Jangan Takut Rugi! Ketahui RAB Bangunan Rumah

Jasa konstruksi bangunan atau jasa arsitek punya tugas penting kepada konsumen. Diantaranya banyak tugas penting tersebut, salah satunya adalah membuat RAB bangunan rumah. Apakah Anda sudah pernah mengetahui istilah RAB bangunan rumah sebelumnya?

Membangun rumah, meskipun untuk kebutuhan pribadi bukanlah pekerjaan yang ringan dan mudah. Maka, pekerjaan semacam ini membutuhkan berbagai hal termasuk salah satunya adalah rancangan. Dalam pekerjaan konstruksi ada istilah yang namanya Rancangan Anggaran Biaya.

Mengenal Rancangan Anggaran Biaya

Banyak yang mengatakan bahwa membangun rumah pribadi dengan menggunakan jasa arsitektur akan lebih mahal dibandingkan dengan tanpa jasa arsitek. Padahal, jasa kontraktor Jakarta memiliki keahlian khusus termasuk rancangan anggaran biaya atau RAB bangunan rumah. Hal semacam ini sebenarnya bisa memberikan antisipasi atas pembengkakan pembiayaan.

Gambar Kerja Pembangunan Rumah, sumber Interior Rumah Elegan
Gambar Kerja Pembangunan Rumah, sumber Interior Rumah Elegan

Pekerjaan konstruksi merupakan urusan yang kompleks. Banyak hal yang perlu dikerjakan bersamaan bahkan harus mendetil. Jika tidak dipersiapkan prakiraan biayanya, maka bisa saja ada pembengkakan anggaran karena tidak terantisipasi. Padahal, banyak hal yang jika diadakan sekaligus dapat lebih murah dibandingkan didatangkan satu per satu seperti material bangunan.

Maka, disusunlah RAB bangunan rumah atau rancangan anggaran biaya bangunan rumah. Untuk merancang biaya ini, tentu saja harus diteliti keseluruhan keperluan pekerjaan proyek pembangunan sehingga seluruh anggaran biaya yang diperlukan dapat diketahui. Inilah salah satu kelebihan menggunakan jasa arsitektur.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keahlian jasa kontraktor :

1. Kustomisasi Bangunan

Siapa bilang bahwa jasa kontraktor tidak bisa memenuhi sesuai permintaan konsumen? Justru jasa kontraktor dapat melayani kustomisasi bangunan menurut kebutuhan konsumen. Namun tentu saja tidak semua permintaan dilayani tanpa pertimbangan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, jasa kontraktor merupakan layanan yang dikerjakan oleh tim. Tim ini terdiri dari berbagai bidang yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah pembangunan yang layak misalnya bidan teknik sipil dan bidang arsitektur. Keberadaan orang-orang ahli ini justru menjadi keuntungan tersendiri.

Bangunan yang sesuai dengan permintaan sekaligus dapat layak, aman dan nyaman untuk ditinggali selalu menjadi pertimbangan yang dapat dibuat oleh para ahli ini. Karena itu, memang jika permintaan konsumen jauh dari kelayakan akan ada koreksi dari jasa kontraktor. Namun hal ini merupakan saran yang baik untuk konsumen.

2. Rancangan Anggaran Lebih Optimal

Kemampuan membuat rancangan anggaran biaya bangunan juga tidak bisa dimiliki semua orang. Untuk mempelajarinya, tentu saja membutuhkan waktu yang lama. Padahal, kebutuhan akan bangunan harus segera terpenuhi. Lantas, bagaimana solusinya?

Jasa Konstruksi, sumber Kompas
Jasa Konstruksi, sumber Kompas

Jasa kontraktor dapat menjadi solusi untuk kebutuhan rancangan anggaran biaya bangunan. Bahkan, termasuk apabila biaya yang akan dikeluarkan perlu memenuhi target atau perlu di ekonomisasi. Tim dari jasa kontraktor dapat membantu konsumen merancang anggaran biaya banguna seoptimal mungkin.

3. Kecepatan Untuk Memenuhi Target

Seberapa cepat Anda membutuhkan pemakaian bangunan yang Anda inginkan? Terkadang ada yang secepatnya namun ada pula yang dapat ditentukan hingga waktu tertentu. Nah, jasa kontraktor dapat memberikan jaminan ketepatan waktu selesainya pembangunan.

