan dan mempunyai karakter yang tidak berbau, formulasi VOC yang rendah sehingga produk satu ini bisa dikatakan sebagai produk yang ramah lingkungan dan tetap mampu memberikan hasil optimal untuk cat dasar dinding rumah.

Cat dasar ini merupakan pilihan terbaik untuk dinding kering, sebab cat ini berfungsi untuk menghilangkan tekstur dan kemialu antara dinding dan senyawa gabungan. Cat ini biasanya digunakan pada dinding yang masih basah yang belum selesai, kayu lunak seperti pinus, beton, bata dan logam.

Manfaat Menggunakan Cat Dasar Tembok

Secara khusus, cat dasar tembok memiliki karakteristik yang mungkin berbeda, namun dari sudut pandang yang lebih umum, penggunaan cat dasar apapun jenisnya memiliki manfaat yang sama, yakni antara lain:

Menambah Daya Tahan Tembok

Fungsi utama dari cat dasar ini adalah untuk mencegah terjadinya kontaminasi dari setiap zat alkali yang bisa merusak penampilan akhir dari desain rumah modern Anda. Zat alkali atau efflorescence umumnya berada di dalam material bangunan seperti pada semen dan pada batu bata.

Sehingga, proses pelapisan dengan menggunakan cat dasar diharapkan mampu meminimalisir masuknya zat alkali tersebut, agar warna tembok tidak rusak namun sebaliknya membuat tembok rumah Anda tampil indah dan beda.

Kandungan alkali juga mempunyai dampak negatif lain jika tidak Anda lapisi dengan cat dasar, seperti terjadinya pengapuran pada dinding rumah. Pengapuran pada dinding tersebut kemudian membuat ruangan pada rumah Anda menjadi kotor dan sangat berisiko untuk kesehatan Anda dan keluarga.

Perkokoh tembok dengan cat dasar, sumber: google.com
Perkokoh tembok dengan cat dasar, sumber: google.com

Menambah Daya Rekat

Manfaat kedua dari penggunaan cat primer ini adalah untuk menambah daya rekat pada cat tembok. Manfaat satu ini sangat penting sebelum Anda melakukan tahap finishing pada tembok rumah Anda. Karenanya sangat penting untuk memilih cat dasar yang berkualitas.

Indikator berkualitas tidaknya cat dasar tersebut adalah mampu tidaknya berfungsi dengan maksimal, seperti mampu menutup retak rambut, mengangkat sisa debu, meningkatkan daya rekat cat, menambah daya tahan tembok dan lainnya.

Membuat Permukaan Tembok Lebih Halus

Jika tembok rumah Anda belum di finishing, biasanya akan terdapat banyak pori-pori yang nampak tidak rata dan tidak sempurna. Dengan menggunakan cat dasar seperti super cement. Merk cat dasar tembok ini sangat efektif untuk menutupi retak dan pori pada tembok.

Menghasilkan Warna Tembok yang Sempurna

Dinding rumah yang belum Anda finishing tentu saja warnanya akan mengikuti warna material bangunan. Umumnya, tanpa menggunakan cat dasar, maka Anda tidak bisa mengaplikasikan dan tidak dapat menghasilkan warna tembok yang sempurna. Setidak-tidaknya sangat sulit untuk melakukannya.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna yang sesuai ekspektasi tersebut, tak jarang orang yang melakukan pelapisan berkali-kali menggunakan cat yang sama. Padahal, ada cara yang lebih mudah untuk mengatasinya, yakni dengan menggunakan cat primer atau cat dasar.

Warna sempurna, sumber: google.com
Warna sempurna, sumber: google.com

Biasanya cat dasar ini sengaja didesain dengan warna yang netral dan diformulasikan khusus agar warna akhir dinding bangunan menjadi lebih sempurna tanpa perlu pelapisan berulang kali. Karenanya, biaya pembangunan pun bisa menjadi lebih hemat.

Memberikan Perlindungan Lebih pada Tembok

Manfaat terakhir dari cat primer ini adalah kemampuannya dalam memberikan perlindungan tambahan pada tembok. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tembok seperti jamur, lumut dan kebocoran pada dinding.

Dengan merk cat dasar yang tepat bisa membuat cat tembok rumah Anda menjadi lebih awet dan Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab hasilnya bisa lebih tahan lama untuk jangka waktu yang panjang, Anda pun bisa berhemat untuk biaya renovasi rutinan tembok dan pengecatannya.

Itulah paparan singkat tentang manfaat penting cat dasar yang wajib Anda ketahui. Kami juga merekomendasikan Anda untuk membaca artikel kami yang berjudul cara menata kamar tidur ala korea, untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Bagikan ke sosial media Anda :
Artikel Terbaru
Jika Anda ingin berlangganan artikel dari kami, silahkan lampirkan email Anda formulir di bawah ini
× Chat via WhatsApp!