Rumah sederhana, sumber ubee.co.id

Memiliki rumah atau hunian merupakan sebuah impian bagi siapa saja. Dengan terus berkembangnya inovasi model desain rumah tentu akan membuat Anda memiliki desain favorit masing-masing. Bagi Anda yang suka dengan tampilan rumah sederhana ada berbagai model desainnya yang modern dan populer.

Rumah yang modern dan populer tidak selalu hanya dimiliki oleh rumah yang mewah dan megah. Adanya inovasi desain model membuat tampilan rumah sederhana kini dapat terlihat mewah dan elegan. Bila Anda memiliki impian rumah yang minimalis dan sederhana tak perlu ragu dan risau akan tampilan desainya.

Ada banyak model desain modern dan elegan yang bisa Anda pilih untuk mewujudkan rumah impian. Walaupun tidak memiliki area yang luas, dengan pemilihan desain yang tepat akan membuat tampilan rumah menjadi tampak lebih menarik. Inilah yang menjadi rahasia dari tampilan rumah sederhana modern dan populer.

Budget Bangun Rumah Sederhana

Membangun rumah tidak selalu membutuhkan jumlah budget yang besar untuk melakukanya. Salah satunya seperti biaya bangun rumah sederhana yang estimasi harganya tidaklah terlalu besar. Harganya bisa jauh lebih terjangkau lagi bila Anda memilih model yang minimalis dan tidak terlalu banyak detail yang digunakan.

Banyak faktor yang mempengaruhi budget bangun rumah sehingga penting juga untuk  diketahui. Agar Anda dapat memiliki perencanaan yang baik dalam membangun rumah baik dari segi model dan biaya. Berikut ini beberapa biaya pembangunan rumah yang umumnya dikeluarkan diantaranya:

1. Biaya Desain dan Tenaga Kerja

Untuk membangun rumah pastinya Anda akan memerlukan seorang desainer (arsitek) dan tenaga kerja. Merekalah yang akan membantu dalam mewujudkan gambar rumah sederhana impian Anda. Untuk mendapatkan desain model rumah yang sesuai, Anda bisa berkonsultasi bersama arsitek dalam merancangnya.
Sedangkan untuk membangun fisik dari rumahnya maka, tenaga kerja (tukang) yang akan melakukannya. Dari sini Anda sudah bisa mulai melihat berapa estimasi biaya yang diperlukan. Untuk biaya arsitek biasanya akan disesuaikan dengan kategori bangunan yang sudah ada persentasenya. Untuk tenaga kerja dapat dihitung sesuai dengan sistem yang dipilih seperti harian atau borongan.

2. Luas Tanah Bangunan Rumah

Agar bisa membangun rumah diperlukan tanah yang luasnya sesuai dengan ukuran atau tipe yang akan dibangun. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tanah cukuplah besar tergantung dari daerah atau kawasan membangun rumah. Biasanya biaya luas tanah akan dihitung per meter perseginya.

Jika Anda ingin biaya tanah yang cukup terjangkau untuk menghemat budget bangun rumah. Bisa mencari tanah dengan lokasi pada daerah yang jauh dari lingkungan kota dan bisnis. Biasanya harganya akan lebih terjangkau sehingga, Anda dapat membangun rumah lebih mudah.

3. Material Bangunan Rumah

Biaya pembangunan yang perlu Anda persiapkan juga adalah material bagunan rumah. Material yang umumnya pasti dibutuhkan untuk membangun rumah adalah pasir, batu bata, semen, genteng, keramik, dan sebagainya. Untuk mendapatkan rincian material bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah. Anda bisa berdiskusi dengan kepala tenaga kerja (mandor) karena mereka yang lebih tahu material yang dibutuhkan untuk membangun rumah sederhana Anda.

Harga dari material bagunan cukuplah bervariasi sesuai dengan merek dan kualitasnya. Untuk bisa lebih mengefisienkan biaya dari material bangunan Anda harus pintar saat membelinya. Karena tipe rumah yang akan dibangun adalah sederhana (minimalis) maka, material yang dipilih biasa saja dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

4. Biaya Lain-Lain

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan biaya cadangan dalam membangun rumah. Karena pasti ada saja biaya yang dibutuhkan diluar dari budget bangun rumah yang sudah dirincikan sesuai dengan perencanaan. Biaya lain-lain ini akan muncul saat Anda ingin melakukan perubahan atau suka bereksplorasi untuk menciptakan tampilan rumah sederhana yang modern.

Untuk jumlah biaya lain-lain ini Anda bisa tetapkan jumlahnya kurang lebih 10% dari keseluruhan total anggaran biaya yang sudah dirincikan. Sehingga Anda nantinya sudah tidak kerepotan atau bingung disaat membutuhkan. Dengan begitu proses pembangunan rumah dapat berjalan sesuai dengan target penyelesaian.