Bahkan kebanyakan bangunan yang dikerjakan secara mandiri dan tidak tertentu targetnya sering terjadi penundaan dan ketidaktuntasan pembangunan. Sehingga kita sering melihat rumah-rumah yang masih terdapat bagian tertentu yang belum tuntas namun langsung ditinggali karena kebutuhan mendesak. Jasa kontraktor dapat menghindarkan kejadian ini dari Anda sebagai konsumennya. Sehingga tidak terdapat dampak negatif dari bagian bangunan yang belum tuntas ini.

4. Garansi Pembangunan

Mungkinkah ada kesalahan yang tidak terduga dari proses pembangunan? Mungkin saja. Namun tidak selalu berkaitan dengan kesalahan pada pembangunan yang membahayakan. Bisa saja kesalahan yang membuat ketidaksesuaian dengan keinginan.

Jasa konstruksi bangunan dapat memberikan garansi apabila terdapat kesalahan semacam ini. Bahkan, karena merupakan jasa konstruksi, kerugian materil dapat dihindari seminimal mungkin. Inilah salah satu kelebihan jasa ini.

5. Perizinan dan Administrasi yang Mudah

Hal yang tidak boleh terlewatkan lainnya dalam melakukan pembangunan adalah aspek perizinan dan administrasi. Mengurus aspek perizinan dan administrasi ini terkadang tidak mudah dan membutuhkan pengalaman serta pengetahuan. Nah, jasa konstruksi bangunan dapat membantu Anda untuk memberikan solusi terkait aspek perizinan dan administrasi bangunan ini.

Rancangan Anggaran Biaya

Lantas seperti apa sebenarnya RAB bangunan rumah? Anda dapat mengetahuinya dari informasi berikut ini.

Rancangan Anggara Biaya Rumah, sumber Quadran Finance
Rancangan Anggara Biaya Rumah, sumber Quadran Finance

1. Perkiraan Gambar Kerja

Untuk menentukan daftar pekerjaan yang akan dihitung dalam pembuatan RAB maka anda perlu merujuk pada gambar kerja bangunan. Gambar kerja juga digunakan untuk menentukan semua jenis pekerjaan, spesifikasi dan ukuran bahan bangunan. Jika telah memperkirakan gambar kerja, maka anda akan mudah menghitung volume pekerjaan.

2. Perhitungan Volume Pekerjaan

Dengan gambar kerja yang sudah dibuat, akan terlihat berbagai hal termasuk volume pekerjaan. Volume pekerjaan didapat dengan cara mendaftar harga satuan pekerjaan per meter persegi atau per unit. Daftarlah setiap item pekerjaan yang akan dilakukan ketika anda membangun bangunan.

3. Tentukan Harga Satuan Kerja

Harga satuan kerja atau harga upah dan material bisa ditentukan berdasarkan harga pasaran pada lokasi rumah yang dibangun. Dalam menentukan upah pekerja, harus benar-benar cermat dan melakukan komunikasi dari awal. Terdapat dua cara pengupahan yakni upah borongan bangunan dan upah harian.

4. Menghitung Biaya Pekerjaan

Hitunglah jumlah biaya pekerjaan dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga satuan. Misalnya, penghitungan biaya pemasangan lantai keramik per meter persegi dikalikan dengan biaya upah pekerja.

5. Penjumlahan Total

Terakhir adalah melihat biaya keseluruhan dengan melakukan rekapitulasi. Rekapitulasi yaitu jumlah total masing-masing sub pekerjaan, seperti pekerjaan persiapan, pekerjaan pondasi, atau pekerjaan beton. Setiap pekerjaan kemudian ditotal sehingga akan ditemukan jumlah keseluruhan biaya proyek.

Itu dia apa yang dimaksud dengan RAB bangunan rumah beserta isinya. Apakah Anda setuju jika dengan perencaan biaya semacam ini pembangunan akan lebih baik? Berikan jawaban Anda di kolom komentar yang tersedia ya.

Bagikan ke sosial media Anda :
Artikel Terbaru
Jika Anda ingin berlangganan artikel dari kami, silahkan lampirkan email Anda formulir di bawah ini
× Chat via WhatsApp!