Model Rumah Sederhana yang Populer

Ada berbagai model rumah sederhana yang cukup populer dan banyak diminati. Apa saja desain model rumahnya? berikut ini bisa Anda simak beberapa ulasannya diantaranya:

1. Rumah Sederhana Elegan Minimalis

Rumah dengan desain elegan minimalis, sumber informazone.com
Rumah dengan desain elegan minimalis, sumber: informazone.com

Model desain dari rumah ini terlihat sangat simpel dan akan sangat cocok bagi Anda yang suka dengan kesederhanaan namun, tetap menarik. Untuk menciptakan tampilan yang elegan dan minimalis kunci utamanya ada pada pemilihan cat rumah.

Warna cat yang digunakan antara lain seperti putih, abu-abu, atau coklat. Untuk menambahkan kesan elegan bisa ditambah dengan beberapa dekorasi. Penggunaan furniture dan jenis material yang digunakan untuk pintu dan lainnya terbuat dari kayu solid.

2. Rumah Sederhana Minimalis Industrial

Desain rumah bergaya industrial, sumber orami.co.id
Desain rumah bergaya industrial, sumber: orami.co.id

Bisa menjadi model desain rumah pilihan bagi Anda yang suka dengan kesan tidak monoton dan kaku. Karena desain industrial akan memberikan sentuhan yang menarik dan unik pada tampilan rumah. Dimana, jenis material yang digunakan memberikan kesan yang nyaman saat melihatnya.

3. Rumah Sederhana Minimalis Natural

Desain rumah minimalis natural, sumber interiordesign.id
Desain rumah minimalis natural, sumber: interiordesign.id

Model desain rumah yang dibuat menyatu dengan alam atau lingkungan sekitar tentu akan memberikan kenyaman tersendiri bagi pemiliknya. Konsep yang dibuat dengan tampilan yang cukup sederhana serta menggunakan warna calm dan soft. Membuat rumah akan terlihat lebih rapi dan sejuk di sekelilingnya karena ditambah dengan tumbuhan dan pepohonan hijau.

4. Rumah Sederhana Urban

Desain rumah minimalis bergaya urban, sumber diysideas.com
Desain rumah minimalis bergaya urban, sumber: diysideas.com

Biasanya model desain urban banyak digunakan pada perumahan di area kota. Desainnya yang cukup sederhana ditambah dengan detail pada setiap bagian membuat rumah akan terasa lebih nyaman dan asri. Tak hanya di kota saja desain urban cocok digunakan. Bisa juga menggunakannya dimana saja sesuai dengan lokasi rumah Anda berada.

5. Rumah Sederhana Minimalis Kekinian

Desain rumah kekinian yang elegan, sumber tagarberita.com
Desain rumah kekinian yang elegan, sumber: tagarberita.com

Memiliki model desain rumah yang kekinian tentu akan membuat tampilan rumah tidak mudah ketinggalan zaman. Karena konsep yang digunakan sesuai dengan perkembangan trend dari desain rumah. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang suka dengan tampilan rumah modern. Desain minimalis modern biasanya juga disebut dengan desain kontemporer.

6. Rumah Sederhana Modern

Desain rumah modern, sumber rumah123.com
Desain rumah modern, sumber: rumah123.com

Model desain rumah modern tentunya sudah sangat familiar dan telah banyak yang menggunakannya. Desain ini banyak dipilih karena tampilannya yang sederhana namun, bisa memberikan kesan yang elegan dan mewah. Bila Anda ingin tampil beda menggunakan desain modern. Bisa mencoba untuk melakukan beberapa dekorasi pada setiap bagian rumah salah satunya adalah dengan menggunakan  jenis material premium.

7. Rumah Sederhana Tipe 36

Desain rumah tipe 36, sumber secipta.co.id
Desain rumah tipe 36, sumber: secipta.co.id

Jika Anda memiliki atau hendak membangun rumah di area perumahan. Model desain tipe 36 bisa menjadi pilihan bagi Anda sesuai dengan ukuran dan luas tanahnya. Walaupun ukurannya yang minimalis untuk tampilan dari rumah bisa Anda maksimalkan dengan dekorasi beberapa detail dari rumah. Bagian dari luar rumah bisa menjadi fokus utama bila ingin memberikan kesan yang menarik dan indah.

8. Rumah Sederhana Tipe 45

Desain rumah tipe 45, sumber insinyurbangunan.com
Desain rumah tipe 45, sumber: insinyurbangunan.com

Model desainnya sama dengan rumah sederhana tipe 36 hanya saja berbeda pada luas area tanahnya. Dimana, tipe 45 sedikit lebih luas sehingga memiliki halaman di depannya. Dengan desain tipe 45 Anda bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih elegan dan mewah. Manfaatkanlah beberapa bagian rumah yang bisa didekorasi sehingga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan indah.

Ternyata membangun atau memiliki rumah sederhana tidak memerlukan budget pengeluaran yang cukup besar. Ditambah lagi dengan model desainnya yang modern dan populer. Tentunya membuat rumah yang pada dasarnya sederhana akan terlihat lebih menarik dan indah. Jadi, tidak akan salah bila Anda yang ingin memiliki rumah sederhana bisa untuk mewujudkannya sesuai dengan apa yang diimpikan.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Adiprana Sentosa Indovesco.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.